Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Berpisah Dari Al-Qur’an, Jauhkan Kita Dari Kemunculan Imam Zaman afs

Berpisah Dari Al-Qur’an, Jauhkan Kita Dari Kemunculan Imam Zaman afs

Written By Unknown on Jumat, 15 Juni 2018 | Juni 15, 2018


Gaya kehidupan Mahdawi yang harus dipelajari dari Al-Qur’an sehingga kita bisa mempersiapkan kemunculan Imam Zaman afs.

Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Muhammad Shadiq Kufail dalam kajiannya saat menjelaskan bahwa Itrah Rasulullah saww dan Al-Qur’an bersandingan satu sama lainnya.

Dijelaskannya, berdasarkan hadits Tsaqalain keduanya tidak akan pernah berpisah, oleh karena itu jika ada yang berpegang hanya kepada Qur’an saja dan jauh dari Ahlul Bait as maka kehidupan bukan kehidupan Qur’ani.

Ia menambahkan, kehidupan Qur’ani ialah kehidupan yang bersama dengan Itrah Rasulullah saww, dan hal ini tidak akan tercapai kecuali dengan bersama Al-Qur’an juga, karena Al-Qur’an dan Ahlul Bait as merupakan peninggalan Rasulullah saww yang sangat berharga untuk umat Islam, dimana dengan berpegang teguh kepada dunianya maka manusia akan dapat meraih kebahagiaan.

Lebih lanjut Hujjatul Islam Kufail menuturkan, gaya kehidupan Mahdawi yang harus dipelajari dari Al-Qur’an sehingga kita bisa mempersiapkan kemunculan Imam Zaman afs.
Di dalam Al-Qur’an terdapat 200 ayat yang menjelaskan tentang Imam Zaman afs, orang-orang yang menyertainya, kekhususan pemerintahan Mahdawi dan lain sebagainya. Dan penanti Imam afs dengan berpegang pada ayat-ayat ini maka mereka akan mampu untuk mengokohkan barisan untuk kemunculan Imam Zaman afs.

Dalam sebuah riwayatnya Imam Ali as berkata “(kemunculan Al-mahdi akan terjadi) akan tetapi setelah terjadinya kegaiban dan kebingungan, dan tidak ada yang tetap pada masa kegaibannya atas agamanya kecuali orang-orang yang ikhlas, orang-orang yang memiliki ruh yang yakin dan orang-orang yang telah Allah swt ambil darinya perjanjian wilayat kami serta menuliskan di dalam hatinya dengan keimanan dan mengokohkan ruhnya.”

گام های جدا از قرآن به بیراهه ختم می شود نه ظهور

خبرگزاری شبستان: برای نتیجه دادن پویش های مردمی همچون «#قدمی_برداریم»، باید تمام منتظران ظهور به قرآن تمسک کنند زیرا در مباحث مهدوی، هر میزان از قرآن بیشتر استفاده شود، قدم های مستحکم تری برداشته خواهد شد و در قلوب مومنین نیز نفوذ بیشتری خواهد داشت.

حجت الاسلام والمسلمین محمدصادق کفیل، معاون فرهنگ، آموزش و پژوهش بنیاد فرهنگی حضرت مهدی موعود(عج) در گفت وگو با خبرنگار مهدویت و غدیر خبرگزاری شبستان که با محور پویش مردمی «#قدمی_برداریم» (برای زمینه سازی ظهور) انجام شد،، در پاسخ به این سوال که از معارف قرآن کریم چه بهره هایی می توان برای زمینه سازی ظهور بهره گرفت، اظهار کرد: عترت(ع) و قرآن کنار یکدیگر و براساس حدیث ثقلین «لَنْ يَفْتَرِقَا» هستند لذا اگر کسی تنها به قرآن تمسک کند و از اهل بیت(ع) دور شود، زندگی اش قرآنیِ واقعی نخواهد بود.

وی ادامه داد: قرآنی بودن به معنای همراه بودن با عترت است و این محقق نمی شود مگر با همراهی با قرآن و آموزه های آن؛ قرآن و عترت(ع) میراث گرانبهای نبوی برای امت اند که تمسک به هر دوی آنها انسان را به سعادت خواهند رساند.

کفیل با بیان اینکه سبک زندگی مهدوی را باید از قرآن آموخت تا بتوان از طریق آن در مسیر زمینه سازی ظهور قدم برداشت، تصریح کرد: در قرآن کریم 200 آیه پیرامون امام زمان (عج)، یاران حضرت(عج)، ویژگی های حکومت مهدوی و ... آمده که منتظران با به کار بستن این آیات، می توانند قدم هایی استوار و موثر برای ظهور بردارند.

معاون فرهنگ، آموزش و پژوهش بنیاد فرهنگی حضرت مهدی موعود(عج) در پایان خاطرنشان کرد: برای نتیجه دادن پویش هایی همچون «#قدمی_برداریم»، باید تمام منتظران ظهور به قرآن تمسک کنند زیرا در مباحث مهدوی، هر میزان از قرآن بیشتر استفاده شود، قدم های مستحکم تری برداشته خواهد شد و در قلوب مومنین نیز نفوذ بیشتری خواهد داشت.

پایان پیام/376

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: