Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » 9 Bulan, 4 Juta Jam Pelayanan Dilakukan di Haram Razavi

9 Bulan, 4 Juta Jam Pelayanan Dilakukan di Haram Razavi

Written By Unknown on Jumat, 19 Januari 2018 | Januari 19, 2018


Departemen Pelayanan Haram Suci Razavi yang memiliki sekitar 8000 pelayan dan asisten pelayan, di sembilan bulan pertama tahun 1396 HS (Maret-Desember 2017) melakukan empat juta jam pelayanan untuk para peziarah Makam Suci Imam Ridha as.

Astan News melaporkan, di sembilan bulan pertama tahun 1396 HS, lebih dari empat juta jam pelayanan oleh para pelayan laki-laki dan perempuan dilakukan di Haram Suci Razavi. Di antaranya adalah partisipasi 2.600 pelayan dalam program Muin Al Dhuafa, 276 prosesi penggantian bagian atas zarih Makam Suci, 19 kali penggantian penutup zarih, 520 kali pencucian serambi-serambi pusat, pelaksanaan 490 kali acara Safeh, 12 kali pembersihan zarih dan jendela besi, penjilidan lebih dari 68 ribu kitab doa dan 15 kali pembersihan bagian dalam pusara suci Makam Imam Ridha as.

Harus diperhatikan, karena kehadiran jutaan peziarah di berbagai kesempatan, Departemen Pelayanan Haram Suci Razavi, lebih memusatkan perhatiannya pada upaya mempermudah lalu lalang para peziarah di tempat-tempat suci Haram Suci Razavi. Dengan memperjelas jalan-jalan yang dilalui para peziarah, jutaan dari mereka dapat diarahkan dengan cara terbaik di hari-hari seperti akhir bulan Safar, malam Lailatul Qadr, Hari Raya Idul Fitri dan hari wiladah atau syahadah Imam Ridha as.

Di musim gugur, lebih dari 16 ton kurma dikemas dan dibagikan kepada para peziarah pejalan kaki di hari syahadah Imam Ridha as oleh para pelayan Haram Suci Razavi.

Aktivitas lain para pelayan Makam Suci Imam Ridha as dalam kurun waktu ini adalah menyelenggarakan acara seperti malam kesyahidan atau Sham Ghariban, Khotbe Khani di malam kesyahidan Imam Ridha as, pengiriman para pelayan ke berbagai provinsi untuk menghadiri acara Khotbe Khani dan membersihkan jendela besi di halaman-halaman.

Pengepakan 538 ribu bingkisan berisi gula-gula berkah dan penyelenggaraan 736 kelas akhlak di tempat-tempat istirahat Departemen Pelayanan Haram Suci Razavi dalam rangka meningkatkan level kemahiran pelayanan, di antara aktivitas lain para pelayan Haram Suci Razavi selama pertengahan tahun 1396 HS.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: