Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Ziarah Kepada Imam Zaman af Setiap Saat dan Ziarah Kepada Para Maksum as

Ziarah Kepada Imam Zaman af Setiap Saat dan Ziarah Kepada Para Maksum as

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2018 | Oktober 24, 2018


في استحباب زيارة مولانا صاحب الزمان أرواحنا فداه

في كلّ زمان ومكان

قال العلّامة المجلسي رحمة اللَّه عليه : إعلم أنّه يستحبّ زيارته صلوات اللَّه‏ عليه في كلّ مكان وزمان ، وفي السرداب المقدّس ، وعند قبور أجداده ‏الطاهرين صلوات اللَّه عليهم أجمعين أفضل ، وفي الأزمنة الشريفة لاسيّما ليلة ميلاده وهي النصف من شعبان على الأصحّ ، وليلة القدر الّتي تنزل عليه‏فيها الملائكة والرّوح أنسب .(1)

يلزم في الزيارة التوجّه إلى ما نذكره :

الأوّل : عند التشرّف في المشاهد المشرّفة لأهل البيت عليهم السلام وفي‏ الأماكن المقدّسة ، يحصل للمتشرّف التمكّن للدعاء ، لوجوده في مكان‏يوجب التوجّه إلى اللَّه ، فعليه الدعاء بتعجيل ظهور مولانا صاحب الزمان ‏أرواحنا فداه ، وعليه المواظبة بالعمل بهذه الوظيفة الحياتيّة في كلّ الأماكن ‏المقدّسة .

الثاني : يمكن للإنسان أن يزور صاحب العصر والزمان صلوات اللَّه عليه ‏في أيّ مكان شاء فينبغي بعد الزيارة في المشاهد المشرّفة أن يتوجّه إليه‏ويزوره ، فبقرائته الزيارة يجلى قلبه ويعمل بتكليفه .


في بيان إهداء ثواب الزيارات

إلى مولانا صاحب الزمان أرواحنا فداه

يصحّ إهداء ثواب الزيارة إلى النبيّ صلى الله عليه وآله وسلم ، أو أحد الأئمّة عليهم السلام .

روى الشيخ بإسناده عن داود الصرمي قال : قلت لأبي الحسن الهادي‏ عليه السلام : إنّي زرت أباك وجعلت ذلك لك . فقال عليه السلام :

لك من اللَّه أجر وثواب عظيم ومنّا المحمدة .(2)

بناء على هذا ، ففي هذا العصر الّذي يكون مولانا صاحب الزمان أرواحنا فداه غائباً عن الأنظار ، ولايكون عصر حضوره وظهوره ، ولايقدر للأحبّاء أن ‏يتشرّفوا في أيّ وقت يشاؤن في الأمكنة المقدّسة المتعلّقة به صلوات اللَّه ‏عليه كالسرداب المقدّس ومسجد الكوفة ومسجد السهلة ومسجد المقدّس ‏في جمكران ، يمكن لهم تلافي هذه الخسارة بإهداء ثواب الزيارة في‏ الأماكن المقدّسة الاُخرى إليه صلوات اللَّه عليه ويمكن لهم كذلك أن يقرئوا زياراته صلوات اللَّه عليه في الأماكن المقدّسة للتقرّب عند اللَّه ولجلب عنايته ‏إلى أنفسهم .

وقد وصلت عنايته إلى الآن إلى كثير من أحبّاء أهل البيت عليهم السلام في ‏السرداب المقدّس وكذا في سائر الأماكن المقدّسة ، المذكورة في الكتب‏ ونذكر الآن بعض زياراته صلوات اللَّه عليه :

ـــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ

1) البحار : 119/102 .
2) مفتاح الجنّات : 531/1 .

Ziarah Kepada Imam Zaman af Setiap Saat

Allamah Majlisi ra. menuturkan bahwa ziarah kepada imam Zaman af. adalah sunnah di setiap saat dan di mana pun saja. Ada pun membacanya di Sirdab muqaddas[1] (di Samurra) dan di dekat kubur para kakeknya yang suci (salam sejahtera kepada mereka semuanya) adalah lebih utama dan lebih tinggi pahalanya.

Demikian halnya di waktu-waktu yang mulia, terutama di malam kelahiran beliau, yaitu pertengahan bulan sya’ban menurut riwayat yang paling shahih, dan malam Lailatul Qadar- di mana para malaikat dan Jibril di malam itu berdatangan ke hadapan beliau- adalah saat-saat yang paling tepat.[2]

Perhatikan dua hal berikut ini:

1- Saat mendapatkan kemuliaan untuk dapat menziarahi makam-makam suci atau haram-haram suci para ahlul bait as, merupakan kesempatan yang paling baik dari sisi tempat dan keadaan peziarah untuk berdo’a, supaya dipercepat kemunculan Imam Zaman af. Oleh karena itu, para peziarah yang mulia harus punya perhatian yang sungguh-sungguh berkaitan dengan tugas pokoknya ini, di semua tempat-tempat suci.

2-Karena dimana saja dan kapan saja manusia bisa menziarahi Imam Zaman af.. Maka, setelah membaca ziarah di setiap makam suci, sebaiknya mengkonsentrasikan jiwa kepada Imam Zaman as dan dengan hati yang jernih membaca ziarah kepada beliau, dengan demikian tugas tersebut telah terlaksana.


Ziarah Kepada Para Maksum as

Setiap ziarah, pahalanya dapat dihadiahkan kepada baginda Nabi Muhammad saw. atau kepada salah seorang dari para maksum as.

Syeikh Thusi ra. melalui sanadnya meriwayatkan dari Dawud Sharmi yang menuturkan bahwa ia berkata: Aku menziarahi ayahmu dan pahalanya aku hadiahkan kepadamu. Imam Ali Al-Hadi as. bersabda: “Dengan amalan seperti ini, Allah memberikan pahala yang lebih besar kepadamu, dan aku juga menghaturkan terima kasih kepadamu”[3].

Kini, ketika orang-orang syiah berada pada masa keghaiban Imam Zaman af. yang berada di pengasingannya. Mereka tidak berada di masa kehadirannya dan tidak bisa selalu menetap di tempat-tempat penuh keagungan seperti Sardab muqaddas, masjid Kufah, masjid Sahlah, masjid Jamkaran, dan tempat-tempat suci lainnya yang ada kaitannya dengan beliau. Maka, kekurangan tersebut dapat ditambal dengan membacakan do’a ziarah ini ditempat-tempat suci lainnya.

Demikian halnya dengan membaca sebagian dari ziarah-ziarahnya di haram dan berbagai tempat ziarah lainnya, dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah yang maha enyayang serta mengharap pertolongan juga mendekatkan diri kepada beliau.

Sampai saat ini, sangat banyak orang-orang pecinta keluarga suci Nabi yang telah mendapatkan pertolongan Imam Zaman af. di Serdab Muqaddas dan tempat-tempat suci lainnya, sebagaimana telah dituturkan didalam beberapa buku.

Kini, kami akan menukil sebagian dari ziarah-ziarah tersebut:

____________________________________

[1] Sirdab adalah rumah bawah tanah di kota Samurra’-Iraq, tempat kelahiran Imam Mahdi af. yang dibangun oleh ayah beliau , Imam Hasan Al-Askari as.
[2] Bihar al-Anwar jilid 102 hal.119.
[3] Miftahul Jannah jilid 1 hal. 531.

(Dokumentasi/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: