Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Raisi: Haram Razavi Beri Pelayanan Khusus Untuk Tunanetra

Raisi: Haram Razavi Beri Pelayanan Khusus Untuk Tunanetra

Written By Unknown on Sabtu, 20 Oktober 2018 | Oktober 20, 2018


Perwalian Haram Suci Razavi, Hujatulislam Sayid Ibrahim Raisi mengatakan, Haram Suci Razavi memberikan kemudahan kepada para peziarah tunanetra untuk menziarahi Makam Suci Imam Ridha as dan memberikan pelayanan budaya serta sosial kepada mereka.

Astan News melaporkan, Perwalian Haram Suci Razavi, Senin (15/10/2018) pagi di acara peringatan Hari Tongkat Putih Sedunia (White Cane Safety Day) yang digelar di Aula Al Quds Perpustakaan Pusat Haram Suci Razavi menuturkan, para tunanetra yang mulia secara lahir tidak punya kemampuan melihat, tapi banyak dari mereka adalah tokoh terkemuka di tengah masyarakat dan berhasil meraih kedudukan tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan beberapa dari mereka aktif dalam menghafal Al Quran dan penelaahan makna Al Quran.

Raisi menjelaskan, beberapa dari mereka kehilangan kemampuan melihatnya karena mereka adalah pejuang dan veteran perang yang membela agama dan negara di hadapan musuh, namun mereka sebenarnya adalah teladan masyarakat kita yang telah berhasil meraih penglihatan hakiki.

Hujatulislam Raisi juga memberikan apresiasi kepada keluarga tunanetra dan menuturkan, keluarga para tunanetra yang menuntun tangan mereka dan membantu serta mempermudah kehidupan mereka dan berusaha mengatasi kesulitan-kesulitan mereka, adalah orang-orang yang layak mendapat pujian.

Anggota Dewan Penentu Kebijakan Negara Iran itu menegaskan, meski di hari Tongkat Putih Sedunia diberikan apresiasi atas jihad, pengorbanan dan perjuangan para veteran perang serta perhatian kepada tunanetra karena kehilangan penglihatan mereka, namun apresiasi dan penghargaan ini tidak boleh hanya sekedar seremonial semata tapi harus menjadi langkah nyata untuk menyejahterakan mereka.

Ia menegaskan, kaum tunanetra harus mendapat perhatian dalam hal pelayanan hukum, ekonomi, finansial dan pekerjaan, dan pemerintah di berbagai instansi harus memberikan perhatian khusus kepada mereka.

Hujatulislam Raisi menambahkan, seluruh instansi pemerintah di Iran berkewajiban untuk memberi kemudahan pada para tunanetra dan menciptakan kota yang nyaman bagi para veteran perang dan tunanetra merupakan hal yang sangat penting.

Ia menekankan pelayanan “tuan rumah spesial” oleh Haram Suci Razavi bagi para veteran perang dan orang cacat fisik. Menciptakan kesesuaian dalam pelayanan dan tempat-tempat ziarah bagi tunanetra berada dalam agenda kerja Haram Suci Razavi dan sudah diambil sejumlah langkah dalam hal ini agar para veteran perang yang mulia, orang lanjut usia, tunanetra dan kalangan masyarakat lain yang menderita cacat fisik atau memiliki keterbatasan fisik bisa berziarah ke Makam Suci Imam Ridha as.

Perwalian Haram Suci Razavi menambahkan, kami juga sudah memikirkan waktu-waktu khusus untuk para peziarah yang cacat dan lemah, sehingga mereka bisa melaksanakan ziarah ke pusara dan zarih Makam Suci Imam Ridha as.

Ia menegaskan, tempat yang dijadikan pusat pelayanan budaya dan sosial Haram Suci Razavi bagi para tunanetra harus ditangani lebih cepat.

Hujatulislam Raisi melanjutkan, disediakannya alat transportasi dan fasilitas ziarah termasuk langkah yang sudah dilakukan oleh Haram Suci Razavi, tapi kita tidak boleh puas dengan ini. Para tunanetra harus ditanya tentang masalah dan kesulitan yang dihadapinya saat berziarah ke Makam Suci Imam Ridha as dan diupayakan agar masalah-masalah tersebut bisa diatasi.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: