Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Separasi, Identifikasi dan Pencatatan 9800 Koin di Museum Razavi

Separasi, Identifikasi dan Pencatatan 9800 Koin di Museum Razavi

Written By Unknown on Selasa, 02 Januari 2018 | Januari 02, 2018


Lebih dari 9.800 koin berstempel yang dibuat dengan mesin dan manual palu, sepanjang sembilan bulan pertama tahun 1396 Hijriah Syamsiah (Maret-Desember 2017) diseparasi, diidentifikasi dan dicatat di ruang koleksi perangko, uang kertas dan koin, Museum Pusat Haram Suci Razavi.

Astan News melaporkan, petugas ruang koleksi perangko, uang kertas dan koin Haram Suci Razavi menyebut ruang koleksi ini sebagai salah satu yang teraktif di Iran dan menuturkan, selain itu, sekitar 4.000 perangko, amplop surat berstempel, surat-surat di era Dinasti Qajar dan Pahlevi pertama dan barang-barang pos lainnya dari sejumlah negara berbeda, diidentifikasi dan dicatat dalam waktu sembilan bulan terakhir di kantor-kantor properti.

Mohammad Hossein Yazdinejad menjelaskan, lebih dari dari 9.000 uang kertas hadiah dari sejumlah negara di enam benua dunia, seperti Pakistan, Selandia Baru, Kuba, Fiji, Guatemala, Guinea-Bissau, Guyana, Honduras, Hungaria, Islandia, Laos, Makedonia, Madagaskar, Malawi, Maladewa, Transnistria, Rusia, Siera Leone, Somalia, Spanyol, Sri Lanka, Tonga, Trinidad dan Tobago, Venezuela, Vietnam, Bulgaria, Kosta Rika, Rumania, disimpan di ruang koleksi ini.

Ia menambahkan, uang kertas dari Afghanistan, Angola, Argentina, Armenia, Australia, Republik Azerbaijan, Bangladesh, Brazil, Kamboja, Republik Demokratik Kongo, Eritrea, Indonesia, Irak, Madagaskar, Mongolia, Maladewa, Malaysia, Lithuania, Libya, Latvia, Peru, Sudan Selatan dan puluhan negara lainnya, juga disimpan di sini.

Menurut Yazdinejad, 1.855 koin berstempel yang dibuat secara manual dengan palu dari berbagai masa pemerintahan Iran dan dunia, setelah diidentifikasi, dicatat dan difoto, dipamerkan untuk umum di ruang koleksi ini, dan foto-fotonya bisa diakses di situs museum.

Ia menerangkan, koin-koin Dinasti Parthia, Elymais, Sasanid, Arab Sasanid, Arab Tabari, Bani Umayah, Abassian, Samanid, Ali Buye, Khorazmshah, Ghaznavid, Atabeg Azerbaijan, Mehrbanian, Ilkhanat Mongol, Ali Mozafar, Ali Jalayer, Timurid, Marashian Tabarestan, Aq Qoyunlu, di antara koin-koin berstempel manual yang dihadiahkan ke koleksi museum ini.

Petugas ruang koleksi perangko, uang kertas dan koin Haram Suci Razavi melanjutkan, juga ada koin-koin berstempel manual palu Dinasti Safavid, Afsharid, Qajar, Habarid, Dorranid, Dinasti Hun Kashmir, Ghurid, Ayyubid Mesir, Kekhalifahan Usmani, Kabul Shahis, Hotaki, Khanate Bukhara, Barakzai dan yang lainnya.

Menurutnya, puluhan kolektor dan pakar koin dari seluruh penjuru Iran bersama para peneliti dan mahasiswa strata dua sejumlah universitas Iran, selama ini memanfaatkan koleksi yang ada, fasilitas serta buku-buku khusus dalam bahasa Farsi, Arab, Inggris dan Perancis, untuk keperluan riset dan mengkaji koin-koin dari berbagai era.

Yazdinejad melanjutkan, di tempat ini juga disediakan hasil scan dari koin-koin tersebut dan penelitian atas kertas-kertas yang sudah didokumentasikan dari koin-koin koleksi. Ini merupakan pelayanan lain di bidang riset yang memberikan kesempatan kepada para peneliti, pakar dan mahasiswa, sesuai aturan Departemen Museum, Perpustakaan dan Pusat Dokumen Haram Suci Razavi.

Lebih lanjut ia menerangkan, juga digelar 10 pameran khusus di berbagai kesempatan seperti 13 Rajab, wiladah Imam Ali as dan Hari Ayah, 27 Rajab, Hari Mab'ats Nabi Muhammad Saw, 28 Ordibehesht, Hari Museum dan Warisan Budaya Dunia, Jumat terakhir bulan Ramadhan, Hari Quds, wilayah Imam Ridha as dan Pekan Karamah, 31 Shahrivar, dimulainya Perang Pertahanan Suci dan yang lainnya. Pameran-pemarn ini diselenggarakan pada sembilan bulan pertama tahun ini di ruang koleksi ini dan mendapat sambutan luas masyarakat.

Petugas ruang koleksi perangko, uang kertas dan koin Haram Suci Razavi mengungkapkan, ruang koleksi ini menyimpan lebih dari 850 ribu perangko dari sekitar 240 negara dan sejumlah negara bekas jajahan, dan sekitar 24.000 uang kertas dari 150 negara dunia, dan lebih dari 63.000 koin dari berbagai era raja-raja Iran dan negara dunia, dan menjadikan museum ini sebagai salah satu pusat terpenting untuk menjaga, melindungi dan memamerkan koleksi-koleksi berharga, yang bekerjasama erat dengan para peneliti, kalangan akademisi dan kolektor.

Masyarakat umum dapat mengunjungi ruang koleksi ini setiap hari mulai pukul 8-17:45 dan di hari-hari libur mulai pukul 8-12. Ruang koleksi perangko, uang keras dan koin Haram Suci Razavi terletak di lantai satu Museum Pusat Haram Suci Razavi di Halaman Kowsar, kompleks Makam Suci Imam Ridha as.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: