Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Doa Untuk Kemunculan Imam Zaman af

Doa Untuk Kemunculan Imam Zaman af

Written By Unknown on Senin, 22 Oktober 2018 | Oktober 22, 2018


الدعاء لظهوره أرواحنا فداه

في عقيب الركعتين الاُوليين من صلاة الليل

قال الشيخ الطوسي أعلى اللَّه مقامه: يستحبّ أن يدعو عقيب هاتين الرّكعتين بهذا الدعاء:

أَللَّهُمَّ إِنّي أَسْأَلُكَ وَلَمْ يُسْأَلْ مِثْلُكَ، أَنْتَ مَوْضِعُ مَسْأَلَةِ السَّائِلينَ وَمُنْتَهى رَغْبَةِ الرَّاغِبينَ، أَدْعُوكَ وَلَمْ يُدْعَ مِثْلُكَ، وَأَرْغَبُ إِلَيْكَ وَلَمْ يُرْغَبْ إِلى مِثْلِكَ، أَنْتَ مُجيبُ دَعْوَةِ الْمُضْطَرّينَ وَأَرْحَمُ الرَّاحِمينَ.

أَسْأَلُكَ بِأَفْضَلِ الْمَسائِلِ وَأَنْجَحِها وَأَعْظَمِها، يا اَللَّهُ يارَحْمانُ يا رَحيمُ وَبِأَسْمائِكَ الْحُسْنى، وَأَمْثالِكَ الْعُلْيا، وَنِعَمِكَ‏الَّتي لاتُحْصى. وَبِأَكْرَمِ أَسْمائِكَ عَلَيْكَ، وَأَحَبِّها إِلَيْكَ، وَأَقْرَبِها مِنْكَ وَسيلَةً، وَأَشْرَفِها عِنْدَكَ مَنْزِلَةً، وأَجْزَلِها لَدَيْكَ ثَواباً، وَأَسْرَعِها فِي الْاُمُورِ إِجابَةً.

وَبِاسْمِكَ الْمَكْنُونِ الْأَكْبَرِ الْأَعَزِّ الْأَجَلِّ الْأَعْظَمِ الْأَكْرَمِ، اَلَّذي ‏تُحِبُّهُ وَتَهْواهُ، وَتَرْضى بِهِ عَمَّنْ دَعاكَ، فَاسْتَجَبْتَ لَهُ دُعاءَهُ، وَحَقٌّ عَلَيْكَ أَنْ لاتَحْرِمَ سائِلَكَ وَلاتَرُدَّهُ.

وَبِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ فِي التَّوْراةِ وَالْإِنْجيلِ وَالزَّبُورِ وَالْقُرْآنِ ‏الْعَظيمِ، وَبِكُلِّ اسْمٍ دَعاكَ بِهِ حَمَلَةُ عَرْشِكَ وَمَلائِكَتُكَ، وَأَنْبِياؤُكَ وَرُسُلُكَ، وَأَهْلُ طاعَتِكَ مِنْ خَلْقِكَ، أَنْ تُصَلِّيَ عَلى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، وَأَنْ تُعَجِّلَ فَرَجَ وَلِيِّكَ وَابْنِ وَلِيِّكَ، وَتُعَجِّلَ ‏خِزْيَ أَعْدائِهِ، وتدعو بما تحبّ.(1)

قال في «مكيال المكارم»: وجدت في كتاب «جمال الصالحين» زيادة في هذا الدعاء، وهي هذه:

وَتَجْعَلَنا مِنْ أَصْحابِهِ وَأَنْصارِهِ، وَتَرْزُقَنا بِهِ رَجاءَنا، وَتَسْتَجيبَ بِهِ دُعاءَنا.(2)

قال الكفعمي ‏رحمه الله: ويستحبّ أن يدعو بهذا الدعاء بعد كلّ ركعتين من صلاة اللّيل.(3)

ـــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ

1) مصباح المتهجّد: 139.

2) مكيال المكارم: 14/2.

3) المصباح: 75.

Syekh Thusi ra. berkata: Disunahkan dalam ta’qib dua rakaat shalat malam, membaca do’a berikut:

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, tiada yang layak diminta selain-Mu, Engkaulah tempat meminta orang-orang yang meminta, dan akhir dari harapan orang yang berharap.

Aku memanggil-Mu dan tidak ada yang diseru selain-Mu, aku mencintai-Mu dan tiada yang dicintai selain-Mu, Engkaulah yang menjawab panggilan orang-orang yang tengah kesulitan, Engkaulah yang maha pemurah dari setiap pemurah.

Aku memohon kepada-Mu dengan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya serta seagung-agungnya permohonan, wahai yang maha pengasih, wahai yang maha penyayang, dengan asma-asma agung-Mu, mitsal-mitsal tinggi-Mu, dengan karunia-Mu yang tak terhingga, dengan kemuliaan asma-Mu, asma-asma yang paling dicintai di sisi-Mu, yang paling dekat dengan-Mu, paling mulia kedudukannya di sisi-Mu, paling besar keutamaannya disamping-Mu dan paling cepatnya ijabahnya dalam semua urusan. Dengan asma-Mu yang tersembunyi, paling besar, paling mulia, paling agung, paling agung serta paling mulia, yang Engkau cintai dan kehendaki dan Engkau ridha kepada orang yang memanggil-Mu dengan asma-asma itu, maka Engkau pun mengabulkan permintaannya, Engkau tidak akan mengecewakan dan menolak orang yang memohon kepada-Mu.

Dengan semua asma-Mu, segala yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur serta al-Quran yang agung.

Dengan semua asma yang disebut oleh pemikul Arasy serta para malaikat-Mu, para nabi-Mu serta para utusan-Mu, orang-orang yang taat kepada-Mu dari makhluk-makhluk-Mu, curahkanlah shalawat dan salam kepada Muhammad dan keluarganya, segerakan kemunculan wali-Mu putra dari wali-Mu dan segerakan kehinaan musuh-musuhnya.

Setelah itu berdo’alah sesuai apa yang dikehendaki ![1]

Dalam kitab “Mikyal Al-Makaarim“ disebutkan demikian, juga dalam kitab “Jamal Ash-Shalihin “ terdapat tambahan untuk do’a ini, sebagai berikut:

Jadikan kami termasuk sahabat serta penolongnya, maka berilah kami harapan dan kabulkanlah do’a kami “[2]

Kaf’ami ra. berkata: “Disunahkan membaca do’a ini setelah melakukan dua raka’at shalat malam.”[3]

____________________________________

[1] Misbah al-Mutahajjid hal. 139.
[2] Mikyal Al-Makarim jilid 2 hal.14
[3] al-Misbah hal. 75.

(Dokumentasi/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: