Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Apa Dampak Keputusan Trump Bagi Perpolitikan Timur Tengah?

Apa Dampak Keputusan Trump Bagi Perpolitikan Timur Tengah?

Written By Unknown on Rabu, 20 Desember 2017 | Desember 20, 2017


Keputusan Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, dan memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke kota yang diperebutkan, berpotensi untuk mengobarkan ketegangan di Timur Tengah. Meskipun ini bukan langkah tak terduga karena Trump mengungkapkan niatnya untuk memindahkan Ibu Kota Israel semasa masa kampanyenya.

Keputusan Trump untuk memindahkan kedutaan membuat dirinya berbeda dengan presiden-presiden AS sebelumnya yang memperbarui pengabaian Undang-undang Kedutaan Besar Yerusalem tahun 1995. Aturan tersebut mengharuskan kedutaan untuk akhirnya dipindahkan dari Tel Aviv.

Sejak saat itu, telah terjadi konsensus lintas partai di AS bahwa setiap tindakan yang mengakui pencaplokan Yerusalem Timur oleh Israel dan penunjukannya karena ibukota negara tersebut akan mempengaruhi keseimbangan kekuasaan yang rapuh di Timur Tengah dan tentu saja kemampuan AS untuk mempromosikan kepentingannya di kawasan ini. Diplomat AS telah berusaha untuk melangkah dengan hati-hati dalam masalah politik paling berbahaya di dunia.

Pemimpin Palestina mengutuk langkah tersebut sebelum Trump berbicara, begitu pula para pemimpin dari dunia Arab dan sekitarnya. Pengumuman langkah kedutaan tersebut kemungkinan akan menyebabkan gelombang kebencian di kalangan orang-orang Palestina di wilayah-wilayah pendudukan dan kota itu sendiri, terutama setelah dua dekade mengalami jalan buntu dalam proses perdamaian dan kondisi yang memburuk di wilayah-wilayah Palestina. Menjelang pidato tersebut, warga AS dan pegawai pemerintah diperintahkan untuk menghindari Kota Tua Yerusalem dan Tepi Barat sampai pemberitahuan



Inti proses perdamaian

Yerusalem bukan hanya kota yang sangat penting bagi Yudaisme, Islam dan Kristen, tapi juga merupakan kunci situs bagi identitas Israel dan Palestina. Status Yerusalem dalam konflik Israel-Palestina sering digambarkan sebagai salah satu perselisihan paling sulit di dunia. Itulah mengapa keputusan Trump yang memindahkan kedutaan AS ke sana sama saja merupakan pembakaran politik tingkat dunia.

Pada tingkat politik, kebanyakan orang Israel dan Palestina bersikeras bahwa Yerusalem harus menjadi ibu kota negara bagian mereka, sekarang dan masa depan, dan ini tidak dapat dinegosiasikan. Inilah sebabnya mengapa status terakhir Yerusalem dianggap sebagai salah satu masalah paling mencolok dalam proses perdamaian Oslo di tahun 1990-an.

Namun keputusan di atas diperkirakan akan dilingkari. Pada faktanya itu hanya pada tahap “negosiasi status permanen”, begitu semua masalah lain antara negara Israel dan Palestina dipecahkan.

Pemerintah Israel telah aktif dalam memperkuat klaim Israel ke seluruh kota sejak dicaploknya pada tahun 1980. Bangunan pemukiman di sekitar Yerusalem bertujuan untuk membuat pagar kota dan mengintegrasikannya lebih jauh ke Israel. Sementara itu, ada pembatasan bangunan di Yerusalem Timur, dan serangkaian pembatasan akses Palestina ke masjid Al-Aqsa , yang dibangun di atas sisa-sisa Kuil Yahudi yang terakhir.

Sama pentingnya dalam hal politik simbolis adalah intervensi arkeologi Israel di sekitar Yerusalem, yang oleh orang Palestina dilihat sebagai upaya untuk memperkuat hubungan historis Israel dengan kota tersebut.



Signifikansi yang lebih luas

Keputusan Trump tampaknya tidak menyadari kerapuhan koeksistensi di kota antara penduduk Israel dan Palestina. Trump juga mengabaikan pentingnya Yerusalem dalam identitas nasional Palestina dan aspirasi nasional, dan dampak yang menghancurkan pada masa depan proses perdamaian yang hampir mati.

Keputusan Trump tidak hanya mempengaruhi masalah tempat sejarah (dimana Israel dan Palestina memiliki sejarah di Yerusalem) tetapi lebih jauh dari itu mengacaukan perpolitikan kawasan antara Iran, Saudi dan otoritas Palestina. Iran akan memanfaatkan isu Yerusalem sebagai anti-Islam dan menggunakannya untuk mengalahkan narasi Saudi, dimana Saudi secara tidak langsung tidak berseberangan dengan Amerika.

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, hal itu bisa memicu nyala api gerakan anti-Islam Barat di dunia Muslim dan Barat, yang selalu menempatkan Yerusalem dan isu Palestina dalam posisi sentral.

(Stop-War/Seraa-Media/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: