Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Jamaah Haji Menunggu Detik-detik Manasik Haji

Jamaah Haji Menunggu Detik-detik Manasik Haji

Written By Unknown on Sabtu, 18 Agustus 2018 | Agustus 18, 2018


Lebih dari dua juta jamaah haji di Makkah Mukarramah besok akan memulai manasik haji.

Manasik haji yang akan dimulai besok tersebut akan terus berlanjut hingga hari Jumat mendatang.

Jamaah haji tersebut berdatangan dari berbagai penjuru dunia melalui udara, darat, maupun laut. Tidak sedikit jamaah haji yang tampil sangat kentara dengan warna kulit yang berbeda-beda. Semua berkumpul menjadi satu di tanah wahyu turun.

Sebagian jamaah terpaksa harus menggunakan kursi roda karena keterbatasan yang mereka miliki. Tidak sedikit juga jamaah yang menggunakan teknologi terbaru untuk bercengkerama dengan keluarga mereka di tanah air. Akan tetapi, banyak juga jamaah yang hanya duduk seraya “menikmati” hawa panas di pelataran Baitullah yang menukik hingga 40 derajat celcius.

Tahun ini, pihak Arab Saudi telah mengambil tindakan spektakuler yang belum ernah terjadi selama ini. Dengan program “haji cerdas”, jamaah haji merasa tertolong untuk memahami bantuan-bantuan medis yang disediakan.

Pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah merilis aplikasi “Manasikuna” untuk membantu para jamaah yang tidak bisa berbahasa Arab atau Inggris.

Ibadah haji merupakan ritual perkumpulan manusia terbesar dunia yang diselenggarakan secara tahunan dan termasuk salah satu rukun Islam. Muslimin wajib melaksanakan ibadah ini sekali dalam seumur hidup.

(Al-Yaum-Al-Sabi’/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: