Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Memanfaatkan Dunia Untuk Akhirat

Memanfaatkan Dunia Untuk Akhirat

Written By Unknown on Sabtu, 13 Januari 2018 | Januari 13, 2018


Barang siapa yang melihat dunianya dengan akhirat maka ia tidak akan terpikat oleh dunia ini. Namun hal ini tidak berarti bahwa agama Islam memerintahkan kita untuk menjauhi dunia ini, akan tetapi jangan biarkan hati terjatuh ke dalamnya.

Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Muhammad Mahdi Mandegari dalam kajiannya di Masjid Jamkaran saat menjelaskan tentang cinta dunia menyebabkan seseorang bertindak di luar akal bahkan masjid dan Qur’an pun akan dibakarnya.

Ia menambahkan, barang siapa yang melihat dunianya dengan akhirat maka ia tidak akan terpikat oleh dunia ini. Namun hal ini tidak berarti bahwa agama Islam memerintahkan kita untuk menjauhi dunia ini, akan tetapi jangan biarkan hati terjatuh ke dalamnya.

Lebih lanjut penceramah masyhur ini menuturkan, salah satu ciri penanti Imam Zaman afs ialah tidak terpikat oleh dunia dan mereka adalah orang-orang yang mempersiapkan akhirat dan juga jihadnya, ciri lainnya ialah para Penanti Imam Zaman afs adalah orang yang memanfaatkan dunia ini untuk akhiratnya.

Ajaran Islam tidak menentang harta dan kekayaan, karena alangkah baiknya jika ada orang yang memiliki harta, rumah dan perusahaan. Dan kemudian ia gunakan untuk membantu orang, rumahnya ia sewakan dengan harga yang murah untuk pasangan-pasangan muda yang baru saja menikah.

Meskipun cinta dunia adalah perbuatan yang tercela, namun di satu sisi jika seseorang berlepas diri dari dunia dan hanya melihat akhirat saja maka kehidupan dunianya akan penuh dengan kesulitan, dengan demikian genggamlah dunia ini dan kuasai akhirat dengan hati kita, demikian jelasnya.

به نقل از مسجد مقدس جمکران، حجت الاسلام‌ والمسلمین محمدمهدی ماندگاری در مراسم دعای ندبه مسجد مقدس جمکران به پرهیز از دنیاپرستی تأکید و اظهار کرد: دنیاپرستی کاری با انسان می‌کند که حتی مسجد و قرآنِ خدا را آتش می‌زند.

مدیر مؤسسه فرهنگی روایت سیره شهدا، افزود: هر کس دنیا را با آخرت ببیند، دلبسته دنیا نمی‌شود، دین مبین اسلام نمی‌گوید دنیا را رها کنید، بلکه می گوید دنیا را در دست داشته باشید اما آن را در دل راه ندهید.

وی با بیان اینکه یکی از دلبستگی‌های ما، دلبستگی به خانواده است، ادامه داد: در جبهه و جنگ شاهد بودیم این دلبستگی مانع از رفتن افراد به میدان جهاد می‌شد.

سخنران مسجد مقدس جمکران تصریح کرد: ویژگی منتظران امام زمان(عجل الله تعالی فرجه) این است که دلبسته دنیا نشده و آماده آخرت و جهاد می‌شوند، ویژگی دیگر منتظران این است که از دنیا برای آخرت توشه جمع می‌کنند.

وی در بخش دیگر سخنان خود گفت: اسلام با پول و ثروت مخالف نیست و چه خوب است اگر کسی چندین خانه و کارخانه داشته باشد و از آن‌ها در کارهای خیر استفاده کند، خانه‌های خود را با قیمت پایین‌تر به زوج‌های جوان اجاره دهد و با پول خود از نیازمندان دست‌گیری کند.

ماندگاری در پایان تأکید کرد: اگر چه دنیاپرستی مذموم است اما در طرف دیگر هم اگر کسی دنیا را رها کند و فقط آخرت را ببیند، زندگی خود در دنیا را با سختی زیاد همراه می‌کند، پس باید دنیا را در دست و آخرت را در دل داشته باشیم.

پایان پیام/99

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: