Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Ritual Perjalan Arba’in Dekatkan Kemunculan Imam Zaman afs

Ritual Perjalan Arba’in Dekatkan Kemunculan Imam Zaman afs

Written By Unknown on Senin, 13 November 2017 | November 13, 2017


Dalam Arba’in, Imam Husain as faktor yang menyatukan hati manusia yang berada di luar batasan ini. Dan dalam ajaran Syi’ah “ziarah Arba’in” bisa mendekatkan hati dan menjauhkan dendam, pertikaian serta permusuhan.

Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Muhammad Ridha Askari saat menjelaskan tentang teladan dan pelajaran Arba’in bagi para penanti Imam Zaman afs. Dijelaskannya, mengenai masalah kemunculan Imam Zaman afs ada beberapa perkara yang diperhatikan, dimana di antaranya ialah kesiapan masyarakat atas hal ini.

Kesiapan tersebut bermakna bahwa orang-orang yang meyakini Imam Mahdi afs mereka harus mempersiapkan dirinya serta hati dan pemikiran mereka untuk kemunculan.

Sementara mengenai Arba’in Imam Husain as, Hujjatul Islam Askari menuturkan bahwa dalam Arba’in, Imam Husain as faktor yang menyatukan hati manusia yang berada di luar batasan ini. Dan dalam ajaran Syi’ah “ziarah Arba’in” bisa mendekatkan hati dan menjauhkan dendam, pertikaian serta permusuhan.

Sebagaimana dalam ucapannya Imam Zaman afs berkata “jika Syi’ah kami bersatu serta menyatukan hati mereka maka pasti pertemuanku dengan mereka tidak akan ditangguhkan.”
Dengan demikian Arba’in adalah sebuah kesempatan untuk menghilangkan perbedaan dan juga kesempatan untuk menyatukan hati, karena dalam ziarah Arba’in kita menuju satu tujuan yaitu Imam Husain as.

Satu hal penting yang jangan sampai dilalaikan ialah bahwa Arba’in Imam Husain as adalah penghubung kemunculan Imam Zaman afs. Meskipun hal ini tidak disebutkan dalam riwayat namun secara tidak langsung ialah bahwa pemerintahan Imam Mahdi afs mempersatukan manusia dan hati mereka begitu juga dengan Arba’in Husaini, demikian jelasnya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: