Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » 20 Mahasiswa Arab Saudi Minta Suaka Ke Kanada

20 Mahasiswa Arab Saudi Minta Suaka Ke Kanada

Written By Unknown on Kamis, 13 September 2018 | September 13, 2018

Perempuan Arab Saudi di stadion saat perayaan hari berdirinya negara itu pada September 2017. (Foto: Arab News)

Mereka meminta suaka lantaran tidak mau pulang dan takut dipenjara.

Paling tidak 20 mahasiswa Arab Saudi telah mengajukan permohonan suaka ke Kanada.

Mereka adalah mahasiswa Saudi tengah belajar di negara Amerika Utara itu. Mereka meminta suaka lantaran tidak mau pulang dan takut dipenjara.

Lebih dari delapan ribu mahasiwa Arab Saudi tengah berkuliah di Kanada. Mereka menghadapi dilema setelah hubungan Saudi-Kanada memburuk. Kedua negara saling menarik duta besarnya.

Pemerintah Arab Saudi awal bulan lalu meminta semua mahasiswanya berkemas dan harus segera meninggalkan Kanada akhir bulan lalu.

Seorang mahasiswa Arab Saudi, berumur awal 20-an tahun sedang berkuliah di sebuah universitas di Ontario, mengaku tidak ingin kembali ke negaranya. Tapi dia masih bingung apakah akan mengajukan suaka atau tetap tinggal di Kanada dengan cara lain.

"Saya akan melakukan apa saja agar tetap bisa tinggal di Kanada. Saya mencemaskan keselamatan saya kalau pulang," katanya. Dia menambahkan kerap mengkritik rezim Bani Saud selama belajar di Kanada melalui akun Twitternya. "Saya menemukan makna sebagai manusia sepanjang saya menetap di sini."

Mahasiswa lainnya, belajar program magister di Universitas Quebec, meminta suaka karena takut dipenjara bila pulang ke Arab Saudi. Sebab dia juga getol mengkritik pemerintahnya melalui media sosial.

"Saya sangat gugup dan takut. Saya sampai tidak bisa tidur," ujarnya.

(CBC/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: