Pada masa kegaiban Imam Zaman afs kita juga harus melakukan hal semampu kita untuk memerangi kezhaliman. Sebagaimana dalam riwayat disebutkan ”sebaik-baiknya amal ialah menanti kemunculan Al-faraj.”
Shabestan News Agency, kita yang setiap malam menanti terbitnya mentari di esok hari namun hal ini bukan bermakna bahwa saat kita menanti terbitnya mentari lantas kita tidak melakukan apa-apa sehingga kita tetap berada dalam kegelapan, akan tetapi pasti kita semua menyalakan penerangan sambil menanti terbitnya mentari.
Begitu juga kita pada saat musim dingin tiba kita akan menanti datangnya musim panas, namun hal tersebut tidak berarti bahwa pada musim dingin kita tidak melakukan apa-apa untuk menghangatkan diri.
Pada masa kegaiban Imam Zaman afs kita juga harus melakukan hal semampu kita untuk memerangi kezhaliman. Sebagaimana dalam riwayat disebutkan ”sebaik-baiknya amal ialah menanti kemunculan Al-faraj.”
Barang siapa yang dalam kehidupannya terdapat Intizhar dan harapan, akan tetapi kehidupan dengan harapan-harapan, karena jika harapan-harapan tersebut padam maka orang-orang tidak lagi melakukan kewajibannya.
Yang harus diketahui ialah bahwasanya Intizhar adalah suatu amalan, karenanya dalam riwayat disebutkan “Intizhar adalah sebaik-baiknya amalan”, dan tidak disebutkan sebaik-baik keadaan dengan begitu Intizhar adalah dengan beramal bukan keadaan, diam atau berpangku tangan. Dan kita yang saat ini sedang menanti Imam Zaman afs perilaku dan amalan kita harus seragam dengannya, dengan demikian penanti Imam Zaman afs adalah manusia yang berusaha dan berupaya.
سوالاتی درباره دین و آموزه های آن وجود دارد که دانستنِ پاسخ آنها می تواند بسیاری از گره ها را از ذهن باز کرده و به اصلاح سبک زندگی ما کمک کند.
از این رو، در ذیل یکی از این سوالات و پاسخ آن به حضورتان تقدیم می شود:
معنای انتظار امام زمان علیه السلام چیست؟ آیا به معناى سكوت و بی تفاوتی در برابر ظلم و فساد است؟
ما هر شب منتظر طلوع خورشید فردا هستیم، امّا معناى انتظار خورشید آن نیست كه دست روى دست بگذاریم و تا صبح در تاریكى به سر بریم، بلكه هر كس اتاق خود را روشن می كند.
ما در زمستان منتظر فرا رسیدن تابستان هستیم، ولى انتظار تابستان به آن معنا نیست كه در زمستان بلرزیم و اتاق خود را گرم نكنیم.
در زمان غیبت امام زمان علیه السلام نیز باید به مقدار توانِ خود با ظلم مبارزه كنیم و درصدد اصلاح خود و جامعه برآییم. در روایات مىخوانیم: «أفضلُ الاعمال اِنتظارُ الفَرج»(بحار، ج 75، ص 208) «بهترین عمل، انتظار آمدن حضرت مهدى علیه السلام است.»
بر اساس این حدیث، انتظار،حالت نیست، بلكه عمل است: «افضل الاعمال» بنابراین، منتظران واقعى باید اهلعمل باشند. منتظران مصلِح باید خود صالح باشند، كسى كه منتظر مهمان است در خانه آرام نمىنشیند.
وظیفه مردم در زمان غیبت، خودسازى و امر به معروف و دعوت به حق و آگاه سازى دیگران است.
*برگرفته از پرسش و پاسخ های درس هایی از قرآن
پایان پیام/9
(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)





Posting Komentar