Imam as berkata “maksud dari umat yang ditentukan ialah 313 orang pendamping Al-Qaim afs.”
Shabestan News Agency, Banyak di antara tafsiran ayat-ayat Al-Qur’an mengantarkan kepada kita pada penjelasan wujud suci Imam Zaman afs, pembahasan Mahdawiyat dan juga Intizhar.
Sebagaimana apa yang dikatakan Imam Ali as saat menjelaskan tentang tafsiran surat Hud ayat 8 “Dan sesungguhnya jika kami undurkan azab dari mereka sampai kepada suatu umat yang ditentukan, niscaya mereka akan berkata:" Apakah yang menghalanginya" Ingatlah, di waktu azab itu datang kepada mereka tidaklah dapat dipalingkan dari mereka dan mereka diliputi oleh azab yang dahulunya mereka selalu memperolok-olokkannya.”
Salah seorang sahabat bertanya kepada Imam as : jika azab dijauhkan hingga nanti datangnya umat yang ditentukan lantas apa yang mencegahnya terjadi?
Kemudian Imam as berkata “maksud dari umat yang ditentukan ialah 313 orang pendamping Al-Qaim afs.”
Sebagai tambahan, Imam Mahdi afs selalu menjaga kita dengan doa-doanya, sebagaimana yang disebutkan dalam kisah yang dinukil dari Sayyid Ibn Thawus r.a yang mengatakan, “Pada saat menjelang fajar aku berada di Sardab e Moqaddas (tempat dimana dahulu Imam Mahdi as bermunajat yang terletak di Irak kota Samara'), tiba-tiba aku mendengar suara Imam Mahdi as sedang mendoakan Syiahnya, yang mana doanya ialah, “Ya Allah, Syiah-syiah kami diciptakan dari sinar cahaya kami dan dari sisa tanah kami, mereka melakukan dosa-dosa karena bersandar atas kecintaan kepada kami dan wilayat kami, jika dosa-dosa mereka itu antara engkau dan mereka maka maafkanlah mereka sehingga kami diridhai, dan berikanlah kepada mereka khumus yang menjadi hak kami, dan masukanlah mereka ke surga dan keluarkanlah mereka dari siksa api neraka, dan jangan kau berikan kemurkaanmu bersama musuh-musuh kami.”
Imam Ali as berkata “tidak ada seorang mukmin yang sakit kecuali dengan sakitnya kami juga merasakan sakit, dan tidak berdoa orang mukmin kecuali kami juga berdoa untuknya.”
مقصود از «أُمَّةٍ مَعْدُودَةٍ» در کلام امیر(ع)
خبرگزاری شبستان: امیرالمومنین امام علی(ع) در حدیثی شریف معنای قرآن از «أُمَّةٍ مَعْدُودَةٍ» را بیان کرده اند.
به گزارش گروه مهدویت خبرگزاری شبستان، مراجعه به تفسیر بسیاری از آیات ما را به وجود مقدس حضرت حجت(عج) و مسئله مهدویت و انتظار و نیز منتظران می رساند.
چنان که امیرالمومنین امام علی(ع) درباره آیه هشت سوره مبارکه هود «وَلَئِنْ أَخَّرْنَا عَنْهُمُ الْعَذَابَ إِلَى أُمَّةٍ مَعْدُودَةٍ لَيَقُولُنَّ مَا يَحْبِسُهُ أَلَا يَوْمَ يَأْتِيهِمْ لَيْسَ مَصْرُوفًا عَنْهُمْ ...؛ اگر عذاب را تا امت معدوده از آنها دور کنیم، گویند چه چیز آن را باز می دارد.» فرمودند: «مراد از امت معدوده یاران 313 نفری قائم عجل الله تعالی فرجه می باشد.»1
1-تفسیر قمی، ج1، ص 323
پایان پیام/9
خبرگزاری شبستان: امیرالمومنین امام علی(ع) در حدیثی شریف معنای قرآن از «أُمَّةٍ مَعْدُودَةٍ» را بیان کرده اند.
به گزارش گروه مهدویت خبرگزاری شبستان، مراجعه به تفسیر بسیاری از آیات ما را به وجود مقدس حضرت حجت(عج) و مسئله مهدویت و انتظار و نیز منتظران می رساند.
چنان که امیرالمومنین امام علی(ع) درباره آیه هشت سوره مبارکه هود «وَلَئِنْ أَخَّرْنَا عَنْهُمُ الْعَذَابَ إِلَى أُمَّةٍ مَعْدُودَةٍ لَيَقُولُنَّ مَا يَحْبِسُهُ أَلَا يَوْمَ يَأْتِيهِمْ لَيْسَ مَصْرُوفًا عَنْهُمْ ...؛ اگر عذاب را تا امت معدوده از آنها دور کنیم، گویند چه چیز آن را باز می دارد.» فرمودند: «مراد از امت معدوده یاران 313 نفری قائم عجل الله تعالی فرجه می باشد.»1
1-تفسیر قمی، ج1، ص 323
پایان پیام/9
(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar