Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » , » Turki Usulkan Dirikan Bank Bersama Dengan Iran

Turki Usulkan Dirikan Bank Bersama Dengan Iran

Written By Unknown on Minggu, 16 September 2018 | September 16, 2018

Presiden Iran dan Turki

Kepala Dewan Hubungan Perdagangan Turki dan Iran, Umit Kilic mengusulkan dibentuknya bank bersama demi meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara.

Kilic menyampaikan prakarsa tersebut sebagai kelanjutan pertemuan antara pejabat tinggi Iran, Turki dan Rusia yang belum lama ini digelar di Tehran.

"Di sela-sela pertemuan ini, Gubernur Bank Sentral Iran, Abdolnaser Hemmati mengusulkan penggunaan mata uang nasional dan penghapusan dolar dari alat transaksi perdagangan ketiga negara ini," ujar ketua dewan hubungan perdagangan Turki dan Iran.

Di bagian lain statemennya, kepala dewan hubungan perdagangan Turki dan Iran menilai sanksi AS terhadap Republik Islam Iran tidak adil, dan tidak akan mempengaruhi hubungan kedua negara.

"Tehran dan Ankara selama ratusan tahun telah menjalin hubungan perdagangan. Bagaimanapun sanksi terhadap Iran akan mempengaruhi Turki melebihi negara lain," tegasnya.

Volume perdagangan Turki dan Iran saat ini sebesar 10 milyar dolar, dan diprediksi akan melampaui 30 milyar dolar jika kedua negara mengoptimalkan potensinya masing-masing.

Menurut Umit Kilic, target tersebut akan tercapai jika menggunakan cara-cara baru, termasuk menjalin kerja sama perbankan dan pendirian bank bersama.

(Parstoday/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: