Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Apa yang Terjadi Jika Bumi Kosong Dari Imam?

Apa yang Terjadi Jika Bumi Kosong Dari Imam?

Written By Unknown on Sabtu, 21 Juli 2018 | Juli 21, 2018


Imam as menjawab “jika bumi ini kosong dari hujjah Ilahi sekejap mata saja maka penduduk bumi ini akan binasa.”

Shabestan News Agency, Imam Ridha as dalam beberapa kesempatan selalu menekankan bahwa bumi tidak akan pernah kosong dari hujjah Ilahi dan Imam, penekanan Imam Ridha as ini secara tidak langsung menyatakan tentang Imamah.

Diceritakan bahwa salah seorang sahabat yang bernama Sulaiman bin Jakfar Al-humairi bertanya kepada Imam Ridha as tentang apakah bumi akan kosong dari hujjah Ilahi?
Imam as menjawab “jika bumi ini kosong dari hujjah Ilahi sekejap mata saja maka penduduk bumi ini akan binasa.”

Tidak hanya Imam Ridha as, Imam Shadiq as juga menjelaskan tentang hal ini. Abu Hamzah mengatakan bahwa aku pernah bertanya kepada Imam Shadiq as tentang apakah bumi ini akan kosong tanpa seorang Imam? Kemudian Imam Shadiq as berkata “jika bumi ini kosong dari seorang Imam maka bumi ini akan binasa dan yang terjadi keberaturannya akan tumpang tindih.”

Sebagaimana yang dijelaskan Imam Ali as dalam sebuah riwayatnya bahwasanya “sampai kapanpun bumi ini tidak akan pernah kosong dari seorang hujjah yang menegakkan perkara Ilahi, baik ia tampak maupun gaib dan orang-orang juga mengenalnya namun tidak mengetahuinya, ia digaibkan dari pandangan orang-orang supaya hujjah Ilahi dan ayat-ayat Ilahi tetap terjaga.”

Hujjah Ilahi hidup di tengah-tengah manusia, ia menjalani kehidupan bersama manusia, ia melihat manusia dan merasakan apa yang mereka rasakan baik dalam kebahagiaan maupun kesulitan, para manusia melihatnya namun tidak mengenalnya, ia adalah seorang yang memiliki nama, kedua orangtua dan tinggal bersama orang-orang.

عواقب خالی ماندن زمین از امام(ع)

امام رضا(ع) در حدیثی شریف با اشاره به اینکه زمین هرگز از حجت خالی نمی ماند از عواقب نبود امام در زمین خبر داده اند.

به گزارش گروه مهدویت خبرگزاری شبستان، امام رضا(ع) در مواضع متعددی با تأکید بر اینکه زمین هیچگاه از حجت الهی و امام به حق خالی نمی ‏ماند به طور غیرمستقیم موضوع امامت را تثبیت می ‏کردند.

از جمله آن حضرت(ع) در پاسخ «سلیمان الجعفری» یا «سلیمان بن جعفر الحمیری» که می ‏پرسد: تخلو الأرض من حجة‏اللّه‏؟ آیا زمین از حجت خدا خالی می‏ ماند؟

می‏ فرماید: «لوخلت الأرض طرفة عین من حجة لساخت بأهلها؛ اگر زمین [به اندازه] یک چشم برهم زدن از حجت خالی بماند، ساکنانش را در خود می‏ برد».۱

مضمون این روایت از سوی تعدادی دیگر از راویان با تغییرات جزیی در عبارت، نقل شده است.۲

براساس این روایت تا آستانه قیامت زمین از امامی که حجت خداست خالی نخواهد ماند، هر چند که در مقاطعی از تاریخ این حجت الهی بنابر ضرورت هایی در غیبت به سر برد.

پی نوشت ها:

۱- بصائر الدرجات، ص489، ح8.

۲-الکافی، ج1، ص179، ح۱۱. 

پایان پیام/9

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: