Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Sebab Seseorang Takut Akan Kematian

Sebab Seseorang Takut Akan Kematian

Written By Unknown on Senin, 08 Januari 2018 | Januari 08, 2018


Di hari kiamat nanti kekuasaan dan kekayaan hanya akan menyusahkan manusia saat perhitungan catatan amalannya, dengan demikian orang-orang yang tidak memilikinya akan lebih mudah melaluinya.

Hal ini disampaikan Ayatullah Qarahi dalam kajian akhlaqnya beberapa hari yang lalu saat menjelaskan tentang takut akan kematian yang akan menimpa setiap orang bahkan orang mukmin.

Dijelaskannya, sebab takut akan kematian yang menimpa setiap orang ialah karena kurangnya pengetahuan tentang kematian itu sendiri. Dimana terkadang dengan kematian ini orang mukmin akan mendapatkan jalan keluar bagi sebagian ujiannya dan ia akan sampai pada ketenangan.

Pada hakikatnya mengingat kematian akan menyelamatkan manusia dari keadaan manusia yang tenggelam dalam kenikmatan duniawi, dimana jika orang mukmin selalu ingat kematian maka ia akan berusaha untuk selalu berbuat baik demi kehidupan akhiratnya, terangnya.

Lebih lanjut Ayatullah Qarahi menuturkan, cobaan dan segala kesulitan yang ada di dunia ini serta tidak adanya ketertarikan pada dunia akan memudahkan manusia saat menghadapi kematiannya.
Di hari kiamat nanti kekuasaan dan kekayaan hanya akan menyusahkan manusia saat perhitungan catatan amalannya, dengan demikian orang-orang yang tidak memilikinya akan lebih mudah melaluinya.

berbahagialah orang-orang yang sebelum datangnya kematian telah mendapatkan kehidupan yang lebih baik, karena kehidupan seperti itu akan memberikan kebahagiaan kepada manusia.

Kematian tidaklah seburuk apa yang dibayangkan sehingga kehidupan lebih diinginkan dari pada kematian, namun kehidupan tidak ada artinya tanpa adanya kehidupan yang lebih baik, demikian jelasnya.

آیت الله روح‌الله قرهی موسس حوزه علمیه امام مهدی(عج) شامگاه سه شنبه در جلسه درس اخلاق که در مسجد امام مهدی(ع) برگزار شد، اظهار داشت: خوف و ترس از مرگ امری است که حتی مومنان نیز بر آن مبتلا هستند.

وی افزود: علت ترس از مرگ نبود شناخت کافی نسبت به مرگ است گاهی با همین مرگ انسان مومن از برخی امتحانات سخت الهی رهایی یافته و به راحتی می‌رسد.

موسس حوزه علمیه امام مهدی(عج) با اشاره به این مساله که دنیا مزرعه آخرت است، بیان داشت: یاد مرگ انسان را از غرق شدن در علایق دنیوی نجات می‌دهد، اگر همواره انسان مومن به یاد مرگ باشد در تلاش خواهد بود که اعمال نیک ذخیره کند.

آیت الله قرهی اظهار داشت: سختی‌های دنیا و عدم دلبستگی به آن سبب می‌شود که انسان هنگام مرگ راحت‌تر جان دهد، اما کسانی که به هر نحوی با ثروت، جاه یا مقام یا سایر موارد به دنیا دلبستگی داشته باشند هنگام جان دادن بر آنان سخت خواهد بود.

وی افزود: ثروت و قدرت در قیامت سبب معطلی در حساب و کتاب انسان است، بنابراین کسانی این موارد را ندارد آسوده‌تر عبور خواهند کرد.

استاد اخلاق حوزه علمیه امام مهدی(عج) با اشاره به این فرمایش امام سجاد(ع) که مرگ برای مومن همچون خارج کردن لباس چرکین از تن یا رها شدن از غل و زنجیرها است، گفت: شما همواره با اعمال نیک آمادگی برای مرگ داشته باشید و سعی کنید اعمال، عقاید و افکارتان بر اساس دستورات الهی تنظیم کنید.

آیت الله قرهی با اشاره به اینکه گاهی سختی مرگ و جان دادن برای مومنان کفاره گناهان آنان است، اظهار داشت: مقداری ترس از مرگ لازم است اما شدید بودن آن طوری که زندگی عادی مختل شود نادرست است، بنابراین انسان برای نجات از از این نوع ترس باید به خداوند پناه ببرد، یکی از راه‌های نجات از ترس شدید نیز پناه بردن به حضرت صاحب‌الزمان(عج) است.


پایان پیام/487

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: