Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Memperoleh Rezeki Halal Untuk Mendapat Meraih Keridhaan Allah Swt

Memperoleh Rezeki Halal Untuk Mendapat Meraih Keridhaan Allah Swt

Written By Unknown on Sabtu, 16 Juni 2018 | Juni 16, 2018


Allah swt tidak ridha terhadap orang yang malas dan pengangguran, bahkan dalam ajaran Islam mengutuk orang-orang yang malas bekerja, karena ajaran agama selalu menjelaskan tentang usaha dan upaya.

Hal ini disampaikan Ayatullah Muhammad Nashiri dalam kajian akhlaqnya saat menjelaskan tentang penting memperoleh rezeki yang halal.

Dijelaskannya, berusaha untuk mendapatkan rezeki yang halal merupakan bagian dari ibadah dan bahkan lebih baik dari berdiam diri di masjid dan beribadah.

Memperoleh rezeki yang halal merupakan riyadah sosial, yang mana pahala dan balasannya lebih baik dari pada riyadah di dalam masjid, jelas Ayatullah Nahsiri.

Sembari menjelaskan bahwa rezeki yang halal akan disertia dengan keridhaan Allah swt, pengajar kajian akhlaq ini menuturkan, Allah swt tidak ridha terhadap orang yang malas dan pengangguran, bahkan dalam ajaran Islam mengutuk orang-orang yang malas bekerja, karena ajaran agama selalu menjelaskan tentang usaha dan upaya.

Sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat bahwasanya setiap muslim wajib untuk menuntut ilmu, namun mencari rezeki yang halal juga seperti menuntut ilmu dan mungkin hal ini lebih tinggi dari pada menuntut ilmu, dalam riwayat Imam Makshum as dikatakan bahwa ibadah memiliki 10 bagian dimana 9 bagian darinya adalah bekerja dan berusaha dalam mencari rezeki yang halal, hal ini menunjukan bahwa betapa pentingnya mencari rezeki yang halal.

dalam riwayat disebutkan bahwa memberikan sedekah kepada orang yang tidak memerlukan adalah haram, hal ini perlu disebutkan karena sebagian orang mengatakan bahwa telah memberikan sedekah dan zakatnya kepada orang ini dan orang itu, padahal banyak di antara orang-orang yang tidak memerlukan harta tersebut, demikian jelasnya.

کسب روزی حلال ریاضت اجتماعی محسوب می شود

خبرگزاری شبستان:استاد اخلاق حوزه علمیه اصفهان گفت: کسب روزی حلال در جامعه توسط افراد، ریاضت اجتماعی محسوب می شود و اجر و پاداش دارد.

به گزارش خبرنگار خبرگزاری شبستان از اصفهان، آیت الله محمد ناصری، استاد اخلاق حوزه علمیه اصفهان در درس اخلاق مسجد کمر زرین اصفهان با اشاره به اهمیت کسب رزق حلال و جایگاه این موضوع در دین اسلام و نسبت به مناجات و مسجد نشینی، اظهارکرد: تلاش برای کسب روزی حلال نوعی عبادت و بالاتر از مسجد نشینی و عبادت است.

وی افزود: کسب روزی حلال در جامعه توسط افراد، ریاضت اجتماعی محسوب می شود و اجر و پاداش دارد که اگر فردی در اجتماع برای کسب روزی و خدمت به مردم در تلاش و ریاضت باشد پاداش تلاش و همت او بیش از ریاضت در مسجد است.

آیت الله ناصری با بیان اینکه کسب روزی حلال رضایت الهی را به همراه دارد، تصریح کرد: خداوند از تنبلی و بیکاری افراد رضایت ندارد و همواره بیکاری و عدم تلاش و کوشش در آموزه های دینی نکوهش شده و آموزه های دینی واقعیت های تلاش و کوشش را تشریح می کند.

وی کسب روزی حلال و دوری از روزق حرام را مهم خواند و ادامه داد: رزانه میزان رزقی حلال برای هر فرد مشخص شده که اگر تلاش و کوشش او در مسیر کسب روزقی حرام قرار گیرد آنگاه از رزق حلال باز می ماند و در دنیا و آخرت دچار مشکل می شود.

استاد اخلاق حوزه علمیه اصفهان اضافه کرد: مال و منفعتی که روزانه کسب می شود حق و حقوقی دارد که انسان آیا این مال و پول را بگیرد و یا اینکه به دلیل حرام بودن قبول نکند.

وی با اشاره به اینکه رشوه یکی از مصادیق روزی حرام است، خاطرنشان کرد: رشوه برای پرداخت کننده و گیرنده اقدامی حرام است و رشوه با تغییر نام به عنوان هدیه حلال نمی شود زیرا ماهیت آن ها حرام و برای درخواست شخصی و خارج از حدود است.

پایان پیام/128

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: