Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » 75 Masalah Islam Dalam 440 Hadis Page 2

75 Masalah Islam Dalam 440 Hadis Page 2

Written By Unknown on Jumat, 19 Januari 2018 | Januari 19, 2018


101.

 قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): إِنَّ كَمَالَ الدِّيْنِ طَلَبُ الْعِلْمِ وَالْعَمَلُ بِهِ، أَلاَ وَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ اَوْجَبُ عَلَيْكُمْ مِنْ طَلَبِ الْمَالِ. {الكافي/1/30}.

101. Bersabda Imam Ali a.s. : “Sesungguhnya kesempurnaan agama dengan mencari ilmu dan mengamalkannya dan ingatlah bahwa sesungguhnya mencari ilmu itu lebih wajib atas kamu daripada mencari harta”. ( Al-Kafi 1 - 30).


102.

 قَالَ اْلاِمَامُ الْحَسَنُ(ع): عَلِّمِ النَّاسَ عِلْمَكَ وَتَعَلَّمَ عِلْمَ غَيْرِكَ. {بحار الانوار/78/111}.

102. Bersabda Imam Hasan a.s. : “Ajarkan kepada manusia ilmumu, dan belajarlah ilmu dari orang lain”. (Biharul Anwar 78 - 111).


103.

 قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): فَضْلُ الْعِلْمِ اَحَبُّ اِلَى اللهِ مِنْ فَضْلِ الْعِبَادَةِ. {بحار الانوار/1/167}.

103. Bersabda Rasulullah saaw : “Keutamaan ilmu lebih disukai oleh Allah daripada keutamaan ibadah.” (Biharul Anwar 1- 167).


12. Ilmu dan Kemuliaan bagi Yang Mengajarkannya ( 4 hadis)

104.

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): مَنْ سُئِلَ عَنْ عِلْمٍ يَعْلَمُهُ فَكَتَمَهُ اُلْجِمَ بِلِجَامٍ مِنَ النَّارِ. {اثنى عشريه/11}.

104. Bersabda Rasulullah saaw : “Barangsiapa yang ditanya tentang suatu ilmu yang diketahuinya, dan menyembunyikannya maka ia akan di kendali dengan kendali dari api neraka”. (Itsna Asyariyah 11).


105.

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): الْقُرْآنُ مَأْدَبَةُ اللهِ فَتَعَلَّمُوْا مَأْدَبَتَهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ. {بحار الانوار/92/19}.

105. Bersabda Rasulullah saaw : “Al-Qur’an adalah ajaran Allah, maka pelajarilah ajaran-Nya sekuat kemampuanmu”. (Biharul Anwar 19 - 92).


106.

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): اِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ مَوْتِهِ: عِلْمًا عَلَّمَهُ وَنَشَرَهُ، وَوَلَدًا صَالِحًا تَرَكَهُ، وَمُصْحَفًا وَرَّثَهُ. {سنن ابن ماجة/1/88}.

106. Bersabda Rasulullah saaw : “Sesungguhnya di antara yang dapat dijumpai oleh orang mukmin dari amal dan kebaikannya sesudah mati, adalah ilmu yang disebarkan, dan anak shaleh yang ditinggalkan, Mushah (mushaf Al-Qur’an) yang diwariskan”. (Sunan Ibnu Majah 1- 77).


107.

قاَلَ اْلاِمَامُ الرِّضَا (ع): رَحِمَ اللهُ عَبْدًا اَحْيَى اَمْرَنَا فَقُلْتُ لَهُ فَكَيْفَ يُحْيِى اَمْرَكُمْ؟ قَالَ (ع) يَتَعَلَّمُ عُلُوْمَنَا وَيُعَلِّمُهَا النَّاسَ، فَاِنَّ النَّاسَ لَوْ عَلِمُوا مَحَاسِنَ كَلاَمِنَا لاَ تَّبَعُوْنَا. {معانى الاخبار/180}.

107. Bersabda Imam Ar-Ridha a.s. : “Allah mengasihi seorang hamba yang menghidupkan urusan agama kami, kemudian Rawi bertanya (perawi). Bagaimana urusan agamamu dihidupkan? Beliau menjawab; Ia mempelajari ilmu kami, dan mengajarkan kepada manusia, dan apabila mereka telah mengetahui kebaikan (kebenaran) ucapan-ucapan kami, mereka akan mengikuti kami”. (Ma’ani Al-Akhbar 180).


13. Kemuliaan dan Pentingnya Ulama (9 hadis)

108.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): صِنْفَانِ مِنْ اُمَّتِىْ اِذَا صَلَحَا صَلَحَتْ اُمَّتِى وَاِذَا فَسَداَ فَسَدَتْ اُمَّتِى، قِيلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَنْ هُمَا؟ قَالَ: الْفُقَهَاءُ وَاْلأُمَرَاءُ. {بحار الانوار/2/49}.

108. Bersabda Rasulullah saaw : “Dua kelompok dari umatku, bila keduanya baik, maka baiklah umatku, dan bila keduanya rusak maka rusak pulalah umatku. Rawi bertanya, Siapa mereka Ya Rasulullah? Beliau menjawab; mereka adalah para ulama’ dan para pemerintah”. (Biharul Anwar 2- 29).


109.

قَالَ اْلاِمَامُ الْبَاقِرُ(ع): إِذَا جَلَسْتَ اِلَى عَالِمِ فَكُنْ عَلَى أَنْ تَسْمَعَ اَحْرَصَ مِنْكَ عَلَى اَنْ تَقُوْلَ وَ تَعَلَّمَ حُسْنَ اْلاِسْتِمَاعِ كَمَا تَتَعَلَّمُ حُسْنَ الْقَوْلِ وَلاَ تَقْطَعْ عَلَى اَحَدٍ حَدِيْثَهُ. {بحار الانوار/1/222}.

109. Bersabda Imam Al-Baqir a.s. : “Bila engkau hadir di majlis seorang alim, maka usahakanlah dengan lebih memberikan perhatian dengan mendengar daripada engkau berkata, dan belajarlah cara mendengar dengan baik, sebagaimana engkau belajar cara berkata baik, dan janganlah memotong perkataan seseorang”. (Biharul Anwar 1 - 222).


110.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): يَا عَلِىُّ تَمَنَّى جَبْرَئِيْلُ اَنْ يَكُوْنَ مِنْ بَنِى آدَمَ بِسَبْعِ خِصَالٍ: وَهِىَ الصَّلَواةُ فِيْ الْجَمَاعَةِ، مُجَالِسَةُ الْعُلَمَاءِ، وُالصُّلْحُ بَيْنَ اْلاِثْنَيْنِ، وَاِكْرَامُ الْيَتِيْمِ، وَعِيَادَةُ الْمَرِيْضِ، وَتَشْيِيْعُ الْجِنَازَةِ، وَسَقْيُ الْمَاءِ فِيْ الْحَجِّ، فَاحْرِصْ عَلَى ذَلِكَ.
{الاثنى عشرية/245}.

110. Bersabda Rasulullah saaw : “Ya Ali, Malaikat Jibril menginginkan agar tujuh perkara dimiliki oleh sebagian anak Adam; yaitu :
1. Shalat jama’ah,
2. Mengikuti majlis ulama’ Mendamaikan antara dua orang Memuliakan anak yatim,
3. Menengok orang sakit,
4. Mengantarkan orang mati Menyediakan air minum di musim haji, maka usahakanlah urusan tersebut”. (Itsna Asyariyah 245).


111.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): إِنَّ كَلاَمَ الْحُكَمَاءِ إِذَا كَانَ صَوَابًا كَانَ دَوَاءً، وَإِذَاكَانَ خَطَأً كَانَ دَاءً. {نهج البلاغة الكلمات القصار/265}.

111. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Sesungguhnya perkataan hukama’ (ulama/ahli hikmah) jika benar menjadi obat, dan jika keliru ia menjadi penyakit”. (Nahjul Balaghah 265).


112.

قَالَ اْلاِمَامُ الْعَسْكَرِىُّ (ع): عُلَمَاءُ شِيْعَتِنَا مُرَابِطُوْنَ فِيْ الثَّغْرِ فَمَنِ انْتَصَبَ لِذَلِكَ مِنْ شِيْعَتِنَا كَانَ أَفْضَلَ مِمَّنْ جَاهَدَ الرُّوْمَ... ِلاَنَّهُ يَدْفَعُ عَنْ أَدْيَانِ مُحِبِّيْنَا. {الاحتجاج/2/155}.

112. Bersabda Imam Hasan Al-Asykari a.s. : “Ulama dari Syi’ahku pengayom Islam. Barangsiapa berusaha keras dalam hal itu dari kalangan pengikutku, maka sesungguhnya ia lebih utama dari pada orang yang memerangi negri Rumawi, karena hal itu dapat menolak (perkara tidak baik) dari agama pecinta-pecinta kami”. (Al-Ihtijaj 2 - 155).


113.

قَالَ اْلاِمَامُ الرِّضَا (ع): أَلاَ إِنَّ الْفَقِيْهَ مَنْ اَفَاضَ عَلَى النَّاسِ خَيْرَهُ، وَاَنْقَذَهُمْ مِنْ اَعْدَائِهِمْ وَوَفَّرَ عَلَيْهِمْ نِعَمَ جَنَانِ اللهِ وَحَصَّلَ لَهُمْ رِضْوَانَ اللهِ تَعَالَى. {بحار الانوار/2/5}.

113. Bersabda Imam Ar-Ridha a.s. : “Ingatlah sesungguhnya orang faqih (alim) adalah orang yang kebaikannya dirasakan oleh manusia, dan dapat menyelamatkan mereka dari musuh-musuhnya, memaparkan kepada mereka kenikmatan syurga Allah, dan dapat memberikan kepada mereka ridha Allah Ta’ala”. (Biharul Anwar 2- 5).


114.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): فَاِنَّ الْعَالِمَ اَعْظَمُ أَجْرًا مِنَ القَّائِمِ الْمُجَاهِدِ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ فَاِذَا مَاتَ الْعَالِمُ ثُلِمَ فِيْ اْلاِسْلاَمِ ثُلْمَةً لاَيَسُدُّهَا اِلاَّ خَلَفٌ مِنْهُ. {بحار الانوار/ 2/ 43}.

114. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Sesungguhnya orang alim lebih agung pahalanya dari pahala orang yang puasa dan bangun malam serta pejuang di jalan Allah, apabila orang alim meninggal dunia, membuat Islam retak, yang tidak dapat ditutupi kecuali oleh generasi sesudahnya”. (Biharul Anwar 2- 43).


115.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): هَلَكَ خُزَّانُ اْلأَمْوَالِ وَهُمْ أَخْيَاءٌ، وَالْعُلَمَاءُ بَاقُوْنَ مَابَقِىَ الدَّهْرُ، أَعْيَانُهُمْ مَفْقُوْدَةٌ، وَأَمْثَالُهُمْ فِيْ الْقُلُوْبِ مَوْجُوْدَةٌ. {نهج البلاغة الكلمات القصار 147}.

115. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Binasa para penimbun harta, walaupun mereka hidup. Dan para ulama kekal sepanjang masa, wujud mereka telah tiada, namun jelmaan mereka senantiasa di hati”. (Nahjul Balaghah 147).


116.

قَالَ اْلاِمَامُ الْحُسَيْنُ (ع): ... إِنَّ مَجَارِىَ اْلأُمُوْرِ وَاْلاَحْكَامِ عَلىَ أَيْدِى الْعُلَمَاءِ بِاللهِ، اَلأُمَنَاءِ عَلىَ حَلاَلِهِ وَحَرَامِهِ... . {تحف العقول/172}.

116. Bersabda Imam Husein a.s. : “Sesungguhnya perjalanan urusan (seorang muslim) dan hukum adalah di tangan para ulama Allah, mereka adalah orang-orang kepercayaan-Nya dalam hukum halal dan haram”. (Tuhaful Uqul 172).


14. Mewaspadai Kehidupan di Akhirat (4 hadis)

117.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): قَالَ الْحَوَارِيُّوْنَ لِعِيْسَى (ع) يَارُوْحَ اللهِ مَنْ نُجَالِسُ؟ قَالَ: مَنْ يُذَكِّرُكُمْ اللهَ رُؤْيَتُهُ، وَيَزِيْدُ فِيْ عِلْمِكُمْ مَنْطِقُهُ، وَيُرَغِّبُكُمْ فِيْ اْلاَخِرَةِ عَمَلُهُ. {بحار الانوار/1/203}.

117. Bersabda Rasulullah saaw : “Berkata kaum Hawariyun kepada nabi Isa a.s. Wahai Ruh Allah ! Siapa orang yang patut kami jadikan teman? Ia berkata :
1. “Yaitu orang yang dapat mengingatkan kamu kepada Allah dengan melihatnya,
2. Perkataan mereka menambah ilmu pengetahuanmu, dan
3. Amalnya menggembirakan kamu di akhirat”. (Biharul Anwar 1/ 203).


118.

قَالَ اْلاِماَمُ أَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): لاَ يَشْغَلَنَّكَ عَنِ الْعَمَلِ لِلآخِرَةِ شُغْلٌ فَاِنَّ الْمُدَّةَ قَصِيْرَةٌ. {غرر الحكم/335}.

118. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Jangan sampai suatu kesibukan menyibukan kamu dari amalan akhirat, karena sesungguhnya masa itu pendek”. (Ghurarul Hikam 335).


119.

قاَلَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): مَنْ بَاعَ اَخِرَتَهُ بِدُنْيَاهُ خَسِرَهُمَا. {غرر الحكم/274}.

119. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Barangsiapa menjual akhiratnya dengan dunia ia akan rugi kedua-duanya”. (Ghurarul Hikam 274).


120.

قَالَ اْلاِمَامُ عَلِىُّ بْنُ مُحَمَّدٍ الْهَادِى (ع):أُذْكُرْ مَصْرَعَكَ بَيْنَ يَدَىْ اَهْلِكَ فَلاَ طَبِيْبٌ يَمْنَعُكَ وَلاَ حَبِيْبٌ يَنْفَعُكَ. {بحار الانوار/78/370}.

120. Bersabda Imam Ali binMuhammad Al-Hadi a.s. :
“Selalu ingatlah akan kematian (detik-detik kematian) di tengah keluargamu, maka saat itu tidak akan ada seorang dokter yang dapat mencegahmu dan tidak ada seorang kekasih yang berguna bagimu”. (Biharul Anwar 78 / 370).


15. Menjaga Kehormatan Sesama muslim (5 hadis)

121.

قاَلَ اْلاِمَامُ الْبَاقِرُ (ع): يَجِبُ لِلْمُؤْمِنِ عَلَى الْمُؤْمِنِ اَنْ يَسْتُرَ عَلَيْهِ سَبْعِيْنَ كَبِيْرَةً. {بحار الانوار/74/301}.

121. Bersabda Imam Muhammad Al-Baqir a.s. : “Wajib bagi setiap mukmin terhadap mukmin yang lain menutup tujuh puluh dosa besarnya”. (Biharul Anwar 74/ 301).


122.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): إِقْبَلْ غُذْرَ اَخِيْكَ وَاِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ عُذْرٌ فَالْتَمِسْ لَهُ عُذْرًا. {بحار الانوار/ 74/165}.

122. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Terimalah udzur (alasan) saudaramu, bila dia tidak punya udzur, carilah baiknya suatu udzur”. (Biharul Anwar 74/ 165).


123.

قاَلَ اْلاِمَامُ أَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): اَقْبَحُ الْغَدْرِ اِذَاعَةُ السِّرِّ. {مستدرك الوسائل/12/305 رقم 14155}.

123. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Sejelek-jelek penghianatan adalah membukakan rahasia”. (Mustadrak Wasail 12 / 305 no 14155).


124.

 قَالَ اْلاِمَامُ أَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع):نُصْحُكَ بَيْنَ الْمَلأِ تَقْرِيْعٌ. ل{غرر الحكم/322}.

124. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Nasehatmu di depan orang banyak adalah bencana”. (Ghurarul Hikam 322).


125.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): مِنْ اَحَبِّ اْلاَعْمَالِ اِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ اِدْخَالُ السُّرُوْرِ عَلَى الْمُؤْمِنِ: اِشْبَاعُ جُوْعَتِهِ اَوْ تَنْفِيْسُ كَرْبَتِهِ اَوْ قَضَاءُ دَيْنِهِ. {الكافي/2/192}.

125. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. : “Di antara amal yang paling disukai Allah adalah, memberikan kesenangan pada orang mukmin, memberi makan orang lapar, menghilangkan kesempitannya, atau melunasi hutangnya”. ( Al-Kafi 2/ 192).


16. Budi Luhur (5 hadis)

126.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): اِصْلاَحُ ذَاتِ الْبَيْنِ اَفْضَلُ مِنْ عَامَّةِ الصَّلَواةِ وَالصَّوْمِ. ل{بحار الانوار/ 76/ 43}.


126. Bersabda Rasulullah saaw : “Mendamaikan orang yang berselisih lebih utama dari pada salat dan puasa”. (Biharul Anwar 76/ 43).


127.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُالْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): مَنْ ظَنَّ خَيْرًا فَصَدِّقْ ظَنَّهُ. {نهج البلاغة/ 511}.

127. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Barangsiapa yang berperasangka baik terhadapmu, maka benarkan perasangkanya”. (Nahjul Balaghah 511).


128.

 قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): اَلدَّالُّ عَلَى الْخَيْرِ كَفَاعِلِهِ. {بحار الانوار/ 96/ 119}.

128. Bersabda Rasulullah saaw : “Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan seperti pahala orang yang melakukannya”. (Biharul Anwar 96/ 119).


129.

 عَنْ أَِبىْ عَبْدِ اللهِ (ع) قَالَ: سِتُّ خِصَالٍ يَنْتَفِعُ بِهَا الْمُؤْمِنُ بَعْدَ مَوْتِهِ: وَلَدٌ صَالِحٌ يَسْتَغْفِرُ لَهُ، وَمُصْحَفٌ يُقْرَءُ فِيْهِ، وَقَلِيْبٌ يَحْفِرُهُ، وَغَرْسٌ يَغْرِسُهُ، وَصَدقَهُ مَآءٍ يُجْرِيْهِ وَسُنَّةٌ حَسَنَةٌ يُؤْخَذُ بِهَا بَعَدَهُ. {الخصال/ 323}.

129. Bersabda Abi Abdillah As-Shadiq a.s. : “Enam perkara bermanfaat bagi orang mukmin setelah matinya;
1. Anak shaleh yang memohonkan ampunan,
2. Al-Qur’an yang dibacakan atasnya Sumur yang digalinya,
3. Tanaman yang ditanamnya,
4. Sedekah air yang dialirkannya Amalan baik yang ditiru oleh orang sesudahnya. (Al-Khishal 323).


130.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): لَوْلاَ اَنْ اَشُقَّ عَلَى اُمَّتِى َلاَمَرْتَهُمْ باِلسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلاَةٍ. {بحار الانوار/76/126}.

130. Bersabda Rasulullah saaw : “Seandainya tidak akan merepotkan kepada umatku, maka akan aku perintahkan kepada umatku bersiwak pada setiap shalat”. (Biharul Anwar 76 / 126).


17. Ketidakadilan dan Perlawanan atas Hukum (5 hadis)

131.

قَالَ رَسُوْلٌ اللهِ (ص): إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ نَادَى مُنَادٍ: أَيْنَ الظَّلَمَةُ وَأَعْوَانُهُمْ وَمَنْ لاَقَ لَهُمْ دَوَاةً أَوْرَبَطَ لَهُمْ كِيْسًا أَوْمَدَّلَهُمْ مَدَّةَ قَلَمٍ فَاحْشُرُوْهُمْ مَعَهُمْ. {ثواب الاعمال/ 309}.

131. Bersabda Rasulullah saaw : “Pada hari kiamat malaikat akan memanggil: ‘Dimana orang-orang zalim dan anggotanya, yang membantu mereka dalam penulisan, yang membantu mengikatkan tangannya, dan yang memberi kepada mereka pena, maka kumpulkan mereka bersamanya”. (Tsawabul A’mal 309).


132.

قَال اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): وَاللهِ لَوْ اُعْطِيْتُ اْلاَقَالِيْمَ السَّبْعَةَ بِمَا تَحْتَ أَفَلاَكِهَا عَلَى اَنْ اَعْصِى اللهَ فِىْ نَمْلَةٍ اَسْلُبُهَا جُلْبَ شَعِيْرَةٍ مَا فَعَلْتُهُ. {نهج البلاغة/ 347}.

132. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Demi Allah. Seandainya aku diberi tujuh iklim di bawah garis perputarannya agar aku bermaksiat kepada Allah terhadap semut dengan rambut (menganiayanya), maka pasti aku tidak melakukannya”. (Nahjul Balaghah 347).


133.

قَالَ اْلاِمَامُ الْبَاقِرُ(ع): اَلظُّلْمُ ثَلاَثَةٌ: ظُلْمٌ يَغْفِرُهُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ، وَظُلْمٌ لاَيَغْفِرُهُ، وَظُلْمٌ لاَيَدَعُهُ اللهُ، فَاَمَّا الظُّلْمُ الَّذِيْ لاَيَغْفِرُهُ فَالشِّرْكُ بِاللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَاَمَّا الظُّلْمُ الَّذِيْ يَغْفِرُهُ اللهُ فَظُلْمُ الرَّجُلِ نَفْسَهُ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَاَمَّا الظُّلْمُ الَّذِيْ لاَيَدَعُهُ فَالْمُدَايَنَهُ بَيْنَ الْعِبَادِ. {الكافي/2/330}.

133. Bersabda Imam Al-Baqir a.s. : “Ada tiga bentuk penganiayaan; penganiayaan yang diampuni Allah, penganiayaan yang tidak diampuni Allah, dan penganiayaan yang tidak ditinggalkan-Nya. Adapun penganiayaan yang tidak diampuni adalah syirik kepada-Nya Penganiayaan yang diampuni adalah penganiayaan terhadap diri sendiri, dalam hubungan dengan Allah SWT Penganiayaan yang tidak ditinggalkan adalah utang piutang di antara hamba”. (Al-Kafi 2 / 330).


134.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع):الظٌّلْمُ يُزِّلُ الْقَدَمَ وَيَسْلُبُ النِّعَمَ وَيُهْلِكُ الأُمَمَ. {تصنيف غرر الحكم/ 456}.

134. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Penganiayaan dapat menggelincirkan kaki dan menolak kenikmatan, dan menghancurkan umat”. (Ghurarul Hikam 456).


135.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): لَيْسَ شَيْئٌ أَدْعَى اِلَى تَغْيِيْرِ نِعْمَةِ اللهِ وَتَعْجِيْلِ نَقْمَتِهِ مِنْ اِقَامَةٍ عَلَى ظُلْمٍ فَإِنَّ اللهَ سَمِيْعٌ دَعْوَةَ الْمُضْطَهِدِيْنَ وَهُوَ لِلظَّالِمْيَن بِالْمِرْصَادِ. {نهج البلاغة الرسالة 53}.

135. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : ”Tidak ada sesuatu yang lebih cepat merubah nikmat Allah dan mempercepat datangnya bencana daripada memberikan pertolongan dalam suatu kezaliman, sesungguhnya Allah Maha mendengar terhadap permohonan orang-orang yang tertindas, dan terhadap orang-orang yang teraniaya”. (Nahjul Balaghah 53).


18. Kewajiban kepada Kaum Muslimin ( 9 hadis )

136.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): مَنْ اَحْزَنَ مُؤْمِنًا ثُمَّ اَعْطَاهُ الدُّنْيَا لَمْ يَكُنْ ذَلِكَ كَفَّارَتَهُ وَلَمْ يُؤْجَرْ عَلَيْهِ. {بحار الانوار، 75/150}.

136. Bersabda Rasulullah saaw : “Barangsiapa menyusahkan orang mukmin kemudian memberinya dunia, tidak dapat menjadi penebusnya dan tidak pula diberi pahala atasnya”. (Biharul Anwar 75 / 150).


137.

قَالَ اْلاِمَامُ الْكَاظِمُ (ع): مِنْ اَوْجَبِ حَقِّ اَخِيْكَ اِلاَّ تَكْتُمَهُ شَيّئًا يَنْفَعُهُ لاَ مِنْ دُنْيَا وَلاَمِنْ اَخِرَتِهِ. {بحار الانوار/ 2/ 75}.

137. Bersabda Imam Musa Al-Kadhim a.s. : “Diantara kewajibanmu pada saudara mukminmu, hendaknya engkau tidak menyembunyikan sesuatu yang berguna baginya, baik hak dunianya ataupun akhiratnya”. (Biharul Anwar2 / 75).


138.

قَالَ اْلاِمَامُ الْحَسَنُ بْنُ عَلِىٍّ (ع):صَاحِبِ النَّاسَ مِثْلَ مَا تُحِبُّ اَنْ يُصَاحِبُوْكَ بِهِ. {بحار الانوار/ 78/ 116}.

138. Bersabda Imam Hasan bin Ali a.s. : “Bersahabatlah engkau dengan manusia dengan cara yang engkau sukai dalam mereka bersahabat denganmu”. (Biharul Anwar 78 / 116).


139.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُالْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): رَحِمَ اللهُ امْرَءً اَحْيَا حَقًّا وَاَمَاتَ بَاطِلاً وَدَحَضَ الْجَوْرَ وَاَقَامَ الْعَدْلَ. {غرر الحكم/181}.

139. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Allah mengasihi orang yang menegakkan perkara hak dan melenyapkan kebatilan, danmembatalkan kejahatan dan menegakkan keadilan”. (Ghurarul Hikam 181).


140.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): اَرْبَعَةٌ مِنْ اَخْلاَقِ اْلأَنبِيَاءِ عَلَيْهِمُ السَّلاَمُ: الْبِرُّ، وَالسَّخَاءُ، وَالصَّبْرُ عَلَى النَّائِبَةِ، وَالْقِيَامُ بِحَقِّ الْمُؤْمِنِ.
{تحف العقول/ 277}.

140. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. : “Empat perkara termasuk perangai baik para Nabi a.s. Berbuat baik, dermawan, sabar menghadapi cobaan, menegakkan hak seorang mukmin”. (Tuhaful-Uqul 277).


141.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): إِنَّمَا عِمَادُالدِّيْنِ، وَجِمَاعُ الْمُسْلِمِيْنَ، وَالْعُدَّةٌ لِلأَعْدَاءِ، اْلعَامَّةُ مِنَ اْلأُمَّةِ، فَلْيَكُنْ صِغْوَكَ لَهُمْ، وَمَيْلُكَ مَعَهُمْ.
{نهج البلاغة الرسالة/53، 429}.

141. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Sesungguhnya bagian dari tiang-tiang agama, perkumpulan kaum muslimin, persiapan melawan musuh, solidaritas terhadap ummat, maka jadikanlah perhatianmu kepada mereka, dan kecondonganmu kepadanya”. (Nahjul Balaghah 53 / 429).


142.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): مَا عُبِدَ اللهُ بِشَيْءٍ اَفْضَلُ مِنْ اَدَاءِ حَقِّ الْمُؤْمِنِ. {الكافي/2/170}.

142. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. : “Tidaklah Allah disembah dengan sesuatu yang lebih utama daripada menunaikan kewajiban atas seorang mukmin”. (Al-Kafi 2 / 170).


143.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): مَنْ اَذَى مُؤْمِنًا فَقَدْ آذَانِى. {بحار الانوار/67/72}.

143. Bersabda Rasulullah saaw : “Barangsiapa yang menyakiti orang mukmin sesungguhnya dia telah meyakitiku”. (Biharul Anwar 67- 72).


144.

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): مَنِ اقْتَطَعَ مَالَ مُؤْمِنٍ غَصْبًا بِغَيْرِ حَقٍّ لَمْ يَزَلِ اللهُ مُعْرِضًا عَنْهُ، مَا قِتًا ِلاَعْمَالِهِ الَّتِيْ يَعْمَلُهَا مِنَ الْبِرِّ وَالْخَيْرِ لاَيُثْبِتُهَا فِيْ حَسَنَاتِهِ حَتَّى يَتُوْبَ وَيَرُدَّ الْمَالَ الَّذِىْ اَخَذَهُ اِلَىْ صَاحِبِهِ. {مستدرك الوسائل/17/ 89.}.

144. Bersabda Rasulullah saaw : “Barangsiapa mengambil harta seorang mukmin secara paksa dengan bukan jalan yang benar, senantiasa Allah berpaling daripadanya, mengutuk amal baik yang dilakukannya, dan tidak menetapkannya sebagai suatu kebaikan sehingga ia bertaubat dan mengembalikan harta yang diambilnya dari pemiliknya”. (Mustadrak Wasail 17 - 89).


19. Ucapan Salam ( 4 hadis)

145.

عَنِ النَّبِيِّ (ع): قَالَ: إِذَا تَلاَقَيْتُمْ فَتَلاَقُوْا بِالتَّسْلِيْمِ وَالتَّصَافُحِ، وَاِذَاتَفَرَّقْتُمْ فَتَفَرَّقُوْا بِاْلاِسْتِغْفَارِ. {بحار الانوار/76/4}.

145. Diriwayatkan dari Rasulullah saaw : “Bila kalian bertamu, bertamulah dengan ucapan salam dan jabat tangan, dan bila berpisah, maka berpisahlah dengan istighfar”. (Biharul Anwar 76 - 4).


146.

قَالَ الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِىٍّ (ع): لِلسَّلاَمِ سَبْعُوْنَ حَسَنَةً تِسْعٌ وَسِتُّوْنَ لِلْمُبْتَدِى وَوَاحِدَةٌ لِلرَّادِّ. {بحار الانوار/ 78/120}.

146. Bersabda Imam Husein bin Ali a.s. : “Dalam setiap ucapan salam terdapat tujuh puluh kebaikan, enam puluh sembilan bagi yang memulai dan satu kebaikan bagi yang menjawab”. (Biharul Anwar 78 - 120).


147.

عَنْ أَبِىْ عَبْدِ اللهِ (ع) قَالَ جَمَعَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ بَنِى عَبْدِ الْمُطَّلِبِ فَقَالَ: يَابَنِى عَبْدِ الْمُطَّلِبِ اَفْشُوا السَّلاَمَ وَصِلُوا اْلاَرْحَامَ وَتَهَجَّدُوا وَالنَّاسُ نِيَامٌ وَاَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَاَطِيْبُواالْكَلاَمَ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمِ. {بحار الانوار/69/393}.

147. Diriwayatkan dari Abi Abdillah a.s. : “Beliau bersabda; Rasulullah telah mengumpulkan Bani Abdul Mutthlib, beliau berkata; “Wahai anak-anak Abdul Mutthalib, sebarkan salam, bersilaturrahmilah, dan bertahajjudlah di saat orang tidur, memberilah makan, dan perbaikilah dalam ucapan, kalian akan masuk syurga dengan salam”. (Biharul Anwar 69 - 393)


148.

 قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): اَلْبَادِىءُ بِالسَّلاَمِ اَوْلَى بِاللهِ وَرَسُوْلِهِ. {وسائل الشيعة/ 12/ 55}.

148. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. : “Orang yang memulai dengan ucapan salam lebih utama di sisi Allah dan Rasul-Nya”. (Wasailus Syi’ah 12 - 55).


20. Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar (16 hadis)

149.

قَالَ اللهُ تَعَالَى: وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ اُمَّةٌ يَدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ. {سورة آل عمران رقم 3 آية 104}.

149. Firman Allah SWT : “Hendaknya ada di antara kalian satu golongan yang mengajak kepada kebaikan, memerintahkan hal yang makruf dan mencegah kemungkaran, dan mereka itu adalah orang-orang yang berbahagia”. (Q.S. Al-Imran 3 - 104).


150.

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): إِذَا اُمَّتِى تَوَاكَلَتِ اْلأَمْرَ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْىَ عَنِ الْمُنْكَرِ فَلْتَأْذَنْ بِوِقَاعِ مِنَ اللهِ تَعَالَى. {بحار الانوار/100/92}.

150. Bersabda Rasulullah saaw : “Bila umatku saling menyerahkan (kepada yang lain) dalam hal amar ma’ruf nahi munkar, maka hendaknya bersedia menerima bala’ dari Allah SWT”. (Biharul Anwar 100 - 92).


151.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): مَنْ تَرَكَ اِنْكَارَ الْمُنْكَرِ بِقَلْبِهِ وَلِسَانِهِ وَيَدِهِ فَهُوَ مَيِّتٌ بَيْنَ اْلاَحْيَاءِ. {بحار الانوار/100/94}.

151. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Barangsiapa membiarkan kemungkaran dilakukan, dengan hatinya, lisannya dan tangannya, maka ia adalah mayit yang ada di tengah orang hidup”. (Biharul Anwar 100 - 94).


152.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): لَرَدَّ الْمُؤْمِنِ حَرَامًا يَعْدِلُ عِنْدَ اللهِ سَبْعِيْنَ حِجَّةً مَبْرُوْرَةً. { مستدرك وسائل الشيعة/11/278}.

152. Bersabda Rasulullah saaw : “Sesungguhnya penolakan seorang mukmin terhadap perkara haram, menyamai pahalanya di sisi Allah tujuh puluh haji yang mabrur”. (Mustadrak Wasail 11 - 278).


153.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوْفِ تَكُنْ مِنْ أَهْلِهِ، وَأَنْكِرِ الْمُنْكَرَ بِيَدِكَ وَلِسَانِكَ، وَبَايِنْ مَنْ فَعَلَهُ بِجُهْدِكَ، وَجَاهِدْ فِيْ اللهِ حَقَّ جِهَادِهِ، وَلاَ تَأّخُذُكَ فِيْ اللهِ لَوْمَةُ لاَئِمٍ، وَخُضِ الْغَمَرَاتِ لِلْحَقِّ حَيثُ كَانَ. {نهج البلاغة/ 392 الرسالة 31}.

153. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Perintahkan kepada hal makruf engkau akan menjadi ahlinya, dan tolaklah kemungkaran dengan tanganmu dan lisanmu, hindarilah orang yang melakukannya dengan sekuat usahamu, berjuanglah di jalan Allah dengan sebenarnya jihad, janganlah engkau terpengaruh dalam kejahatan pada segala keadaan”. (Nahjul Balaghah 392 risalah 31).


154.

قَالَ اْلاِمَامُ الْبَاقِرُ (ع): إِنَّ اْلاَمرَ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْىَ عَنِ الْمُنْكَرِ سَبِيْلُ اْلأَنْبِيَاءِ، وَمِنْهَاجُ الصُّلَحَاءِ، فَرِيْضَةٌ عَظِيْمَةٌ بِهَا تُقَامُ الْفَرَائِضِ، وَتَأْمَنُ الْمَذَاهِبُ، وَتُحَلُّ الْمَكَاسِبُ، وَتُرَدُّ الْمَظَالِمُ، وَتُعْمَرُاْلاَرْضِ. {الكافي/5/56}.

154. Bersabda Imam Muhammad Al-Baqir a.s. : “Sesungguhnya amar ma’ruf dan nahi munkar adalah jalan para nabi, para orang shaleh, suatu kewajiban yang besar yang menegakkan kewajiban-kewajiban agama, menjadikan aman dalam perjalanan, dan halal dalam usaha, dapat dicegah penganiayaan dan menjadikan bumi makmur”. (Al-Kafi 5 - 56).


155.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْر الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): قِوَامُ الشَّرِيْعَةِ، اَلْاَمْرُ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْىُ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاِقَامَةُ الْحُدُوْدِ. {غرر الحكم/236}.

155. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Tiang tegaknya syariat adalah amar ma’ruf, nahi munkar dan pemberlakuan undang-undang”. (Ghurarul Hikam 236).


156.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): مَنْ رَأَى مُنْكَرًا فَلْيُنْكِرْهُ بِيَدِهِ اِنِ اسْتَطَاعَ، فَاِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَاِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ. {وسائل الشيعة/ 16/135}.

156. Bersabda Rasulullah saaw : “Barangsiapa yang melihat kemungkaran hendaknya ia menolak dengan tangannya bila ia mampu, bila tidak mampu maka dengan lidahnya, bila tidak mampu maka dengan hatinya”. (Wasailus Syi’ah16 - 135).


157.

قال رسول الله (ص): مَنْ أَمَرَ بِالْمَعْرُوْفِ وَنَهَى عَنِ الْمُنْكَرِ فَهُوَ خَلِيْفَةُ اللهِ فِىْ اْلاَرْضِ وَخَلِيْفَةُ رَسُوْلِهِ.
{مستدرك الوسائل/12/179}.

157. Bersabda Rasulullah saaw : “Barangsiapa yang memerintahkan kepada kebaikan dan mencegah kejahatan, maka ia adalah khalifah Allah di bumi dan khalifah rasul-Nya”. (Mustadrak Wasail 12 - 179).


158.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): لاَتَزَالُ اُمَّتِى بِخَيْرِ مَا أَمَرُوا بِالْمَعْرُوْفِ وَنَهَوا عَنِ الْمُنْكَرِ وَتَعَاوَنوُا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى، فَاِذَا لَمْ يَفْعَلُوا ذَلِكَ، نُزِعَتْ مِنْهُمُ الْبَرَكاَتُ. {التهذيب/6/181}.

158. Bersabda Rasulullah saaw : “Senantiasa umatku baik selama tetap memerintahkan kebaikan dan mencegah kemunkaran, dan saling menolong dalam kebaikan dan taqwa, bila mereka tidak melakukannya maka dicabutlah barokah daripadanya (Al-Tahdhib 6 - 181).


159.

مِنْ وَصِيَّةِ اْلاِمَامِ اَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٍّ (ع): لِلْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ عَلَيْهِمَا السَّلاَمُ لَمَا ضَرَبَهُ اِبْنُ مُلْجَمِ لَعَنَهُ اللهُ. وَاَللَّهَ اَللَّهَ فِىْ الْجِهَادِ بِاَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْ وَاَلْسِنَتِكُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ،... لاَتَتْرُكُوْا اْلاَمْرَ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْىَ عَنِ الْمُنْكَرِ فَيُوَلَّى عَلَيْكُمْ شِراَرُكُمْ ثُمَّ تَدْعُوْنَ فَلاَيُسْتَجَابُ لَكُمْ. {نهج البلاغة/422 الرسالة 47}.

159. Daripada wasiat Imam Ali kepada Imam Hasan dan Husein ketika dibunuh oleh ibnu Muljam yang dilaknat Allah “Dalam jihad dengan hartamu dan jiwamu, dan lisanmu di jalan Allah, janganlah engkau tinggalkan amar ma’ruf dan nahi munkar, bila tidak maka orang-orang jahat akan memerintah atasmu, kemudian engkau memohon kepada Allah dan tidak dikabulkan”. (Nahjul Balaghah 422 - 47).


160.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): اْلأَمْرُ بِالْمَعْرُوْفِ اَفْضَلُ اَعْمَالِ الْخَلْقِ. {مستدرك الوسائل/12/185}.

160. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Amar ma’ruf adalah lebih utama daripada seluruh amal makhluk”. (Mustadrak Wasail 12 - 185).


161.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): وَمَا اَعْمَالُ الْبِرِّ كُلُّهَا وَالْجِهَادُ فِىْ سَبِيْلِ اللهِ عِنْدَ اْلاَمْرِ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْىَ عَنِ الْمُنْكَرِ اِلاَّكَنَفْثَةٍ فِىْ بَحْرِ لُجِّىٍّ. {بحار الانوار/ 100/89}.

161. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. : “Tiadalah perbuatan baik, dan jihad di jalan Allah dibandingkan dengan amar maruf dan nahi munkar kecuali seperti satu semburan air di lautan yang luas (dan dalam)”. (Biharul Anwar 100 - 89).


162.

قَالَ اْلاِمَامُ الْبَاقِرُ (ع): اَوْحَى اللهُ عَزَّوَجَلَّ اِلَىْ شُعَيْبٍ النَّبِيِّ (ع): إِنِّيْ مُعَذِّبٌ مِنْ قَوْمِكَ مِائَةَ اَلْفٍ، اَرْبَعِيْنَ اَلْفٍ، اَرْبَعِيْنَ اَلْفًا مِنْ شِرَارِهِمْ وَسِتِّيْنَ اَلْفًا مِنْ خِيَارِهِمْ. فَقَالَ يَا رَبِّ، هَؤُلاَءِ اْلاَشْرَارُ، فَمَا بَالٌ اْلاَخْيَارِ؟ فَاَوْحَى اللهُ عَزَّ وَجَلَّ اِلَيْهِ: دَاهَنُوا اَهْلَ الْمَعَاصِى وَلَمْ يَغْضِبُوا لِغَضَبِى. {الكافى/5/56}.

162. Bersabda Imam Al-Baqir a.s. : “Allah mewahyukan kepada Nabi Syuaib a.s. Sesungguhnya Aku menyiksa di antara kaummu seratus ribu orang, empat puluh ribu dari orang jahatnya, dan enam puluh ribu dari orang baiknya, kemudian Nabi Syuaib bertanya: ‘Ya Tuhanku, mereka itu adalah orang-orang jahat, (sudah semestinya di adzab) maka bagaimana pula dengan orang-orang baiknya’ ? Maka Allah berfirman : ‘Mereka orang-orang ahli maksiat dan mereka tidak membencinya karena kebencian-Ku (Al-Kafi 5 - 56).


163.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُالْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): فَأْمُرُوا بِالْمَعْرُوْفِ وَانْهَوا عَنِ الْمُنْكَرِ وَاعْلَمُوا اَنَّ اْلاَمْرَ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْىَ عَنِ الْمُنْكَرِ لَنْ يُقَرِّباَ اَجَلاً وَلَنْ يَقْطَعَارِزْقًا. {وسائل الشيعة /16/120}.

163. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Maka perintahkan kepada kebaikan dan cegahlah kemungkaran, dan ketahuilah bahwa di dalam amar maruf dan nahi mungkar tidak mempercepat datangnya ajal dan tidak memutuskan rizki”. (Wasailus Syi’ah 16 - 120).


164.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): وَيْلٌ لِقَوْمِ لاَيُدِيْنُوْنَ اللهِ بِاْلاَمْرِ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّهْىِ عَنِ الْمُنْكَرِ. {مستدرك الوسائل 12/181}.

164. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. : “Celakalah suatu kaum yang tidak menjalankan dengan amar maruf dan nahi mungkar”. (Mustadrak Wasail 12 - 181).


21. Lidah dan Keburukannya (5 hadis)

165.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): فِتْنَةُ اللِّسَانِ أَشَدُّ مِنْ ضَرْبِ السَّيْفِ. {بحار الانوار/71/286}.

165. Bersabda Rasulullah saaw : “Fitnahnya lisan lebih berbahaya daripada pukulan pedang”. (Biharul Anwar 71 - 286).


166.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): مَامِنْ شَيْءٍ اَحَقُّ بِطُوْلِ السِّجْنِ مِنَ اللِّسَانِ. {بحار الانوار/71/277}.

166. Bersabda Rasulullah saaw : “Tidak ada sesuatu yang lebih patut di penjara (dijaga) lebih lama daripada lisan”. (Biharul Anwar 71 - 277).


167.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): فَكِّرْ ثُمَّ تَكَلَّمّ تَسْلَمْ مِنَ الزَّلَلِ. {غرر الحكم/228}.

167. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Berfikirlah kemudian berbicara, engkau pasti selamat dari ketergelinciran”. (Ghurarul Hikam 228).


168.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): هَلاَكُ الْمَرْءِ فِيْ ثَلاَثٍ: قَبْقَبِهِ وَذَبْذَبِهِ وَلَقْلَقِهِ. {وقايع الايّام/ 297}.

168. Bersabda Rasulullah saaw : “Celakanya seorang terdapat pada tiga perkara; pada perutnya, pada lidahnya, dan pada tenggorokannya”. (Waqayi-ul- Ayyam 297).


169.

قَالَ اْلاِماَمُ الْبَاقِرُ(ع): لاَيُسْلَمُ اَحَدٌ مِنَ الذُّنُوْبِ حَتَّى يُخْزِنَ لِسَانَهُ. {بحار الانوار/78/178}.

169. Bersabda Imam Al-Baqir a.s. Tidak terselamatkan seseorang dari dosa kecuali ia menjaga lidahnya”. (Biharul Anwar 78 - 178).


22. Fitnah dan Mencari-cari Kesalahan Orang lain ( 6 hadis )

170.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): اَلغِيْبَةُ اَسْرَعُ فِيْ دِيْنِ الرَّجُلِ الْمُسْلِمِ مِنَ اْلاَكِلَةِ فِىْ جَوْفِهِ. {الكافى/2/357}.

170. Bersabda Rasulullah saaw : “Ghibah (mengumpat) lebih cepat (dalam menghancurkan) agama seorang muslim daripada makanan di dalam perut”. ( Al-Kafi 2 - 357).


171.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُالْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع):السَّامِعُ لِلْغِيْبَةِ كَالْمُغْتَابِ. {غرر الحكم/305}.

171. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Yang mendengarkan ghibah seperti orang yang mengghibah”. (Ghurarul Hikam 307).


172.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): تَرْكُ الْغِيْبَةِ اَحَبُّ اِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ عَشْرَةِ آلاَفِ رَكْعَةٍ تَطَوُّعًا. {بحار الانوار/75/261}.

172. Bersabda Rasulullah saaw : “Meninggalkan ghibah lebih disukai oleh Allah dari pada sepuluh ribu rakaat shalat sunnah”. (Biharul Anwar 75 - 261).


173.

قَالَ عَبْدُ الْمُؤْمِنِ اْلاَنْصَارِىُّ:دَخَلْتُ عَلَى اْلاِمَامُ اَبِىْْ الْحَسَنِ مُوْسَى بْنِ جَعْفَرٍ (ع) وَعِنْدَهُ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِاللهِ الْجَعْفَرِىِّ فَتَبَسَّمْتُ اِلَيْهِ فَقَالَ اَتُحِبُّهُ؟ فَقُلْتُ: نَعَمْ وَمَا اَحْبَبْتُهُ اِلاَّ لَكُمْ، فَقَالَ هُوَ اَخُوْكَ الْمُؤْمِنُ اَخُو الْمُؤْمِنِ ِلاُمِّهِ وَاَبِيْهِ وَاِنْ لَمْ يَلِدْهُ اَبُوْهُ، مَلْعُونٌ مَنِ اتَّهَمَ اَخَاهُ مَلْعُونٌ مَنْ غَشَّ اَخَاهُ، مَلْعُونٌ مَنْ لَمْ يَنْصَحْ اَخَاهُ، مَلْعُوْنٌ مَنِ اغْتَابَ اَخَاهُ. {بحار الانوار/75/262}.

173. Berkata Abdul Mukmin Al-Anshari. Aku masuk kepada Imam Musa bin Jafar dan di sisinya ada Muhammad bin Abdullah Al-Jafari, dan aku memberikan senyum kepadanya; maka Imam berkata; “Adakah engkau mencintainya? Benar! Tidaklah aku mencintainya kecuali karena engkau! Maka beliau berkata; “Ia adalah saudaramu, orang mukmin adalah saudara orang mukmin yang lain, dari ibu dan ayahnya, walaupun tidak lahir ayahnya, dilaknat Allah orang yang memfitnah saudaranya, dilaknat orang yang menipu saudaranya, dan dilaknat orang yang tidak menasihati saudaranya, dan dilaknat orang yang mengghibah saudaranya”. (Biharul Anwar 75 - 262).


174.

قاَلَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): شَرُّ النَّاسِ مَنْ كَانَ مُتَتَبِّعًا لِعُيُوْبِ النَّاسِ عَمِيًا عَنْ مَعَايِبِهِ. {طرائف الحكم/ 176}.

174. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. : “Sejelek-jelek manusia adalah orang yang mengintai aib orang lain, dan menutupi aibnya sendiri”. (Tharaif Al-Hikam 176).


175.

 قَالَ اْلاِمَامُ مُوسَى بْنُ جَعْفَرٍ (ع): مَلْعُوْنٌ مَنِ اغْتَابَ اَخَاهُ. {بحار الانوار/74/232}.

175. Bersabda Imam Musa bin Jafar a.s. : “Dilaknat orang yang mengumpat saudaranya”. (Biharul Anwar 74 - 232).


23. Berbohong ( 6 Hadis )
176.

176. Bersabda Rasulullah saaw : “Dalam riwayat Anas bin Malik Terimalah dari padaku enam perkara, aku serahkan kepadamu syurga: Bila engkau berbicara jangan berdusta, Bila engkau berjanji jangan mengingkari, Bila engkau dipercaya jangan menghianati, Jagalah pandangan matamu Jagalah kemaluanmu Dan peliharalah tangan dan lidahmu. (Al-Khishal 321).


177.

قَالَ أَبُوْ مُحَمَّدٍ الْعَسْكَرِىُّ (ع): جُعِلَتِ الْخَبَائِثُ فِيْ بَيٍتٍ، وَجُعِلَ مِفْتَاحُهُ الْكِذْبَ. {بحار الانوار/72/263}.

177. Bersabda Imam Abu Muhammad Al-Asykari Dijadikan seluruh kejelekan itu dalam suatu rumah dan kuncinya adalah kebohongan”. (Biharul Anwar 72 - 263).


178.

قَالَ اْلاِمَامُ السَّجَادُ (ع): اِتَّقُوا الْكِذْبَ، الصَّغِيْرَ مِنْهُ وَالْكَبِيْرَ فِيْ كُلِّ جِدٍّ وَهَزْلٍ، فَاِنَّ الرَّجُلَ إِذَا كَذِبَ فِيْ الصَّغِيْرِ اِجْتِرَأَ عَلَى الْكَبِيْرِ. {تحف العقول/201}.

178. Berkata Imam As-Sajjad a.s. :”Takutlah engkau dari dusta, yang kecil maupun yang besar, dalam setiap bersungguh-sungguh dan pergurauan, karena sesungguhnya seseorang bila berdusta dalam hal yang kecil akan berdusta dalam hal yang besar”. (Tuhaful Uqul 201).


179.

قاَلَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع):مَارَأَتْهُ عَيْنَاكَ فَهُوَ الحْقُّ وَمَا سَمِعَتْهُ اُذُنَاكَ فَاكْثَرُهُ بَاطِلٌ. {بحار الانوار/75/196}.

179. Bersabda Imam Ali Amirul Mukminin a.s. :”Apa yang dipandang matamu adalah sesuatu yang benar, dan apa yang engkau dengar, maka lebih banyak yang batil”. (Biharul Anwar 75 - 196).


180.

قَالَ اْلاِمَامُ الْبَاقِرُ(ع): إِنَّ اللهَ تَعَالَى جَعَلَ لِلشَرِّ اَقْفَالاً، وَجَعَلَ مَفَاتِيْحَ تِلْكَ اْلأَقْفَالِ الشَّرَابَ، وَالْكِذْبُ شَرٌّ مِنَ الشَّرَابِ. {الكافى/2/339}.

180. Bersabda Imam Al-Baqir a.s. :”Sesungguhnya Allah menjadikan banyak gembok terhadap suatu kejahatan, dan menjadikan kunci-kuncinya adalah minuman keras, dan dusta itu lebih jahat dari pada minuman keras. (Al-Kafi 2 - 339).


181.

قَالَ اْلاِمَامُ عَلِىُّ بْنُ مُوْسَى الرِّضَا(ع):عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ وَاِيَّاكُمْ وَالْكِذْبَ. {بحار الانوار/ 78/ 347}.

181. Bersabda Imam Ali Ar-Ridha a.s. :”Senantiasalah engkau jujur, dan hati-hatilah dari dusta”. (Biharul Anwar 78 - 347).


24. Teman dan Persahabatan ( 6 hadis )

182.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): الْمَرْءُ عَلَى دِيْنِ خَلِيْلِهِ فَلْيَنْظُرْ اَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ. {بحار الانوار/ 74/ 192}.


182. Bersabda Rasulullah saaw :”Seseorang itu berpengaruh agama kawannya, maka perhatikan dengan siapa engkau berkawan”. (BiharulAnwar 74 - 192).


183.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): اِصْحَبْ مَنْ تَتَزَيَّنُ بِهِ وَلاَ تَصْحَبْ مَنْ يَتَزَيَّنُ بِكَ. {بحار الانوار/ 76/267}.

183. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. Bergaullah dengan orang yang engkau dapat memperoleh hiasan dari padanya, dan janganlah engkau bergaul dengan orang yang mengambil hiasan dari padamu”. (Biharul Anwar 76 - 267).


184.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): اَحَبُّ اِخْوَانِي اِلَىَّ مَنْ اَهْدَى عُيُوْبِى إِ لَىَّ. {بحار الانوار/ 74/282}.

184. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. Saudara yang paling aku cintai adalah orang yang menunjukkan kepadaku aibku”. (Biharul Anwar 74 - 282).


185.

عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ آبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ عَلَيْهِمُ السَّلاَمُ قَالَ قَالَ عَلِىٌّ (ع) إِنَّ لِلْمَرْءِ الْمُسْلِمِ ثَلاَثَ اَخِلاَّءٍ: فَخَلِيْلٌ قَالَ اَنَامَعَكَ حَيًّا وَمَيِّتًا وَهُوَ عَمَلُهُ وَخَلِيْلٌ قَالَ لَهُ اَنَا مَعَكَ اِلَى بَابِ قَبْرِكَ ثُمَّ أُخَلِّيْكَ وَهُوَ وَلَدُهُ وَخَلِيْلٌ يَقُوْلُ لَهُ اَنَا مَعَكَ اِلَى أَنْ تَمُوْتَ وَهُوَ مَالُهُ فَاِذَا مَاتَ صَارَ لِلْوَارِثِ. {الخصال/1/114}.

185. Dari Imam Ja’far bin Muhammad dari ayahnya dan dari kakeknya. Berkata Imam Ali Amirul Mukminin a.s. Sesungguhnya seorang mukmin memiliki tiga macam kawan: Kawannya yang berkata aku bersamamu, dalam hidup dan mati; adalah amal perbuatannya. Kawannya yang berkata aku bersamamu sampai di pintu kubur, kemudian aku meninggalkanmu, yaitu anaknya. Kawannya yang berkata aku bersamamu sehingga engkau mati, adalah hartanya, bila ia meninggal maka menjadi milik ahli warisnya. (Al-Khishal 1 - 114).


186.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): عَلَيْكُمْ بِاِخْوَانِ الصِّدْقِ فَاَكثِرْ مِنِ اكْتِسَابِهِمْ فَاِنَّهُمْ عُدَّةٌ عِنْدَ الرَّخَاءِ وَجُنَّةٌ عِنْدَ الْبَلاَءِ. {بحار الانوار/74/187}.

186. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. :”Senantiasalah engkau bersahabat dengan orang-orang jujur, dan perbanyaklah mengupayakannya, karena mereka adalah saat senang dan di saat engkau dalam cobaan. (Biharul Anwar 74 - 187).


187.

قَالَ اْلاِمَامُ السَّجَّادُ (ع): مَجَالِسُ الصَّالِحِيْنَ دَاعِيةٌ اِلَى الصَّلاَحِ. {بحار الانوار/78/141}.

187. Bersabda Imam As-Sajjad a.s. : ”Majlis-majlis para orang shaleh adalah menjadi pendorong kepada kebaikan”. (Biharul Anwar 78 - 141).


25. Teman Yang Harus Dijauhi (5 hadis)



188.

قَالَ اْلاِمَامُ السَّجَّادُ (ع): اِيَّاكُمْ وَصُحْبَةَ الْعَاصِيْنَ وَمَعُوْنَةَ الظَّالِمْيَن. {بحار الانوار/78/151}.

188. Bersabda Imam As-Sajjad a.s. : ”Hati-hatilah dari berkawan dengan ahli maksiat, dan hati-hatilah dari memberikan pertolongan terhadap orang-orang zalim”. (Biharul Anwar 78 - 151).


189.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): مَنْ قَعَدَ عِنْدَ سَبَّابٍ ِلأَوْلِيَاءِ اللهِ فَقَدْ عَصَى اللهَ تَعَالَىْ. {الكافى/ 2/379}.

189. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. : ”Barang siapa duduk di sisi orang-orang yang mencaci wali-wali Allah maka ia telah bermaksiat pada Allah SWT”. (Al-Kafi 2 - 379).


190.

قَالَ اْلاِمَامُ الصَّادِقُ (ع): لَوْ اَنَّكُم اِذَا بَلَغَكُمْ عَنِ الرَّجُلِ شَيْءٍ تَمَشَّيْتُمْ اِلَيْهِ فَقُلْتُمْ يَاهَذَا اِمَّا اَنْ تَعْتَزِلَنَا وَتَجْتَنِبَنَا وَاِمَّا اَنْ تَكُفَّ عَنْ هَذَا فَاِنْ فَعَلَ وَاِلاَّ فَاجْتَنِبُوْهُ. {وسائل الشيعة/ 16/146}.

190. Bersabda Imam As-Shadiq a.s. :”Sesungguhnya bila sampai kepadamu sesuatu (cerita tidak baik) dari seseorang, engkau pergi menjumpainya, dan berkata kepadanya engkau tinggalkan aku, berarti engkau telah menyelamatkanku, atau engkau, menahan diri, (berhenti) dari perbuatan seperti itu, bila ia bersedia berbuat (maka bersahabatlah dengannya) bila tidak, hindarilah dia”. (Wasail Syi’ah 16 - 146).


191.

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنِ الصَّادِقِ عَنْ اَبِيْهِ (ع): قَالَ، قَالَ لِى اَبِيْ عَلِىُّ بْنُ الْحُسَيْنِ (ع) يَا بُنَىَّ انْظُرْ خَمْسَةً فَلاَ تُصَاحِبْهُمْ وَلاَ تُحَادِثْهُمْ وَلاَ تُرَافِقْهُمْ فِىْ طَرِيْقٍ، فَقُلْتُ يَا اَبَتِ مَنْ هُمْ عَرِّفْنِيْهِمْ؟ قَالَ اِيَّاكَ وَمُصَاحَبَةَ الْكَذَّابِ فَاِنَّهُ بِمَنْزِلَةِ السَّرَابِ، يُقَرِّبُ لَكَ الْبَعِيْدَ وَيُبَعِّدُ لَكَ الْقَرِيْبَ، وَاِيَّاكَ وَمُصَاحَبَةَ الْفَاسِقِ فَاِنَّهُ بَايِعُكَ بِاَكْلَةٍ اَوْ اَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ وَاِيَّاكَ وَمُصَاحَبَةَ الْبَخِيْلِ فَاِنَّهُ يَخْذُلُكَ فِيْ مَالِهِ اَحْوَجَ مَاتَكُوْنُ اِلَيْهِ وَاِيَّاكَ وَمُصَاحَبَةَ اْلاَحْمَقِ فَاِنَّهُ يُرِيْدُ اَنْ يَنْفَعَكَ فَيَضُرُّكَ، وَاِيَّاكَ وَمُصَاحَبَةَ الْقَاطِعِ لِرَحِمِهِ فَاِنِّى وَجَدْتُهُ مَلْعُوْنًا فِيْ كِتَابِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ فِيْ ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ. {الكافى/2/641}.

191. Dari Muhammad bin Muslim dari ImamAs-Shadiq dari ayahnya, berkata kepadaku ayahku Ali Zainal Abidin bin Husein a.s, lihatlah lima (manusia), jangan engkau bersahabat dengannya, dan jangan engkau berbicara dengan mereka, dan janganlah engkau bersamanya dalam perjalanan, Aku berkata, Wahai ayahku siapa mereka, Beliau berkata:

1. “Hati-hati dari bersahabat dengan pendusta, sesungguhnya Ia seperti fatamorgana, (seakan-akan) mendekatkan sesuatu yang jauh dan menjauhkan sesuatu yang dekat.

2. “Hati-hati dalam bersahabat dengan orang fasik (pendosa) karena ia akan menjualmu untuk sesuap makanan, atau lebih sedikit dari padanya.

3. “Hati-hati dari bersahabat dengan orang bakhil (pelit) karena ia akan membiarkanmu dengan hartanya, sementara engkau sangat membutuhkannya.

4. “Hati-hatilah dari bersahabat dengan orang bodoh merasa pintar (ahmaq) karena sesungguhnya ia ingin memberimu manfaat tetapi ia membahayakan engkau.

5. “Hati-hatilah dari bersahabat dengan orang yang memutuskan hubungan persaudaraan (pemutus) karena aku mendapatkannya di laknat di dalam kitab Allah SWT Dalam tiga tempat. (Al-Kafi 2 - 641).


192.

قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع): ياَ كُمَيْلُ قُلِ الْحَقَّ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَوَادِّ الْمُتَّقِيْنَ، وَاهْجُرِ الْفَاسِقِيْنَ، وَجَانِبِ الْمُنَافِقِيْنَ وَلاَتُصَاحِبِ الْخَائِبِيْنَ. {مستدرك الوسائل/12/197}

192. Bersabda Imam Ali Amirul mukminin a.s. : “Wahai Kumail, katakanlah kebenaran dalam segala keadaan, dan cintailah orang-orang yang bertaqwa, dan tinggalkan orang-orang fasik, singkirkan (hindari) orang-orang munafiq dan janganlah bersahabat dengan orang-orang pengkhianat. (Mustadrak Al- Wasail 12 - 197).


26. Berhidmat kepada Orang Lain (7 hadis)

193.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): مَن فَرَّجَ عَنْ أَخِيْهِ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ. {شهاب لاخبار/ 194}.

193. Bersabda Rasulullah saaw : “Barang siapa yang melapangkan kesempitan saudaranya dari kesempitan dunia, maka Allah akan melapangkannya dari kesempitan-kesempitan akhirat. (Syahabul Akhbar, 194).


194.

قَالَ اْلاِمَامُ الْحُسَيْنُ (ع): اِنَّ حَوَائِجَ النَّاسِ اِلَيْكُمْ مِنْ نِعَمِ اللهِ عَلَيْكُمْ، فَلاَ تَمِلُّوا النِّعَمَ. {بحار الانوار/ 74/318}.

194. Bersabda Imam Husein bin Ali a.s. Sesungguhnya kebutuhan manusia kepadamu adalah suatu kenikmatan Allah atasmu maka janganlah engkau jemu terhadap nikmat”. (Biharul Anwar74 - 318).


195.

 قَالَ اْلاِمَامُ اَمِيْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلِىٌّ (ع):لاَيُكَلِّفْ اَحَدُكُمْ اَخَاهُ الطَّلَبَ اِذَا عَرَفَ حَاجَتَهُ. {بحار الانوار/74/166}.

195. Bersabda Imam Ali Amirul mukminin a.s. : “Janganlah seorang di antara kamu memaksa saudaranya atas suatu permintaan bila ia mengetahui kebutuhannya”. (Biharul Anwar 74-166).


196.

عَنِ الصَّادِقِ عَنْ اَبَآئِهِ (ع) عَنْ رَسُوْلِ اللهِ (ص) قَالَ مَنْ اَطْعَمَ مُؤْمِنًا مِن جُوعٍ اَطْعَمَهُ اللهُ مِنْ ثِمَارِ الْجَنَّةِ وَمَنْ كَسَاهُ مِنْ عِرًى كَسَاهُ اللهُ مِنْ اِسْتَبْرَقٍ وَحَرِيْرٍ، وَمَنْ سَقَاهُ شَربَةً مِنْ عَطَشٍ سَقَاهُ اللهُ مِنَ الرَّحِيْقِ الْمَخْتُوْمِ، وَمَنْ اَعَانَهُ اَوْكَشَفَ كُرْبَتَهُ اَظَلَّهُ اللهُ فِيْ ظِلِّ عَرْشِهِ يَوْمَ لاَظِلَّ اِلاَّ ظِلُّهُ. {بحار الانوار/74/382}.

196. Dari Imam As-Shaiq a.s. : “Dari pada Rasulullah saaw Beliau bersabda: “Barangsiapa memberi makan seorang yang beriman, dari laparnya, Allah akan memberinya makan dari buah surga “Barang siapa memberinya pakaian dari ketelanjangan, Allah akan memberinya pakaian dari istabrok dan sutra, “Barangsiapa memberinya minuman dari kehausan, Allah akan memberinya minum dari telaga segar (di surga). “Dan barangsiapa menjaganya atau melapangkan kesempitannya, Allah akan meneranginya di bawah naungan arasy-Nya di hari tidak ada naungan selainnya. ( Biharul Anwar 74 - 382).


197.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): اَلْخَلْقُ عِيَالُ اللهِ فَاَحَبُّ الْخَلْقِ اِلَىْ اللهِ مِنْ نَفَعَ عِيَالَ اللهِ وَاَدْخَلَ عَلَى اَهْلِ بَيْتٍ سُرُوْرًا. {الكافي/2/164}.

197. Bersabda Rasulullah saaw : ”Seluruh makhluk adalah keluarga Allah (dalam tanggung jawab-Nya) maka makhluk yang paling disukai Allah adalah yang dapat berguna bagi keluarga Allah, dan yang memasukkan kedalam ahli rumahnya dengan senang”. ( Al-Kafi 2 - 164).


198.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (ص): مَنْ اَعَانَ مُؤْمِنًا نَفَّسَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَنْهُ ثَلاَثًا وَسَبْعِيْنَ كُرْبَةً، وَاحِدَةً فِيْ الدُّنْيَا وَثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ كُرْبَةً عِنْدَ كُرَبِهِ الْعُظْمَى، قَالَ: حَيْثُ يَتَشَاغَلُ النَّاسُ بِاَنْفُسِهِمْ. {الكافى/2/199}.

198. Bersabda Rasulullah saaw : “Barang siapa menolong orang mukmin, Allah menghindarkan dari padanya tujuh puluh tiga kesempitan, satu di antaranya di dunia dan tujuh puluh dua kesempitan di saat kesempitan yang sangat besar (pada hari kiamat), beliau bersabda di saat manusia sibuk dengan diri mereka sendiri (di hari kiamat) ”. (Al-Kafi 2 - 199).


199.

قَالَ النَّبِيُّ (ص): مَنْ شَكَا اِلَيْهِ اَخُوْهُ الْمُسْلِمُ فِيْ قَرْضٍ فَلَمْ يَقْرِضْهُ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ يَوْمَ يَجْزِي الْمُحْسِنِيْنَ. {بحار الانوار/76/369}.

199. Bersabda Nabi Muhammad saaw : “Barangsiapa yang mengeluh kepadanya saudaranya sesama muslim dan tidak dipedulikannya, maka Allah akan mengharamkan atasnya surga, di saat Allah memberi balasan terhadap orang-orang yang berbuat baik”. (Biharul Anwar 76 - 369).


27. Memberi Pinjaman ( 4 hadis )

200.

قَالَ النَّبِيُّ (ص): مَنِ احْتَاجَ اِلَيْهِ اَخُوْهُ الْمُسْلِمُ فِيْ قَرْضٍ فَلَمْ يَقْرِضْهُ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ يَوْمَ يَجْزِي الّمُحْسِنِيْنَ. {بحار الانوار/76/367}.

200. Bersabda Nabi saaw : “Barangsiapa yang kepadanya seorang muslim membutuhkan pinjaman, dan tidak memberinya pinjaman, Allah mengharamkan atasnya surga di hari Allah membalas orang-orang yang berbuat baik”. (Biharul Anwar 76 - 367).


(Karimah-Ahlul-Bait/berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: