Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » , » Peran Masjid Yang Begitu Penting

Peran Masjid Yang Begitu Penting

Written By Unknown on Jumat, 09 Februari 2018 | Februari 09, 2018


Masjid memiliki peran penting dalam menentukan nasib orang-orang dan juga masyarakat, dimana di antara peran yang bisa dilakukan masjid ialah membantu orang yang membutuhkan, memberikan pelajaran fiqih, menyampaikan pesan Ilahi dan serta pusat hidayah Ilahi.

Shabestan News Agency, berkaitan dengan kedudukan dan peran masjid, Ayatullah Kazhim Shiddiqi menjelaskan bahwa masjid merupakan markas budaya, politik dan agama Islam yang sudah diperkenalkan oleh Rasulullah saww pada awal-awal Islam, dan saat ini para imam jama’ah harus menguatkan kembali aktivitas tersebut.

Masjid memiliki peran penting dalam menentukan nasib orang-orang dan juga masyarakat, dimana di antara peran yang bisa dilakukan masjid ialah membantu orang yang membutuhkan, memberikan pelajaran fiqih, menyampaikan pesan Ilahi dan serta pusat hidayah Ilahi, jelasnya.

Menentukan hukum, memberikan bantuan kepada orang yang tidak mampu dan menyebarkan hukum-hukum Ilahi pada masa Rasulullah saww ini semua dilakukan di masjid, oleh karen itu saat ini masjid juga harus menjadi pusat seperti itu.

Lebih lanjut Ayatullah Shiddiqi menuturkan, rata-rata masyarakat mengambil pelajaran akhlaq-akhlaq dari masjid-masjid dan sebagian yang lain dengan cara mengkaji buku-buku yang bertemakan akhlaq.

Masjid memiliki peran yang sangat dalam Islam, sebagaimana dalam Al-Qur’an kata masjid diulang sebanyak 28 kali dan terdapat banyak riwayat dari Imam Makshum as yang menjelaskan tentang keutamaan masjid.

Dalam sebuah haditsnya, Rasulullah saww bersabda “barang siapa yang menerangi masjid dengan sebuah penerang, maka para malaikat serta malaikat-malaikat yang memikul Arsy akan memohon ampunan untuknya selama penerangan tersebut masih menyala.”
آیت‌الله کاظم صدیقی در گفت‌و‌گو با خبرنگار مسجد و کانون‌های مساجد خبرگزاری شبستان درباره جایگاه و نقش مساجد در جهان امروز، گفت: مسجد پایگاه فرهنگی، سیاسی و ایمانی اسلام است که حضرت محمد (ص) کارکردهای آن را در صدر اسلام معرفی کردند و امروزه ائمه جماعات و سایر ارکان آن باید این کارکردها را تقویت کنند.

وی با بیان اینکه مسجد، نقش مهمی در تعیین سرنوشت افراد و جامعه در جهان امروز دارد، خاطرنشان کرد: کمک به نیازمندان، اعزام نیروها به جبهه، آموزش احکام، رساندن پیام‌های خدا به افراد و محوریت در هدایت الهی، از جمله کارکردهای مساجد است.

امام جمعه موقت تهران با بیان اینکه مساجد باید به جایگاه اصلی خود در مدیریت جامعه بازگردند، افزود: داوری‌ها، قضاوت‌ها، رسیدگی به ستمدیدگان و انتشار احکام الهی در زمان پیامبر اسلام (ص) در مساجد انجام می‌شد و امروزه نیز باید مساجد محور این فعالیت‌ها باشند.

صدیقی اظهار کرد: امروزه مساجد باید برای جذب کودکان و جوانان برنامه داشته باشند، به طوری که کودکان پیش از حضور در مهدکودک‌ها و دبستان‌ها با مساجد آشنا شوند که در این صورت، پرورش دینی آنان مانع از نفوذ آموزش‌های غربی در افکار آنان می‌شود.

وی گفت: مساجد باید فقرا و افراد آسیب‌پذیر محلات را شناسایی کنند و برای رسیدگی به وضعیت آنان برنامه ریزی کنند و در این زمینه، از کمیته امداد امام خمینی (ره) و سایر دستگاه‌های مربوط به آن‌ها جلوتر باشند، همچنین در شناسایی و کمک به جوانان دم‌بخت نیز پیشگام‌تر از دستگاه‌ها باشند.

امام جمعه موقت تهران با بیان اینکه مسجد باید پناهگاه نیازمندان و گرفتاران باشد و برنامه منظم و مشخصی در هفته برای پاسخگویی به مراجعین نبازمند و گرفتار داشته باشد، اظهار کرد: مساجد باید جامع‌نگر باشند به طوری که کارکردهای همه دستگاه‌ها و سازمان‌های کشور به نوعی در آنان انجام شود.

پایان پیام/397

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: