Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Khotbe Khani Malam Asyura Imam Hussein di Haram Suci Razavi

Khotbe Khani Malam Asyura Imam Hussein di Haram Suci Razavi

Written By Unknown on Minggu, 23 September 2018 | September 23, 2018


Tradisi Khotbe Khani, pembacaan narasi khutbah malam hari Asyura Imam Hussein as dilaksanakan di Halaman Enghelab, kompleks Makam Suci Imam Ridha as.

Astan News melaporkan, Rabu (19/9/2018) malam, ritual Khotbe Khani malam Asyura Imam Hussein as digelar di Halaman Enghelab Haram Suci Razavi dengan dihadiri oleh Wakil Wali Fakih di Khorasan Razavi, Ayatullah Allamol Huda, Perwalian Haram Suci Razavi, Hujatulislam Sayid Ibrahim Raisi, Gubernur Khorasan Razavi, Alireza Rashidian dan sejumlah pejabat provinsi serta para pelayan Haram Suci Razavi.

Di acara ini para pelayan Makam Suci Imam Ridha as mengelilingi Halaman Enghelab sambil membawa lilin menyala di tangan mereka dan membacakan syair duka sebagai bentuk pernyataan belasungkawa atas kesyahidan Imam Hussein as kepada putranya, Imam Ridha as.

Selain itu, menjelang tibanya Pekan Pertahanan Suci, para pelayan Haram Suci Razavi di acara ini juga membawa foto-foto para syuhada perang pertahanan suci, syuhada pembela Haram Suci dan syuhada nuklir untuk mengenang jasa dan pengorbanan mereka.

Pada awal acara ini, qari internasional, Javad Panahi melantunkan ayat suci Al Quran dan disusul dengan ceramah Perwalian Haram Suci Razavi, Hujatulislam Sayid Ibrahim Raisi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan khutbah malam Asyura Haram Suci Razavi oleh Hujatulislam Eslami Far. Khutbah ini meliputi kesaksian kepada keesaan Ilahi, ucapan rasa syukur dan pujian kepada Allah Swt dan shalawat serta salam untuk Rasulullah Saw juga salam untuk Imam Maksum as, para syuhada dan Imam Khomeini, juga doa kesehatan dan panjang umur bagi Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran atau Rahbar.

Hajji Jafar Malaekeh dan Hajji Ahmad Vaezi di acara ini membacakan syair duka cita kesyahidan Imam Hussein as.

Tradisi Khotbe Khani di Makam Suci Imam Ridha as dilakukan setahun dua kali yaitu di malam Asyura dan malam kesyahidan Imam Ridha as.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: