Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Israel Perintahkan Diplomatnya di Seluruh Dunia Galang Sokongan Buat Arab Saudi

Israel Perintahkan Diplomatnya di Seluruh Dunia Galang Sokongan Buat Arab Saudi

Written By Unknown on Minggu, 12 November 2017 | November 12, 2017

Arab Saudi dan Israel menganggap Iran musuh bersama.

Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman. (Foto: Arab News)

Israel telah memerintah diplomatnya di seluruh dunia untuk menggalang dukungan terhadap Arab Saudi dalam konflik dengan Iran.

Bocoran kabel diplomatik dilansir stasisun televisi Channel 10 asal Israel menyebutkan Kementerian Luar Negeri Israel meminta semua duta besar Israel mencari dukungan agar pemerintah negara tempat mereka bertugas menekan Hizbullah dan Iran, dianggap sebagai dalang permusuhan dan kehancuran di Timur Tengah.

"Kabel diplomatik itu meminta para diplomat menekankan Iran dan Hizbullah adalah penyebab ketidakstabilan di kawasan," kata Channel 10.

Israel juga meminta diplomatnya menggalang sokongan buat Saudi dalam perang menghadapi milisi Al-Hutiyun dukungan Iran di Yaman. Negara Zionis juga menegaskan Hizbullah dan Iran bertanggung jawab atas ketegangan muncul di Libanon, sehingga memaksa Perdana Menteri Rafik Hariri mundur pekan lalu.

Para diplomat Israel diminta pula untuk membujuk pemerintah negara tempat mereka bertugas agar menyerukan Hizbullah dikeluarkan dari pemerintahan Libanon. "Berhentinya Hariri membuktikan salah pendapat menyatakan partisipasi Hizbullah dalam pemerintahan menstabilkan Libanon," ujar kabel diplomatik tersebut.

Bocoran kabel diplomatik itu merupakan bukti Arab Saudi dan Israel berkoodinasi dan bekerja sama untuk menciptakan ketegangan di Timur Tengah. Kedua negara memang menganggap Iran sebagai musuh bersama.

Saudi dan Iran sama-sama menolak kesepakatan soal program nuklir Iran dicapai di Ibu Kota Wina, Austria, Juli 2015, berujung pada pencabutan sanksi ekonomi atas negara Mullah itu Januari tahun lalu. Kedua negara juga menuding Iran penyebab ketidakstabilan di Timur Tengah

Bahkan sebagian pihak meyakini kedua negara memiliki hubungan khusus. Israel membenarkan Putera Mahkota Arab Saudi September lalu berkunjung ke Tel Aviv dan bertemu sejumlah pejabat senior Israel, termasuk Perdana Menteri benjamin Netanyahu.

(Channel-10/Al-Jazeera/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: