Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » , » Wakaf Partisipatif, Strategi Penting Perluas Budaya Wakaf

Wakaf Partisipatif, Strategi Penting Perluas Budaya Wakaf

Written By Unknown on Jumat, 17 November 2017 | November 17, 2017


Wakil Perwalian Haram Suci Razavi mengatakan, "wakaf partisipatif" membuka peluang, strategi dan kapasitas besar untuk memperluas budaya agung wakaf dan nazar.

Astan News melaporkan, Sayid Morteza Bakhtiari, Wakil Perwalian Haram Suci Razavi di acara "Eshare Sima-ye Khorasan" menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya sejumlah warga Kermanshah, Barat Iran akibat bencana gempa bumi dan menuturkan, Pekan Wakaf adalah kesempatan berharga bagi rakyat Iran untuk mengenal pengaruh positif dan berkah sunnah yang baik ini.

Ia menambahkan, para pewakaf dengan niat baiknya, sepanjang abad di masa lalu, mewakafkan kekayaan dan hartanya ke Haram Suci Razavi, dan sekarang kita menyaksikan buah dan hasilnya yang cemerlang dari berkah Ilahi ini dalam pelayanan yang diterima oleh setiap anggota masyarakat.

Menurut Bakhtiari, atas penegasan Perwalian Haram Suci Razavi, saat ini terbuka kesempatan bagi semua pecinta Imam Ridha as untuk berpartisipasi dalam pembangunan kompleks Makam Suci Imam Ridha as sesuai tingkat kemampuannya demi meningkatkan kemudahan dan menghormati para peziarah.

Wakil Perwalian Haram Suci Razavi menjelaskan, dengan perencanaan yang sudah dilakukan, para peziarah, warga sekitar Haram Suci dan pecinta Imam Ridha as, dapat berpartisipasi dalam program "Nazr-e Beheshti", program khusus wakaf dan nazar Al Quran.

Terkait konsultasi wakaf untuk masyarakat yang membutuhkan, Bakhtiari menerangkan, dalam beberapa hari terakhir, para mubaligh ditempatkan di lokasi-lokasi wakaf, masjid-masjid di sepanjang perjalanan, Haram Suci Razavi dan posko-posko pelayanan peziarah, dan menggelar acara untuk menyebarluaskan budaya wakaf di tengah masyarakat.

Bakhtiari mengungkapkan, penyelenggaraan seminar terkait upaya melanjutkan langkah para pewakaf dan pemberi nazar serta mengenalkan tokoh-tokoh aktif di bidang wakaf dan nazar, merupakan program lain yang disiapkan Haram Suci Razavi di pekan wakaf.


3,5 juta Orang Diperkirakan Berziarah di Pekan Terakhir Safar

Di bagian lain statemennya, Bakhtiari menyinggung soal program acara Haram Suci Razavi di pekan terakhir bulan Safar dan mengatakan, menurut perkiraan beberapa instansi terkait, diperkirakan 300 ribu peziarah pejalan kaki, 4000 kelompok keagamaan dan total sekitar 3,5 juta orang akan berziarah ke kota suci Mashhad dan Makam Suci Imam Ridha as di pekan terakhir bulan Safar.

Ia memuji kerja staf panitia pelayanan perjalanan Provinsi Khorasa Razavi dan kerja sama seluruh instansi pelayanan publik, keamanan dan ketertiban tingkat provinsi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para peziarah.

"Haram Suci Razavi sebagai tuan rumah asli para peziarah mulia khususnya yang berjalan kaki ke Makam Suci Imam Ridha as, mengerahkan seluruh fasilitas dan kemampuannya untuk memberikan pelayanan yang layak kepada peziarah," tutur Bakhtiari.

Ia melanjutkan, penyebarluasan budaya menjamu tamu dan mengarahkan penyaluran bantuan serta partisipasi aktif masyarakat, merupakan strategi yang dijalankan Haram Suci Razavi dalam beberapa tahun terakhir.

Wakil Perwalian Haram Suci Razavi mengatakan, tahun ini, 7000 warga kota Mashhad dan sekitar Makam Suci Imam Ridha as menjamu para tamu di rumah-rumah mereka dan 300 ribu paket makanan disediakan sendiri oleh masyarakat dan para dermawan.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: