Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Siapakah Ayatullah Haj Syeikh Hashem Qazvini?

Siapakah Ayatullah Haj Syeikh Hashem Qazvini?

Written By Unknown on Selasa, 05 Desember 2017 | Desember 05, 2017


Ayatullah Haj Syeikh Hashem Qazvini, salah seorang ulama besar dan guru Hauzah Ilmiah di abad ke-14 dan pada tahun 1270 Hs dilahiran di kota Qazvin.

Ia mempelajari pelajaran-pelajaran pendahulun hauzah ilmiah di kota Qazvin dan Tehran sampai level tertentu, setelah itu berangkat ke Najaf. Setelah belajar dari beberapa guru di sana, ia pergi ke Mashhad dan selama beberapa waktu belajar ke Ayatullah Haj Mirza Aghazadeh dan Ayatullah Mirza Mahdi Gharavi Esfahani dan ia sendiri mulai mengajar tingkat-tingkat tinggi dan pelajaran fikih lanjutan. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, ia berhasil memberikan pengaruh positif yang sedemikian besar atas atmosfir keilmuan dan spiritualitas Hauzah Ilmiah Mashhad dengan mencetak murid-murid ternama.

Beliau mengajar kitab Rasail, Makasib, Kifayah dan ushul fikih lanjutan di Madrasah Fazel Khan dan Madrasah Navab, dan menurut pandangan Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran atau Rahbar, kelas-kelas yang diajarnya secara kualitas dan kuantitas sungguh luar biasa.

Murid-murid Ternama Ayatullah Haj Syeikh Hashem Qazvini

Ayatullah Vaez Tabasi, Ayatullah Haj Mirza Mahdi Nouqani, Ustadz Mohammad Taqi Syariati, Ustadz Kazem Modir Shanechi, Ustadz Mohammad Reza Hakimi, Ayatullah Salehi dan paling tinggi dari semuanya adalah Ayatullah Khamenei, adalah di antara murid-murid almarhum Qazvini.

Tidak diragukan, peran penting beliau bukanlah mengajar tapi mendidik. Beliau menurut Ustadz Mohammad Reza Hakimi, adalah contoh unggul seorang ulama agama dan Islam yang hakiki. Seorang yang cerdas, bersih, tawadhu, waspada, berkomitmen, berani, visioner dan jauh dari penipuan publik, propaganda dan sikap reaksioner. Lapang dada dan kesabaran almarhum Haj Syeikh Hashem, dibenarkan oleh seluruh muridnya.

Perjuangan Politik Ayatullah Haj Syeikh Hashem Qazvini

Ayatullah Syeikh Hashem Qazvini sepanjang hidupnya aktif di berbagai gerakan politik penting di Khorasan. Beliau adalah salah satu pionir peristiwa Goharshad dan bersama para mujtahid sebelum pecahnya peristiwa tersebut di rumah almarhum Ayatullah Sayid Yunus Ardebili, mengambil keputusan berani dengan mengirim pesan telegraf kepada Reza Khan dan mengecam langkahnya melucuti hijab perempuan Iran. Oleh sebab itu, pada Minggu pagi tanggal 12 Rabiul Thani 1314 H bersama para penandatangan lainnya yaitu, Ayatullah Sayid Yunus Ardebili, Sayid Hashem Najafabadi, Sayid Akbar Khui (ayah Sayid Abul Qasem Khui), Haj Mirza Habib Maleki, Sayid Ali Sistani, Syeikh Agha Bozorgh Shahroudi, Syeikh Ali Akbar Ashtiani dan Sayid Abdullah Shirazi, ia ditangkap dan setelah delapan jam dibawa ke Tehran pada malam hari.

Ayatullah Qazvini, hingga bulan Shahrivar 1320 Hs, tidak diizinkan kembali ke Mashhad. Pasca tumbangnya rezim Reza Khan atas nasihat Ayatullah Mirza Mahdi Esfahani dan permintaan sejumlah ulama lainnya, beliau akhirnya kembali ke Mashhad dan mengajar.

Almarhum Syeikh Hashem Qazvini pada tanggal 20 Rabiul Thani 1381 H bertepatan dengan tanggal 22 Mehr 1339 Hs meninggal dunia dan jasadnya dimakamkam di selasar Serambi Darul Ziyafeh, Makam Suci Imam Ridha as di sebelah kanan beranda emas Halaman Azadi yang sekarang bersebelahan dengan tempat penyimpanan sepatu nomor 7.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: