Beberapa orang arif meyakini bahwa ibadah umum sangat membantu seseorang dalam melakukan ibadah khusus. Sebagaimana yang dikatakan dalam riwayat bahwasanya shalat ialah mikrajnya seorang mukmin.
Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Muhsin Langarudi dalam acara peringatan hari syahadahnya Sayyidah Zahra sa. Dijelaskannya, pada satu pembagiannya ibadah ada yang umum dan ada yang khusus.
Ibadah yang khusus yaitu shalat, puasa, haji dan lain sebagainya, dimana saat nama-nama ibadah tersebut disebutkan maka mafhum setiap orang langsung mengarah kepada ibadah khusus tersebut.
Ia menambahkan, sementara yang dimaksud ibadah umum ialah ibadah dari beberapa perbuatan yang dilakukan karena niat untuk Allah swt, seperti tidur atau yang lainnya.
Beberapa orang arif meyakini bahwa ibadah umum sangat membantu seseorang dalam melakukan ibadah khusus. Sebagaimana yang dikatakan dalam riwayat bahwasanya shalat ialah mikrajnya seorang mukmin, namun hal ini terjadi jika kita dalam ibadah umum melakukannya dengan khidmat maka shalat bisa menjadi mikrajnya seorang mukmin, jelasnya.
Jika setiap harinya melakukan segala sesuatu karena Allah swt maka hal ini termasuk ibadah secara umum, dan jika sehari-harinya dibarengi dengan shalat maka mikraj akan terealisasi, dan jika seseorang tidak mengingat Allah swt sama sekali maka ia tidak akan mendapat kemuliaan dari shalat tersebut.
Seperti yang dikatakan para urafa’ bahwasanya sebagaimana halnya shalat yang harus suci maka dalam ibadah umum seperti tidur juga harus suci, karena pada saat itu malaikat sedang turun dan naik ke langit. Dengan demikian saat ingin tidur hendaknya kita menjalankan sunnah Rasul saww yaitu berwudhu dan saat tidur menghadapkan wajah ke kiblat, dimana hal ini termasuk ibadah.
حجت الاسلام والمسلمین محسن تاج لنگرودی استاد حوزه علمیه در مراسم سوگواری حضرت فاطمه زهرا(س) که در آستان مقدس حضرت عبدالعظیم حسنی(ع) برگزار شد، گفت: عبادت گاهی جانی و گاهی مالی و گاهی جانی و مالی هستند، در بخش دیگری عبادت به عام و خاص تقسیم میشود.
وی درباره عبادت خاص عنوان کرد: عبادت خاص همان نماز، روزه، حج یا برخی موارد دیگر است که وقتی نام برده میشوند مفهوم عبادت در ذهن شخص نقش پیدا میکند.
حجت الاسلام والمسلمین تاج لنگرودی درباره عبادت به معنای عام، اظهار داشت: برخی از کارها مفهوم عبادت در ذهن ما شکل نمیدهند مثل خوابیدن یا هر عملی که انسان در طول روز برای خداوند انجام دهد که عبادت عام است.
استاد حوزه علمیه با اشاره به اینکه برخی عرفا اعتقاد دارند که عبادت عام به عبادت خاص بسیار کمک میکند، ابراز کرد: بارها شنیدیم که نماز سبب عروج مومن است، اگر ما در عبادت عام دقیق باشیم سبب می سود که نماز برای انسان سبب عروج شود.
وی افزود: در طول روز انسان هر کاری را برای خدا انجام دهد او در عبادت به معنای عام است در این صورت وقتی سراغ نماز میرود عروج تحقق پیدا میکند، برخی در طول روز اصلا متوجه خداوند نیستند زمان نماز هم از آن بهره نمیبرند.
حجت الاسلام والمسلمین تاج لنگرودی اظهار داشت: یکی از عبادتهای عام خوابیدن است که کمتر به چشم عبادت به آن نگاه میشود، اما خواب میتواند برای انسان بهترین عبادات باشد.
استاد حوزه علمیه بیان داشت: طبق گفته برخی عرفا انسان همانگونه که در نماز باید طاهر باشد در خوابیدن هم باید طاهر باشد چراکه فرشتگان در حال نزول و صعود هستند، بنابراین هنگام خواب همچون پیامبر(ص) با وضو و رو به قبله بخوابید که برای شما عبادت نوشته شود.
وی افزود: بر اساس روایتی از پیامبر(ص) خطاب به حضرت فاطمه زهرا(س) هنگام خواب سه مرتبه سوره توحید را بخوانید گویا کل قرآن را قرائت کردید، با صلوات بر پیامبر و اهل بیت ایشان انبیاء را از خود راضی کنید، با قرائت تسبیحات اربعه گویا حج و عمره را به جا آوردید.
پایان پیام/487
(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar