Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » ‘Pertempuran’ di ICJ, Iran Mengalahkan Amerika

‘Pertempuran’ di ICJ, Iran Mengalahkan Amerika

Written By Unknown on Selasa, 09 Oktober 2018 | Oktober 09, 2018

International Court of Justice (ICJ) during a hearing in The Hague, the Netherlands.

Iran berhadapan dengan Amerika Serikat di Mahkamah Internasional (ICJ) dalam kasus pembekuan aset Iran oleh AS, tak lama setelah Tehran mengalahkan Washington di pengadilan yang sama dalam kasus yang berbeda.

Pengadilan dengar pendapat dimulai Senin (8/10) dengan "Keberatan Awal" oleh AS, yang berusaha untuk menyatakan bahwa ICJ tidak memiliki yurisdiksi untuk mengambil kasus ini, sesuai dengan jadwal pengadilan.

Iran mengajukan keluhan kepada ICJ - organ peradilan utama Perserikatan Bangsa-Bangsa - pada 14 Juni 2016 atas pembekuan miliaran dolar dalam asetnya baik di dalam maupun di luar Amerika di bawah keputusan pengadilan AS.

Contoh terbaru dari putusan tersebut terjadi pada 20 April 2016, ketika Mahkamah Agung AS menguatkan putusan sebelumnya oleh pengadilan distrik yang lebih rendah untuk menyerahkan sekitar 1,75 miliar dolar AS dalam aset beku Iran kepada para korban "terorisme."

Keluhan Iran menyebut "Perjanjian Amity," yang ditandatangani antara Iran dan Amerika pada tahun 1955.

Menurut pengaduan, aset Iran, di bawah perjanjian, telah ditahan dalam akun ‘omnibus kustodian’ Citibank NA di New York oleh sentral penyimpanan sekuritas internasional Clearstream Banking SA yang berbasis di Luxembourg untuk manfaat akhir dari Bank Markazi atau Bank Sentral Iran.

Anggota juri ICJ ke-15 - juga dikenal sebagai Pengadilan Dunia - akan mendengar argumen lisan Iran pada hari Rabu (10/10).

Putaran kedua dengar pendapat untuk Iran dan AS dijadwalkan untuk 11 dan 12 Oktober.

Setelah 'dipukuli' dua kali tidak malu - belum?!

Dengar pendapat Senin (7/10) dilakukan kurang dari seminggu setelah AS menyerah kalah di ICJ dalam kasus terpisah yang diajukan oleh Iran atas pengenaan kembali sanksi AS yang juga telah dituntut "Perjanjian Amity."

(ICJ/Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: