Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Guatemala Akan Pindahkan Kedutaannya ke Yerusalem

Guatemala Akan Pindahkan Kedutaannya ke Yerusalem

Written By Unknown on Sabtu, 30 Desember 2017 | Desember 30, 2017

Guatemala pada 1950-an pernah membuka kedutaan besarnya untuk Israel di Yerusalem.

Presiden Guatemala bareng Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: GPO)

Presiden Guatemala Jimmy Morales telah memerintahkan pemindahan kedutaan negara itu dari Ibu Kota tel Aviv, Israel, ke Yerusalem.

Melalui akun Facebooknya, Morales kemarin bilang keputusan itu diam ambil setelah berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu lewat telepon. Dia menambahkan dirinya telah memerintahkan Kementerian Luar Negeri Guatemala untuk berkoordinasi dengan Israel sebagai persiapan memindahkan kedutaan ke Yerusalem.

Kedua negara memang sudah lama berhubungan erat, terutama di bidang keamanan. Israel juga menjual persenjataannya ke Guatemala.

Guatemala pekan lalu termasuk dalam sembilan negara menentang resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menolak pengakuan Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Sedangkan 128 negara lainnya menyetujui dan 35 abstain.

Guatemala pada 1950-an pernah membuka kedutaan besarnya untuk Israel di Yerusalem. Hal serupa juga dilakoni oleh Pantai Gading, Zaire (sekarang bernama Kongo), Kenya, Bolivia, Chile, Kolombia, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Panama, Uruguay, Venezuela, Belanda, dan Haiti.

Namun sekarang tidak satu negara pun memiliki kedutaan besar di Yerusalem.

Meski sudah mengumumkan akan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem, Presiden Amerika Donald Trump menunda rencana tersebut.

(Haaretz/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: