Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Meminta Perlindungan Kepada Allah Swt Dari Nafsu Amarah

Meminta Perlindungan Kepada Allah Swt Dari Nafsu Amarah

Written By Unknown on Senin, 08 Januari 2018 | Januari 08, 2018


Setan menyesatkan manusia dengan tipu muslihat dan tipu dayanya namun hal itu tidak lantas menguasai manusia, akan tetapi setan hanya mengajak manusia yang menjawab seruan setan, yakni dengan ikhtiyar manusia mengikuti tipu daya setan.

Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Abdul Husain Moezi dalam kajian akhlaqnya saat menjelaskan bahwa hanya shalat, puasa dan ibadah lainnya tidak dapat memberikan hidayah kepada manusia, akan tetapi di samping itu manusia juga harus meminta pertolongan Ilahi berupa karunia dan anugerah Ilahi.

Dijelaskannya, Allah swt telah menjanjikan surga dan kemenangan kepada hamba-hamba-Nya yang tidak melakukan pelanggaran, adapun setan menjanjikan kepada manusia jalan yang penuh dengan kemaksiatan.

Setan menyesatkan manusia dengan tipu muslihat dan tipu dayanya namun hal itu tidak lantas menguasai manusia, akan tetapi setan hanya mengajak manusia yang menjawab seruan setan, yakni dengan ikhtiyar manusia mengikuti tipu daya setan, terangnya.

Lebih lanjut Hujjatul Islam Moezi menuturkan, setan adalah musuh nyata bagi manusia namun musuh batin kita ialah nafsu amarah yang ada dalam diri kita sendiri.
Segala sesuatu di alam semesta ini ialah Jabari, namun Allah swt menunjukan jalan yang hak dan batil kepada manusia dan memberikan kebebasan kepada manusia untuk memilihnya.

Nafsu amarah sangatlah berbahaya, sampai-sampai para anbiya Ilahi sangat mengkhawatirkannya, dimana jika sesaat saja seseorang lalai maka mungkin saja ratusan tahun ia akan menjauh dari tujuannya, dengan demikian manusia harus selalu memohon perlindungan kepada Allah swt, demikian jelasnya.

نماینده ولی فقیه جمعیت هلال احمر کشور گفت: نفس اماره چنان خطرناک است که حتی پیامبران هم از ترس آن به خدا پناه می‌بردند.

به گزارش خبرنگار خبرگزاری شبستان، حجت الاسلام عبدالحسین معزی نماینده ولی فقیه جمعیت هلال احمر کشور در جلسه درس اخلاق که در مسجد جامع غدیر برگزار شد، گفت: تنها نماز، روزه یا عبادت سبب هدایت انسان نمی‌شود بلکه باید افزون بر این موارد از فضل الهی مدد بخواهیم.

وی افزود: خداوند وعده بهشت و پیروزی را به بندگان خود داده است بدون اینکه تخلف کند اما شیطان به انسان وعده‌های واهی داده و از آن تخلف می‌کند.

نماینده ولی فقیه جمعیت هلال احمر کشور عنوان کرد: شیطان با کید و فریب انسان را گمراه می‌کند اما بر او سلطه ندارد بلکه صرفا دعوت می‌کند، کسانی که او را اجابت می کنند به اختیار خود از شیطان فریب می‌خورند.

حجت الاسلام معزی اظهار داشت: شیطان دشمن ظاهری ما است اما دشمن باطنی ما نفس اماره است که او را با امر به بدی گمراه می‌کند.

وی افزود: همه چیز در عالم جبری است اما خداوند راه حق و باطل را به انسان نشان داده و به او اختیار داده که انتخاب کند.

نماینده ولی فقیه جمعیت هلال احمر کشور ابراز کرد: نفس اماره چنان خطرناک است که حتی پیامبران هم از آن ترس داشتند؛ یک لحظه انسان غافل شود ممکن است که صدها سال از هدف دور شود؛ بنابراین انسان همواره باید از خداوند یاری بطلبد.

حجت الاسلام معزی بیان داشت: پاکی دل انسان بروز و ظهور دارد؛ این حرف غلط است که گفته می‌شود دلت پاک باشد ظاهر مهم نیست.

وی افزود: اینکه به برخی از دستورات الهی عمل کرده و به برخی عمل نکنیم به نتیجه مورد نظر که یعنی سعادت دست نخواهیم یافت.

پایان پیام/487

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: