Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Imam Baqir as Penggagas Kebangkitan Keilmuan Syi’ah

Imam Baqir as Penggagas Kebangkitan Keilmuan Syi’ah

Written By Unknown on Selasa, 21 Agustus 2018 | Agustus 21, 2018


Imam as merupakan penggagas kebangkitan keilmuan Syi’ah di masanya yang kemudian dilanjutkan pada masa Imam Shadiq as.

Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Muhammad Ali dalam ceramahnya saat menjelaskan tentang sosok Imam Baqir as yang memiliki kesempurnaan baik dari sisi ibadah dan akhlaq.

Dijelaskannya, Imam Baqir as memiliki laqab Baqirul ‘Ulum yang bermakna orang yang menyingkap lautan ilmu dan segala rahasianya.

Dalam keilmuan Imam Baqir as memiliki kedudukan yang sangat tinggi sampai-sampai musuh dan para penentangnya mengakui keilmuan Imam as.
Imam as merupakan penggagas kebangkitan keilmuan Syi’ah di masanya yang kemudian dilanjutkan pada masa Imam Shadiq as.

Perlu disebutkan, di tengah keadaan sulit dan penuh tekanan, Imam Baqir as dan Imam Shadiq as dengan menciptakan markas marjaiyah atau rujukan keilmuan di dunia Islam ini tidak hanya meningkatkan pemikiran di dalam Syi’ah saja bahkan Imam as juga turut menyelamatkan Ahlu Sunnah dari kemunduran pemikiran mereka.

Imam Shadiq as dan Imam Baqir as di zamannya melakukan batasan-batasan agama, dalam arti Imam as menunjukan ideologi Imamahnya, Imam as dengan upayanya juga berhasil menggerakan orang-orang kepadanya dan menjawab persoalan dan permasalahan mereka, oleh sebab itu kita menyaksikan banyak riwayat yang dinukil di zaman Imam Shadiq as, sebagaimana kajian Imam as juag dipenuhi oleh orang-orang yang bermazhab Syi’ah dan Sunni.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: