Allah swt memberikan nikmat yang berbeda-beda kepada setiap orang, yang dengannya kita diuji. Oleh karena itu manusia harus selalu mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan Allah swt kepada kita karena manfaatnya akan kembali kepadanya.
Hal ini disampaikan Ayatullah Muhammad Muhammadi Rey Syahri dalam kajian tafsirnya saat menjelaskan bahwa kata kufur dalam Al-Qur’an Karim memiliki beberapa makna salah satu di antaranya ialah kufur terhadap nikmat.
Dijelaskannya, pada hakikatnya kufur nikmat bermakna tidak melihat atau mengabaikan kebaikan yang dilakukan orang lain, dengan kata lain orang tersebut menyembunyikan kebaikan yang dilakukan orang lain.
Allah swt memberikan nikmat yang berbeda-beda kepada setiap orang, yang dengannya kita diuji. Oleh karena itu manusia harus selalu mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan Allah swt kepada kita karena manfaatnya akan kembali kepadanya, jelasnya.
Allah swt tidak butuh pada rasa syukur kita dan tidak pula mendapat manfaatnya, akan tetapi kitalah yang butuh bersyukur kepadanya karena manfaatnya kita yang akan merasakannya. Di samping semua nikmat yang ada, rasul-rasul utusan Allah dan anbiya Ilahi merupakan nikmat terbesar bagi manusia, dan barang siapa yang mengingkari nikmat ini ia telah kafir yang pada akhirnya ia akan mendapatkan kerugian.
Berdasarkan riwayat Imam Ali as yang mengatakan bahwa barang siapa yang menganggap buruk perbuatan baik orang lain maka kelak ia akan mendapat azab di dunia ini, oleh karena itu kita harus selalu sabar dalam menghadapi keburukan dan menjauhkan diri dari perasaan dendam karena dengan melakukan ini akan membuat kita semakin dekat dengan Allah swt.
Barang siapa yang bersyukur kepada Allah swt atas nikmat yang telah diberikan dan berterima kasih atas perbuatan baik orang lain maka nikmatnya akan semakin bertambah, jika tidak maka ia termasuk kafir terhadap nikmat, demikian jelasnya.
به گزارش خبرنگار خبرگزاری شبستان، آیتالله محمد محمدی ریشهرری تولیت آستان مقدس حضرت عبدالعظیم حسنی(ع) یک شنبه 13 اسفند در جلسه تفسیر سوره مبارکه بقره که در مصلی بزرگ شهرری برگزار شد، اظهار داشت: کفر در قرآن کریم به چند معنا به کار رفته که یکی از آنها کفر نعمت است.
وی با بیان اینکه کفر نعمت در مقابل شکر قرار دارد، عنوان کرد: کفر نعمت در واقع با گفتار و کردار نیکی دیگران را نادیده گرفتن است، در واقع کافر نیکی دیگران را نادیده گرفته یا پنهان میکند.
آیتالله ریشهرری با بیان اینکه نعمات الهی وسیله آزمایش انسان هستند، ابراز کرد: خداوند به همه نعمات متفاوتی داده است که با آنها ما را آزمایش کند انسان باید همواره نعمات الهی را برشمارد و شکرگزار خداوند باشد این عمل به نفع خود او است.
تولیت آستان مقدس حضرت عبدالعظیم حسنی(ع) با بیان اینکه خداوند از شکر ما سودی نمیبرد بلکه سود آن برای خود ما است، عنوان کرد: در کنار انواع نعمات، فرستادگان و انبیا الهی نعمات بزرگ الهی هستند کسانی که این نعمات را انکار میکنند کافرانی هستند که در نهایت دچار خسران زیادی میشوند.
وی با اشاره به آیه 7 سوره ابراهیم مبنی براینکه اگر شما شاکر نعمتهای الهی باشید روزی شما افزایش خواهد یافت، گفت: هر فطرت پاکی این را قبول دارد که پاسخ نیکی، نیکی کردن است، بنابراین انسان نباید نسبت به خوبی و نیکی دیگران و خداوند کافر شده و آن را پنهان کند.
آیتالله ریشهرری افزود: بر اساس روایتی از امیرومنان امام علی(ع) هر کس در برابر نیکی دیگران بدی کند در همین دنیا عذاب میشود؛ باید در برابر بدیهای صبور بوده و از انتقامگیری پرهیز کند چراکه این امر به قرب الهی نزدیکتر است.
تولیت آستان مقدس حضرت عبدالعظیم حسنی(ع) در پایان خاطرنشان کرد: هر کس شاکر نعمات الهی و سپاسگزار نیکی دیگران باشد خداوند بر نعمات او خواهد افزود تنها انسانهای پست نعمات الهی و نیکی دیگران را پنهان کرده و بر آن کافر میشوند.
پایان پیام/487
(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Posting Komentar