Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Hati Manusia Menurut Imam Shadiq as

Hati Manusia Menurut Imam Shadiq as

Written By Unknown on Minggu, 10 Desember 2017 | Desember 10, 2017


Barang siapa yang ilmunya menjaganya dari hawa nafsu, agamanya dari bid’ah dan menjaga hartanya dari yang ahram maka ia termasuk orang-orang saleh.

Shabestan News Agency, menjauhkan diri dari dosa akan memberikan ketenangan ke dalam hati manusia, dan di antara umat manusia Allah swt akan memilih hamba-hamba-Nya yang yang bertakwa dan akan memuliakannya.

Hati manusia akan semakin terang dengan menjauhi dosa, sementara hati orang-orang mukmin dipenuhi dengan cahaya dan akan menjadi tempat berlalunya para malaikat.

Tujuan dan prinsip manusia adalah kesucian, oleh sebab itu manusia di jalan kehidupan duniawinya jangan sampai kehilangan arah dan pada akhirnya akan menuju kegelapan.

Dalam sebuah riwayatnya Imam Shadiq as berkata “barang siapa yang menjauhkan hatinya dari kelalaian dan nafsunya dari syahwat, dan akalnya dari ketidaktahuan, maka namanya akan dimasukkan kedalam orang-orang yang tahu, dan barang siapa yang ilmunya menjaganya dari hawa nafsu, agamanya dari bid’ah dan menjaga hartanya dari yang ahram maka ia termasuk orang-orang saleh.”

Rasulullah saww berkata “menuntut ilmu wajib hukumnya bagi kaum muslimin dan muslimat.”

Dalam hadits lainnya Rasul saww bersabda “dunia tidak lebih dari beberapa saat saja, maka gunakanlah untuk taat, dan untuk mencapai perkara ini hendaklah kalian berkhalwat dan qanaah serta menjauhkan diri dari banyak menuntut.”

Kelemahan terbesar yang dimiliki manusia ialah hawa nafsu, karena hawa nafsu dalam diri manusia bagaikan sebuah berhala yang dapat menyesatkan manusia dari penghambaan kepada Allah swt dan jalan kebahagiaan, sehingga dikatakan bahwasanya akar dari penyembahaan berhala ialah hawa nafsu.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: