Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Menlu Iran Peringatkan Perkembangan Daesh di Afghanistan

Menlu Iran Peringatkan Perkembangan Daesh di Afghanistan

Written By Unknown on Jumat, 01 Desember 2017 | Desember 01, 2017

Mohammad Javad Zarif, Menlu RII.

Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran mengatakan, dalam Konferensi "The Heart of Asia," Republik Islam menegaskan pentingnya perhatian terhadap fenomena kelompok teroris takfiri Daesh (ISIS) di Afghanistan yang terus berkembang.

Mohammad Javad Zarif mengungkapkan hal itu di sela-sela Konferensi Tingkat Menteri ke-7 The Heart of Asia-Istanbul Process on Afghanistan yang digelar Baku, ibukota Republik Azerbaijan pada Jumat, (1/12/2017).

"Konferensi ini merupakan upaya untuk menyediakan kepentingan bersama dan kerjasama negara-negara regional untuk menciptakan keamanan dan pembangunan ekonomi di Afghanistan," kata Zarif kepada wartawan.

Ia menambahkan, masalah kepemilikan dan kepemimpinan pemerintah Afghanistan dalam semua upaya termasuk untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas di negara ini adalah penting bagi Iran.

Menlu Iran lebih lanjut menekankan pentingnya untuk menumpas terorisme dengan kepemimpinan pemerintah Afghanisntan dan pentingnya kerjasama internasional untuk membasmi narkoba.

Di bagian lain pernyataannya, Zarif menyinggung pertemuannya dengan Federica Mogherini, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa di Roma pada Kamis.

Ia menuturkan, dalam pertemuan ini telah dibahas mengenai perundingan damai Suriah dan pertemuan Sochi serta Mogherini menyinggung kebijakan berbahaya Arab Saudi di Yaman.

"Pertemuan dan dialog yang baik juga telah dilakukan dengan Ilham Aliyev, Presiden Azerbaijan," ujarnya.

Zarif menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, telah dibicarakan mengenai kerjasama di Laut Kaspia, zona energi dan kerjasama tripartit: Iran, Rusia dan Azerbaijan serta kerjasama trilateral dengan Turki mengenai perluasan kerjasama di sektor transit.

Konferensi The Heart of Asia-Istanbul Process on Afghanistan

Konferensi Tingkat Menteri ke-7 The Heart of Asia-Istanbul Process on Afghanistan dimulai pada Jumat dengan poros pembicaraan tentang penguatan keamanan dan hubungan dengan Afghanistan.

(Pars-Today/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: