Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Manusia Yang Bertakwa Tidak Akan Mencari Kemuliaan Lainnya

Manusia Yang Bertakwa Tidak Akan Mencari Kemuliaan Lainnya

Written By Unknown on Rabu, 10 Januari 2018 | Januari 10, 2018


Sebagaimana Al-Qur’an yang menjadikan ketakwaan sebagai tolak ukur kemuliaan seseorang, Amirul Mukminin Imam Ali as dalam hikmahnya juga mengatakan “tidak ada kemuliaan yang lebih tinggi dari pada ketakwaan.”

Hal ini disampaikan Ayatullah Ali Akbar Reshad dalam kajiannya di hauzah Ilmiah Imam Ridha as, kemarin. Dijelaskannya, saat manusia merujuk pada kalam atau ucapan Imam Makshum as maka ia akan melihat bahwa apa yang Imam Makshum as ucapkan sama dengan kalimat dan ayat-ayat Al-Qur’an.

Ia menambahkan, sebagaimana Al-Qur’an yang menjadikan ketakwaan sebagai tolak ukur kemuliaan seseorang, Amirul Mukminin Imam Ali as dalam hikmahnya juga mengatakan “tidak ada kemuliaan yang lebih tinggi dari pada ketakwaan.”

Kemuliaan dan keagungan seseorang tidak diukur dari keindahan materinya, akan tetapi tolak ukur kemuliaan ialah ketakwaan. Hanya orang yang bertakwa yang bisa dikatakan lebih mulia dari yang lainnya, yakni kemuliaannya ialah kebaikan dan kesempurnaan yang dimilikinya, terangnya.

Terkadang beberapa keutamaan sebab seseorang menjadi mencari keutamaan lainnya, namun saat ketakwaan yang menjadi tolak ukurnya maka hal itu tidak akan terjadi. Dengan demikian jika seseorang membanggakan dirinya dengan ketakwaannya maka ketakwaannya akan menjadi pertanyaan, karena hal itu bertentangan dengan ketakwaan itu sendiri.

Kemuliaan yang sesungguhnya dapat diperoleh dengan ketakwaan, dan takwa lebih utama dari apapun yang paling bernilai, karena takwa adalah sumber dari kemuliaan itu sendiri. Tanpa ketakwaan manusia tidak akan pernah bisa berjihad, karena manusia yang berjihad harus memiliki ketakwaan sehingga ia mampu meninggalkan semuanya dan berjihad di jalan Allah swt, demikian jelasnya.

آیت الله علی اکبر رشاد، رییس شورای حوزه‌های علمیه تهران دوشنبه 18 دی‌ماه در جلسه درس اصول که در حوزه علمیه امام رضا(ع) برگزار شد، اظهار داشت: انسان زمانی که به کلام معصومین(ع) مراجعه می‌کند می‌بیند که بیان معصومین(ع) با کلمات و آیات قرآن یکسان است.

وی افزود: همانطور که قرآن کریم تقوا را ملاک برتری قلمداد می‌کند امیرمومنان علی(ع) نیز در فرازی از حکمت 113 نهج البلاغه می‌فرمایند: کرامتی بالاتر از تقوا وجود ندارد.

آیت الله رشاد با بیان اینکه کرامت و شرافت انسانی به داشتن اوصاف و زیبایی‌های مادی نیست بلکه ملاک برتری تقوا است، ابراز کرد: تنها اهل تقوا بر دیگران برتری و رجحان دارند، اینکه می‌گویند اهل تقوا برتری دارند یک برتری محسن و مفید است، گاهی برخی برتری‌ها موجب برتری جویی‌ها می‌شود اما زمانی که تقوا را ملاک برتری قلمداد کنیم سبب برتری جویی نمی‌شود زیرا اگر کسی به بهانه و حکم اتقا بودن ادعای برتری کند همین مبنا زیر سوال می‌رود که آیا این فرد دچار عجب و کبر شده انسان برتر است یا خیر؟

رییس شورای حوزه‌های علمیه تهران با اشاره به اینکه انسان باتقوا با اینکه می‌داند تقوا ملاک برتری است اما از اینکه برتر قلمداد شود ترس دارد، گفت: اگر کسی به اسم تقوا داشتن ادعای برتری کند تقوای او مخدوش می‌شود، برتری جویی با تقوا داشتن منافات دارد.

تولیت حوزه علمیه امام رضا(ع) با تاکید براینکه انسان با تقوا برتری جویی نمی‌کند، عنوان کرد: کرامت واقعی در سایه تقوا کسب می‌شود برهیمن اساس انسان با کرامت با برتری جویی تقوای خود را ضایع نمی‌کند.

وی با اشاره به اینکه علم و جهاد از ارزش‎های قرآنی هستند و نشان از برتری مجاهدان و عالمان دارد، گفت: تقوا برتر از هر نوع ارزش است چرا که تقوا یا منشأ آن ارزش‌هاست و یا آن ارزش‌ها اگر واقعا ارزش باشند منشأ تقوا می‌شوند. انسان بدون تقوا نمی‌تواند جهاد کند. انسان مجاهد باید با تقوا باشد تا بتواند از بسیاری امور بگذرد تا به جهاد بپردازد.

پایان پیام/487

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: