حَدَّثَنَا أَبِيْ وَ مُحَمَّدُ بْنُ مُوْسَى بْنِ الْمُتَوَكِّل ، وَ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيّ مَا جِيْلَوَيْه ، وَ أَحْمَدُ بْنُ عَلِيّ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ هَاشِمٍ ، وَ الْحُسَيْنُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ نَاتَانَةَ ، وَ أَحْمَدُ بْنُ زِيَادِ بْنِ جَعْفَرٍ الْهَمَدَانِيُّ ، وَ الْحُسَيْنُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ هِشَامٍ الْمُكَتّبُ ، وَ عَلِيُّ بْنِ عَبْدِ اللّٰهِ الْوَرَّاقُ ( رضي اللّه عنهم جميعا ) قَالُوْا : حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ هَاشِمٍ ، عَنْ أَبِيْهِ ، عَنْ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِيْ نَصْرِ الْبِزَنْطِيُّ ، قَالَ : قُلْتُ لاُبِيْ جَعْفَرٍ مُحَمَّدِ بْنِ مُوْسَى ( عليه السلام ) إنَّ قَوْمًا مِنْ مُخَالِفِيْكُمْ يَزْعَمُوْنَ أَنَّ أَبَاكَ إِنَّمَا سَمَّاهُ الْمَأْمُوْنُ الرّضَا ( عليه السلام ) لَمَّا رَضِيَهُ لِوِلايَةِ عَهْدِهِ ، فَقَالَ : كَذَبُوْا وَاللّٰهِ وَ فَجَرُوْا ، بَلِ اللّٰهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى سَمَّاهُ الرّضَا ( عليه السلام ) لأنَّهُ كَانَ رَضِيَ للّٰهِ عَزَّ وَ جَلَّ فِيْ سَمَائِهِ ، وَ رَضِيَ لِرَسُوْلِهِ وَالْأَئِمَّةِ مِنْ بَعْدِهِ ( صَلَوَاتُ اللّٰهِ عَلَيْهِمْ ) فِيْ أَرْضِهِ . قَالَ : فَقُلْتُ لَهُ : أَلَمْ يَكُنْ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْ آبَائٓكَ الْمَاضِيْنَ ( عليه السلام ) رَضِيَ للّٰهِ تَعَالَى وَ لِرَسُوْلِهِ وَ الٔأَئِمّةِ ( عليه السلام ) فَقَالَ : بَلَى ، فَقُلْتُ : فَلِمَ سُمّيَ أَبُوْكَ مِنْ بَيْنِهِمْ الرّضَا ( عليه السلام ) ؟ قَالَ : لأَنَّهُ رَضِيَ بِهِ الْمُخَالِفُوْنَ مِنْ أَعْدَائِهِ كَمَا رَضِيَ بِهِ الْمُوَافِقُوْنَ مِنْ أَعْدَائِهِ وَ لَمْ يَكُنْ ذَلِكَ لأَحَدٍ مِنْ آبَائِهِ ( عليه السلام ) فَلِذَلِكَ سُمّيَ مِنْ بَيْنِهِمُ ( عليهم السلام ) الرّضا
Ayahku, dan Muhammad bin Musa bin Mutawakkil dan Muhammad bin Ali bin Majilawah dan Ahmad bin Ali bin Ibrahim bin Hasyim dan Husain bin Ibrahim Natanat dan Ahmad bin Ziyad bin Ja'far Hamadani dan Husain bin Ibrahim bin Hisyam Mukattib dan Ali bin Abdullah -semoga Allah meridai mereka semua meriwayatkan bahwa Ali bin Ibrahim bin Hasyim telah meriwayatkan dari ayahnya bahwa Ahmad bin Muhammad bin Abi Nashr Bizanthi memberitahukan Abu Ja'far Muhammad bin Ali bin Musa as, "Sebagian musuhmu mengira bahwa Khalifah Makmun memanggil ayahmu dengan panggilan al-Ridha yang bermakna 'dapat diterima' atau 'disukai' karena dia menyukai ayahmu dan memilihnya sebagai putra Mahkotanya ?
Imam Jawad as mengatakan,"Tidak begitu demi Allah mereka adalah para pendusta. Allah Swt yang menamakannya al-Ridha karena dia diterima oleh Allah Swt di langit-langit-Nya dan dia diterima oleh Nabi-Nya saw dan para Imam as yang mengikuti Nabi saw dibumi Nya.
Bizanthi mengatakan, Bukankah ayahmu dan para datukmu diterima oleh Allah, Nabi dan para Imam?"
Imam Jawad as berkata, 'Ya, mereka diterima.
Dia kemudian bertanya, 'Lantas mengapa hanya ayahmu yang dipanggil dengan sebutan al-Ridha sementara mereka tidak?' Maka Imam Jawad as mengatakan, 'ltu karena para sahabat dan para pengikutnya serta para musuhnya menerimanya, sedangkan hal ini tidak pernah terjadi terhadap para datukku. Karenanya, "dia adalah orang satu-satunya yang dipanggil dengan sebutan al-Ridha " [1]
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عِمْرَانَ الدَّقَّاقُ ( رَضِيَ اللّه عَنْهُ ) قَالَ : حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْن أَبِيْ عَبْدِ اللّٰهِ الْكُوْفِيُّ عَنْ سَهْلِ بْنِ زِيَادِ الْأَدَمِيُّ عَنْ عَبْدِ الْعَظِيْمِ الْحَسَنِيُّ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ حَفْصٍ الْمَرْوَزِيُّ ، قَالَ : كَانَ مُوْسَى بْنُ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيّ بْنِ حُسَيْنِ بْنِ عَلِيّ بْنِ أَبِيْ طَالِبْ (ع) يُسَمّيْ وَلَدَهُ عَلِيًّا ( عليه السلام ) الرّضَا وَ كَانَ يَقُوْلُ ( أُدْعُوْا لِيْ وَلَدِيَ الرّضَا ) وَ قُلْتُ : لِوَلِدِيَ الرّضَا وَ ( قَالَ: لِيْ وَلَدِيَ الرّضَا ) وَإِذَا خَاطَبَهُ ، قَالَ : يَا أَبَا الْحَسَنِ
Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Imran Daqqaq -semoga Allah meridainya-meriwayatkan bahwa Muhammad bin Abi Abdillah Kufi telah meriwayatkan dari Sahil bin Ziyad Adami, dari Abdul Azhim bin Abdullah Hasani, dari Sulaiman bin Hafsh Marwazi bahwa Imam Kazhim as memanggil putranya dengan panggilan al-Ridha dan berkata, "Panggillah putraku,al-Ridha,'atau'Aku memanggil putraku al-Ridha. Apabila dia berbicara dengan putranya, Imam Ridha as, dia memanggilnya Wahai Abu Hasan (yaitu sama seperti Abul Hasan atau Abil Hasan) [2]
Catatan Kaki:
[1] 'Uyun al-Akhbar al-Ridha as jil.1 hal.17-18, hadis ke-1
[2] 'Uyun al-Akhbar al-Ridha jil.1 hal.19 hadis ke-2
(Karimah-Ahlul-Bait/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar