Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » , » Setelah Cina dan Rusia, Jepang Akhirnya Memangkas Utang Negara, Menuju Kehancuran AS?

Setelah Cina dan Rusia, Jepang Akhirnya Memangkas Utang Negara, Menuju Kehancuran AS?

Written By Unknown on Minggu, 19 Agustus 2018 | Agustus 19, 2018

Ilustrasi – Hutang negara

Angka terbaru dari Departemen Keuangan AS menunjukkan bahwa Rusia dan Turki bukan satu-satunya negara yang membuang obligasi utang AS. Kreditor terbesar kedua Washington, Jepang, melakukan hal yang sama.

Tokyo membuang $ 82,9 miliar, atau tujuh persen dari kepemilikannya di AS, selama dua belas bulan yang berakhir pada Juni – bulan terakhir yang datanya tersedia.

Pada bulan Juni saja, negara itu menjual sekuritas AS senilai $ 18,4 miliar. Kepemilikan Jepang pada Juni total $ 1,03 triliun, terendah sejak Oktober 2011, meskipun negara masih tetap pemegang terbesar kedua dari utang AS.

China, pemegang terbesar utang negara AS pada $ 1,178 triliun, menjual obligasi AS senilai $ 4,4 miliar pada bulan Juni. Sejak Oktober 2011, bagian China dari US Treasuries telah turun $ 138 miliar. Jumlah yang cukup tidak signifikan, tetapi konflik perdagangan yang meningkat dengan Washington dapat mendorong Beijing untuk mulai secara besar-besaran membuang kepemilikannya. Langkah itu bisa menimbulkan bencana bagi sistem keuangan AS.

Melikuidasi US Treasuries, salah satu aset keuangan paling aman dan paling aktif diperdagangkan di dunia, baru-baru ini menjadi tren di kalangan pemegang saham utama. Rusia membuang 84 persen dari kepemilikannya tahun ini, dengan kepemilikan yang tersisa pada Juni sebesar hanya $ 14,9 miliar. Dengan hubungan antara Moskow dan Washington pada titik terendah dalam beberapa dekade, Bank Sentral Rusia menjelaskan keputusan itu didasarkan pada risiko keuangan, ekonomi dan geopolitik.

Pada saat yang sama, Turki jatuh dari daftar pemegang asing utama sekuritas pemerintah AS dengan memangkas bagiannya dari obligasi AS dan mencatat ke $ 28,8 miliar pada Juni dari $ 32,6 miliar pada bulan Mei. Kepemilikan Turki terhadap Treasury AS telah turun 42% selama semester pertama tahun ini.

Ankara dan Washington berada dalam kebuntuan diplomatik atas penahanan pendeta AS Andrew Brunson di Turki.Brunson didakwa telah membantu kudeta militer yang gagal dua tahun lalu. Dia menghadapi 35 tahun di penjara Turki.

Obligasi treasury adalah jaminan utang pemerintah dengan bunga tetap dengan jangka waktu lebih dari 10 tahun. Obligasi negara melakukan pembayaran bunga dua kali setahun. Instrumen keuangan seperti obligasi pemerintah sangat penting bagi negara-negara yang terbiasa hidup dengan kredit. Treasury AS sangat penting bagi kemampuan pemerintah AS untuk meminjam uang untuk menyeimbangkan anggaran.

(Fokus-Today/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: