Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Semakin Takut Kepada Allah Swt, Semakin Dekat Kepada-Nya

Semakin Takut Kepada Allah Swt, Semakin Dekat Kepada-Nya

Written By Unknown on Kamis, 15 Februari 2018 | Februari 15, 2018


Barang siapa yang semakin takut dengan Allah swt maka ia akan semakin dekat dengan-Nya, dan orang yang takut kepada selain Allah swt maka ia akan lari darinya sementara orang yang takut kepada Allah swt maka ia akan semakin dekat kepada-Nya.

Hal ini disampaikan Ayatullah Ruhullah Qarahi dalam kajian akhlaqnya saat menjelaskan bahwa di antara ciri orang yang bertakwa ialah takut untuk jauh dari taqarrub kepada Allah swt.

Dijelaskannya, shalat adalah mikrajnya seorang mukmin dan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Dan bagi orang yang cinta kepada Allah swt akan takut jika Allah swt meninggalkannya oleh karena hal ini ia akan selalu waspada dan berhati-hati dalam setiap amalnya.

Sementara mengenai pentingnya takut dan berharap kepada Allah swt, Ayatullah Qarahi menuturkan bahwa salah satu kebaikan dari takut dan berharap kepada Allah swt ialah bahwa manusia akan masuk dan tenggelam dalam beramal kepada perintah-perintah Ilahi dan ia akan mendekat kepada-Nya.

Barang siapa yang semakin takut dengan Allah swt maka ia akan semakin dekat dengan-Nya, dan orang yang takut kepada selain Allah swt maka ia akan lari darinya sementara orang yang takut kepada Allah swt maka ia akan semakin dekat kepada-Nya, jelasnya.

Pada hakikatnya manusia yang takut kepada Allah swt, semakin ia dekat dengan-Nya maka rasa takutnya akan semakin besar, karena mereka tahu bahwa dalam setiap titik terdapat kedekatan kepada Allah swt, dan jika sedikit saja ia sombong atau takabbur maka semuanya akan hilang seketika.

Kehidupan manusia di dunia ini tidaklah abadi dan manusia harus melalui kehidupan ini dan kelak akan menuju alam akhirat. Mengenai hal ini Imam Ali as bersabda “manusia yang pada awalnya mereka adalah air mani yang hina dan pada akhirnya mereka akan menjadi jasad bagaimana bisa ia menyombongkan dirinya.”

آیت‌الله روح‌الله قرهی موسس حوزه علمیه امام مهدی(عج) دوشنبه 23 بهمن در جلسه درس اخلاق که در حوزه و مسجد امام مهدی(عج) برگزار شد، اظهار داشت: از ویژگی‌های متقین عالم این است که بر دوری از تقرب خداوند بسیار ترس دارند.

وی با بیان اینکه نماز معراج مومن برای تقرب الهی است، افزود: کسی که عشق پروردگار عالم را دارد می‌ترسد خداوند او را رد کند بنابراین مراقب عمل خود است.

آیت‌الله قرهی درباره اهمیت مساله خوف و رجا، عنوان کرد: یکی از حسنات خوف و رجا این است که انسان را وارد به عمل به دستورات الهی می‌کند که نزد خدا مقرب شود.

موسس حوزه علمیه امام مهدی(عج) با اشاره به روایتی از پیامبر اکرم(ص) بیان داشت: پیامبر(ص) فرمودند خائف‌ترین شما نزد خداوند من هستم، عاشق دوست دارد با خدا خلوت کند، عاشقان و عارفان خلوت با خدا را بسیار دوست دارند و در این زمینه اصلا دوست ندارند مشهور شوند چراکه خلوت آنها کاهش خواهد یافت.

وی افزود: هرکه بیشتر خائف باشد نزد خداوند مقرب‌تر است، هر کس از هر چه بترسد از آن فرار می‌کند اما هر کس از خدا بترسد به سوی او می‌گریزد.

آیت‌الله قرهی عنوان کرد: خصوصیت خوف ممدوح این است که امنیت و آرامش در دورن انسان ایجاد می کند اما خوف از دشمن امنیت را از انسان می‌گیرد.

موسس حوزه علمیه امام مهدی(عج) با اشاره به اینکه حقایق علم الله را حکمت گویند راس حکمت ترس جدایی از خداوند است، ابراز کرد: انسان عاقل همواره خوف دارد و اینکه نماز می‌خواند یا به مقاماتی دست یافته مغرور نمی‌شود چراکه بزرگانی زیادی بودند که در یک لحظه سقوط کردند، هرکس حتی اگر لحظه‌ای تصور کند که کسی شده است همان لحظه سقوط او است که شاید سال ها بعد متوجه این مساله شود.

وی در پایان خاطرنشان کرد: خوف درباره عاقبت به خیری از خوف‌های ممدوح است، کسی که توبه کرده و به گناه بازگشت نداشت با وجود این خوف و رجا داشت هنگام از دنیا رفتن مقام اولیاء الهی را به او عطا می‌کنند.

پایان پیام/487

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: