Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Khotbeh Khani di Malam Kesyahidan Imam Ridha as

Khotbeh Khani di Malam Kesyahidan Imam Ridha as

Written By Unknown on Minggu, 19 November 2017 | November 19, 2017


Tradisi Khotbeh Khani di malam kesyahidan Imam Ali bin Musa Al Ridha as diselenggarakan di Haram Suci Razavi.

Astan News melaporkan, acara yang dihadiri oleh sejumlah banyak pelayan Makam Suci Imam Ridha as ini digelar di Halaman Engelab Eslami, Haram Suci Razavi.

Acara ini dihadiri oleh Perwalian Haram Suci Razavi, Imam Jumat kota Mashhad dan sejumlah pejabat pemerintah tingkat pusat, provinsi dan para pelayan Haram Suci Razavi. Setelah lantunan ayat suci Al Quran, para pelayan Haram Suci Razavi sembari membawa lilin menyala di tangannya, bersamaan dengan diucapkannya kalimat “Ya Abal Hassan”, mereka membentuk lingkaran di Halaman Enghelab dan saling mengucapkan belasungkawa atas kesyahidan Imam Ridha as dengan suara pelan.

Selanjutnya, Hujatulislam Sayid Ebrahim Raisi, Perwalian Haram Suci Razavi sebagai penceramah khusus di acara ini, mulai menyampaikan ceramahnya.

Setelah ceramah Hujatulislam Raisi, khutbah khusus malam kesyahidan Imam Ridha as dibacakan oleh Hujatulislam Sepehr.

Khutbah ini dimulai dengan pernyataan kesaksian atas keesaan Allah Swt dan shalawat serta salam untuk Nabi Muhammad Saw, kemudian satu persatu nama suci Sayidah Zahra dan para Imam Maksum as disebut dan dikirimkan salam untuk mereka.

Di dalam khutbah malam kesyahidan Imam Ridha as juga dikirimkan salam dan shalawat untuk pendiri Republik Islam Iran, Imam Khomeini dan permohonan atas Allah Swt untuk keselamatan dan panjang umur Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran atau Rahbar.

Di akhir acara, setelah dibacakannya senandung duka oleh salah satu pelantun syair Ahlul Bait as, Perwalian Haram Suci Razavi berjalan di hadapan hadirin termasuk barisan rapi para pelayan Makam Suci Imam Ridha as, dan menyampaikan belasungkawa atas kesyahidan Imam Ridha as kepada mereka.

Acara ini disiarkan langsung oleh Kanal 1 TV nasional Iran dan Sima-ye Khorasan Razavi sehingga menghadirkan hati setiap pecinta Imam Ali bin Musa Al Ridha as di seluruh Iran, di Halaman Enghelab Eslami, Haram Suci Razavi.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: