Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Israel Pasok Informasi Intelijen Kepada Arab Saudi Soal Iran dan Kelompok Islam Radikal

Israel Pasok Informasi Intelijen Kepada Arab Saudi Soal Iran dan Kelompok Islam Radikal

Written By Unknown on Rabu, 22 November 2017 | November 22, 2017

"Hal terpenting bagi Israel adalah Arab Saudi juga memusuhi Iran," ujarnya.

Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman. (Foto: Arab News)

Hubungan gelap antara Israel dan Arab Saudi kian terkuak. Dua mantan pejabat intelijen di Tel Aviv membenarkan Israel telah memasok informasi-informasi intelijen penting kepada Arab Saudi untuk menghadapi Iran dan kelompok-kelompok Islam radikal.

Menurut Ram Ben Barak, pernah menjabat wakil direktur Mossad dan manajer umum di Kementerian Urusan Strategis Israel, serta Yacov Ami Dror, bekas penasihat keamanan nasional untuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan komandan Divis Riset Intelijen Militer, suplai informasi intelijen kepada Arab Saudi itu sejalan dengan kepentingan nasional. Alasannya, informasi-informasi intelijen itu dipakai untuk menghadapi musuh bersama.

Kepada surat kabar the Jerusalem Post, Ben Barak dan Dror bilang kian terbongkarnya kerja sama intelijen antara negara Zionis dan negeri Kabah itu menunjukkan hubungan antara kedua negara kian erat.

Ben Barak mengatakan kerja sama intelijen dengan Arab Saudi bukan hal mengagetkan. "Arab Saudi tengah memerangi terorisme, Islam radikal, dan perluasan pengaruh serta wilayah Iran di Timur Tengah," katanya. "Ketika ada kesamaan kepentingan dari dua pihak, alamiah saja mereka bekerja sama dan membangun kemitraan."

Dia menambahkan informasi intelijen diberikan Israel kepada Arab Saudi adalah berupa daftar orang-orang mesti ditangkap. Dia mengungkapkan informasi intelijen tergolong sensitif disampaikan lewat pertemuan langsung, sedangkan informasi tidak begitu sensitif dipasokan secara elektronik.

Yacov Ami Dror menegaskan Israel akan selalu senang berbagi informasi intelijen dengan negara atau pihak mana saja memusuhi Iran dan organisasi-organisasi pendukung negara Mullah tersebut. "Hal terpenting bagi Israel adalah Arab Saudi juga memusuhi Iran," ujarnya.

Kedua negara sama-sama menuding Iran sebagai penyebab ketidakstablilan di Timur Tengah dan ancaman bagi perdamaian di kawasan itu.

(Al-Araby/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: