“Jika hati Syi’ah-Syi’ah kami telah Allah sepakati untuk mentaati-Nya, dan mereka menyatukan hati dalam kesetiaan, maka pertemuan kami yang telah dijanjikan tidak akan diakhirkan.”
Shabestan News Agency, mengenai pertanyaan tentang apakah terdapat hadits lainnya yang menjelaskan tentang kapan waktu kemunculan Imam Zaman afs selain hadits masyhur yang mengatakan “kelak ia akan datang memenuhi bumi ini dengan keadilan sebagaimana sebelumnya dipenuhi kezhaliman dan kelaliman,” apakah ada penjelasan lainnya?
Ya, jika sebagian orang bersatu untuk memperbaiki keadaan ini maka hal itu dapat berpengaruh dalam kemunculan Imam Zaman afs, sebagaimana hadits di atas juga memiliki pengaruh yang sangat kuat.
Imam afs terkait dengan hal ini yang mengatakan “jika hati Syi’ah-Syi’ah kami telah Allah sepakati untuk mentaati-Nya, dan mereka menyatukan hati dalam kesetiaan, maka pertemuan kami yang telah dijanjikan tidak akan diakhirkan, dan bahkan kebahagiaan mereka yang disertai dengan hak makrifat untuk dapat menyaksikan kami akan disegerakan, dan mereka tidak terpisah dari kami kecuali atas perbuatan yang kami membencinya.”
Kemunculan Imam Zaman afs adalah sebuah perkara yang pasti, cepat dan yang mengubah semuanya, namun tentang kapan waktu kemunculannya adalah hal yang tidak bisa ditentukan, yakni setiap zaman, saat dan hari yang syarat dan kondisi kemunculan serta pemerintahan global Imam Zaman afs telah siap maka Allah swt akan menetapkan kemunculan bagi Imam Zaman afs.
Pada hakikatnya Allah swt tidak menentukan kapan kemunculan Imam Mahdi afs, jika waktu dan kondisi telah siap, maka saat itu kemunculan akan terjadi, dengan demikian mungkin saja kita termasuk orang-orang yang merasakan kemunculan beliau afs, dan mungkin juga bukan kita dan bukan orang-orang setelah kita, akan tetapi beberapa generasi selanjutnya.
به گزارش خبرگزاری شبستان، در کتاب «در محضر بهجت»، جلد سوم، صفحه 15 در پاسخ سوال: «آیا برای وقت ظهور حضرت مهدی عجلاللهتعالیفرجهالشریف غیر از روایاتِ «مُلِئَتْ ظُلْماً وَ جَوْراً»١ راه دیگری نیز وجود دارد؟»، آمده است:
جواب: بله، اگر عدهای توافق بر صلاح کنند، در ظهور آن حضرت(عج) مؤثر است؛ چنانکه «مُلِئَتْ ظُلْماً وَ جَوْراً» مُؤثر است؛ ولی این فقط «اگر» است. و میگویند که «اگر» را با «مگر» پیوند دادند و از جمع آن دو کاشکی (ای کاش!) درآمد.
سؤال: آیا در این زمینه روایت هم وجود دارد که اگر عدهای بر صلاح توافق کنند، آن حضرت(عج) ظهور میکند؟
جواب: بله، از ناحیۀ مقدسه وارد است که: «لَوْلا شیعَتُنا اتفَقُوا...؛ اگر شیعیان ما اتفاق میکردند...»؛٢ یعنی دعای حقیقی و جامع شرایطِ عدهای از اهل خیر و صلاح برای فرج بهحدی برسد که مستجاب شود.
پی نوشت ها:
1-ر.ک: تأویلالآیات، ص۳۷۵؛ بحارالانوار، ج۲۲، ص۱۱۰؛ ج۳۰، ص۸۰؛ ج۳۶، ص۳۵۸؛ ج۳۷، ص۴۴؛ طرائف، ج۱، ص۱۷۷؛ کمالالدین، ج۱، ص۶۴؛ اصول کافی، ج۱، ص۳۴۱؛ بحارالانوار، ج۵۱، ص۱۰، ۳۲، ۳۹، ۴۹.
2- متن توقیع شریف به این صورت است: «وَ لَوْ أَن أَشْیاعَنا ـ وَفقَهُمُ الله لِطاعَتِةِ ـ عَلَی اجْتِماعٍ مِنَ القُلُوبِ فِی الوَفاءِ بِالعَهْدِ عَلَیهِمْ، لَما تَأَخرَ عَنْهُمُ الْیمْنُ بِلِقائِنا، وَ لَتَعَجلَتْ لَهُمُ السعادَةُ بِمُشاهَدَتِنا عَلی حَق الْمَعْرِفَةِ وَ صِدْقِها مِنْهُم بِنا؛ اگر شیعیان ما ـ که خداوند آنان را به اطاعت خود موفق گرداند ـ دلهایشان بر وفای به پیمانی که بدان موظف هستند، اتفاق میکردند، قطعاً توفیق ملاقات با ما برای آنان به عقب نمیافتاد، و قطعاً سعادت مشاهدۀ ما، بر اساس معرفت دقیق و صداقت دل، بهزودی برای آنان حاصل میشد»؛ احتجاج، ج۲، ص۴۹۸؛ ج۵۳، ص۱۷۶؛ خرائج، ج۲، ص۹۰۲.
پایان پیام/9
(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar