Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Jihadis Afiliasi Al-Qaeda Mengaku Serang Jaringan Pipa Minyak di Iran

Jihadis Afiliasi Al-Qaeda Mengaku Serang Jaringan Pipa Minyak di Iran

Written By Unknown on Selasa, 02 Januari 2018 | Januari 02, 2018


Anshar al-Furqan, sebuah kelompok jihadis yang berbasis di Iran, menyatakan telah menargetkan jaringan pipa minyak di provinsi Khuzestan Iran. Laporan kelompok tersebut disebar ke berbagai kanal media sosial Telegram yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, termasuk Global Islamic Media Front (GIMF).

Ansar al Furqan menyatakan bahwa pihaknya telah meledakkan pipa minyak utama di wilayah Omidiyeh yang diduduki Ahvaz, Iran. Kelompok tersebut menambahkan bahwa mereka telah membentuk sebuah unit baru, Brigade Syuhada Ahwaz.

Wilayah Ahwaz secara historis memiliki populasi suku Arab yang besar. Namun, tidak jelas apakah brigade yang diakui ini terdiri dari orang Arab Iran atau Baluchis, karena sebagian besar anggota Anshar al-Furqan adalah Baluch. Para jihadis mengatakan bahwa operasi tersebut dilakukan untuk menimbulkan kerugian pada ekonomi rezim kriminal Iran.

Video yang berisi ledakan saat serangan tersebut diakui oleh Al-Furqa sebagai serangan atas pipa minyak utama, meski demikian tidak ada keterangan tanggal kejadian sehingga belum bisa diverivikasi secara independen.

Pada bulan April, sayap militer Gerakan Pembebasan Arab Ahwaz mengaku bertanggung jawab atas sebuah ledakan. Pada bulan Oktober, sebuah kelompok yang menamakan dirinya Kata’ib Ahrar al Ahwaz (Batalyon Pembebasan Ahwaz) mengklaim serangan tersebut. Tidak jelas apa hubungannya, jika ada, antara Ansar al Furqan dan dua kelompok berbasis di Ahvaz.


Ansar al Furqan adalah kelompok jihad yang terkait Al Qaeda yang telah meluncurkan serangan di dalam Iran, sebagian besar di Sistan dan Provinsi Baluchestan. Kelompok ini terbentuk ketika dua kelompok jihad Baluch, Harakat al Ansar dan Hizb al Furqan, bergabung pada tahun 2013.

(Long-War-Journal/Seraa-Media/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: