Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Kelak Anggota Badan Kita Akan Dimintai Pertanggung Jawaban

Kelak Anggota Badan Kita Akan Dimintai Pertanggung Jawaban

Written By Unknown on Senin, 13 November 2017 | November 13, 2017


Dan kelak Allah swt di hari kiamat akan bertanya “wahai mata! Selama di dunia apa saja yang kau lihat? Kemudian kepada lisan Allah swt bertanya “ apa yang kau katakan?” dan kepada hati akan ditanya tentang apa yang difikirkan?

Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Muhsin Qiraati dalam kajian akhlaqnya. Dijelaskannya, Allah swt dalam surat Al-Israa ayat 36 berfirman “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”

Dalam ayat tersebut Allah swt akan meminta pertanggung jawaban mata, telinga dan hati kita di hari kiamat nanti. Dan kelak Allah swt di hari kiamat akan bertanya “wahai mata! Selama di dunia apa saja yang kau lihat? Kemudian kepada lisan Allah swt bertanya “ apa yang kau katakan?” dan kepada hati akan ditanya tentang apa yang difikirkan?

Dan kelak di hari kiamat tangan manusia juga akan ditanya oleh Allah swt. Berdasarkan ayat Ilahi manusia berbicara kepada tangannya mengapa engkau bersaksi atas diriku sendiri? Tangan menjawab itu semua bukan atas kehendakku.

Banyak di antara perselisihan, fitnah dan permusuhan yang terjadi di masyarakat disebabkan oleh anggota tubuh manusia yang disebutkan dalam ayat di atas. Mengenai hal ini dalam riwayat disebutkan bahwa jika manusia mendengar sebuah riwayat maka harus disesuaikan terlebih dahulu dengan Al-Qur’an, jika tidak sesuai dengan Al-Qur’an maka acuhkanlah, dan jangan sampai berkata dusta dengannya.

Dengan demikian berhati-hatilah kita dalam menggunakan mata, telinga, hati dan tangan kita. Karena di zaman sekarang ini banyak aneka permainan dan hiburan yang telah merampas waktu kita yang sangat berharga, demikian jelasnya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: