Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Pembahasan Kajian Singkat Sunan Ibnu Majah (Bagian 2 -Selesai)

Pembahasan Kajian Singkat Sunan Ibnu Majah (Bagian 2 -Selesai)

Written By Unknown on Rabu, 06 Desember 2017 | Desember 06, 2017


Metode Kitab Sunan Ibnu Majah

Metode yang digunakan oleh Ibnu Majah dalam penuyusunan kitab sunannya adalah pembagian bab-bab fikih yang dimulai dari Kitab Thaharah dan diakhiri dengan Kitab Zuhud (mengandung 37 kitab dan sebuah mukadimah dengan 24 bab). Sebelum Kitab Thaharah, Ibnu Majah memaparkan 4 hal penting berikut sebagai mukadimah:
1. Kewajiban mengikuti sunnah Nabi saw.
2. Keharusan mengikuti sunnah khulafa’.
3. Keutamaan sahabat.
4. Menjauhi rakyu (pendapat pribadi) dan qiyas.


Beberapa Kandungan Sunan Ibnu Majah

* Berikut ini adalah contoh beberapa hadis yang mengandung kejanggalan atau menjadi kekurangan dalam Sunan Ibnu Majah:

1. Menyusui orang dewasa

Aisyah berkata, “Sahlah binti Suhail datang kepada Nabi saw. dan berkata, “Wahai Rasulullah! Aku melihat ketidaksukaan di raut wajah Abu Hudzaifah saat Salim masuk kepadaku.”

Lalu Nabi saw. bersabda, “Susuilah ia (Salim)!”

Sahlah berkata, “Bagaimana aku menyusuinya sementara ia adalah orang dewasa?”

Maka Nabi saw. tersenyum dan berkata, “Aku tahu bahwa ia adalah orang dewasa.”

Lalu Sahlah melakukan hal itu. Kemudian Sahla mendatangi Nabi saw. dan berkata, “Aku tidak lagi melihat ketidaksukaan di raut wajah Abu Hudzaifah setelah itu…”[1]
Ayat rajam

Aisyah berkata, “Sungguh ayat rajam dan menyusui orang dewasa 10 kali, telah turun. (Ayat-ayat itu) tertulis dalam sebuah sahifah yang berada di bawah tempat tidurku. Ketika Rasulullah saw. meninggal dunia dan kami semua disibukkan dengan kepergian beliau, masuklah binatang piaraan rumah lalu memakannya.”[2]

* Ibnu Majah dalam kitab sunannya menukil hadis wilayah Ali bin Abi Thalib a.s. sebanyak dua kali:
a. Barra’ bin ‘Azib berkata, “Kami hadir bersama Rasulullah saw. dalam haji yang pernah beliau lakukan. Maka beliau saw. berhenti di persinggahan jalan. Beliau saw. memerintahkan shalat berjamaah kemudian meraih tangan Ali dan bersabda, “Bukankah aku lebih berhak terhadap kaum mukminin dari diri mereka sendiri?”

“Benar,” jawab mereka (jamaah yang hadir).

“Bukankah aku lebih berhak terhadap setiap orang mukmin dari dirinya sendiri?” lanjut Nabi saw.

Mereka menjawab, “Benar.”

Beliau saw. bersabda, “Maka ini (Ali) adalah wali orang yang menganggapku walinya. Ya Allah! Tolonglah orang yang menolongnya dan musuhilah orang yang memusuhinya.””[3]

b. Abdurrahman bin Sabith menukil dari Sa’ad bin Abi Waqash bahwa pada sebuah perjalanan haji, Sa’ad pernah mendatangi Muawiyah yang saat itu sedang menjelek-jelekkan Ali bin Abi Thalib. Saat murka mendengarnya dan berkata, “Wahai Muawiyah! Engkau sedang menjelek-jelakkan seorang yang aku pernah mendengar Nabi saw. bersabda tentangnya,

“من كنت مولاه فعلى مولاه”, “أنت منى بمنزلة هارون من موسى إلا أنه لا نبي بعدي”, 

dan

“لأعطين الراية اليوم رجلا يحب الله ورسوله”.[4]

Taklik Sunan Ibnu Majah

Berikut ini beberapa buku kritik atau taklik atas kitab Sunan Ibnu Majah:
1. Dha’if Sunan Ibn Majah / Al-Albani (Kritik terpenting terhadap kitab Sunan Ibnu Majah), 1 jilid
2. Faharis Shahih Wa Dha’if Ibn Majah / Al-Albani, 1 jilid.
3. Zawaid Ibn Majah ‘Ala Al-Kutub Al-Khamsah / Al-Al-Bushairi, 3 jilid.
4. Miftah As-Sunan / Abdul Baqi.


Catatan Kaki:

[1] Sunan Ibnu Majah 1/625:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: “جَاءَتْ سَهْلَةُ بِنْتُ سُهَيْلٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَرَى فِي وَجْهِ أَبِي حُذَيْفَةَ الْكَرَاهِيَةَ مِنْ دُخُولِ سَالِمٍ عَلَيّ: فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَرْضِعِيهِ قَالَتْ كَيْفَ أُرْضِعُهُ وَهُوَ رَجُلٌ كَبِيرٌ؟ فَتَبَسَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ: قَدْ عَلِمْتُ أَنَّهُ رَجُلٌ كَبِيرٌ. فَفَعَلَتْ فَأَتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ: مَا رَأَيْتُ فِي وَجْهِ أَبِي حُذَيْفَةَ شَيْئًا أَكْرَهُهُ بَعْدُ…”

[2] Sunan Ibnu Majah, 1/626:


عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: “لَقَدْ نَزَلَتْ آيَةُ الرَّجْمِ، وَرَضَاعَةُ الْكَبِيرِ عَشْرًا، وَلَقَدْ كَانَ فِي صَحِيفَةٍ تَحْتَ سَرِيرِي، فَلَمَّا مَاتَ رَسُولُ اللهِ ـ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ـ وَتَشَاغَلْنَا بِمَوْتِهِ، دَخَلَ دَاجِنٌ فَأَكَلَهَا.”

[3] Sunan Ibnu Majah, Bab Keutamaan sahabat Nabi saw., Keutamaan Ali bin Abi Thalib a.s., hadis ke-116.

عن البراء بن عازب، قال: أقبلنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في حجته التي حج فنزل في بعض الطريق فأمر الصلاة جامعة فأخذ بيد على، فقال “ألست أولى بالمؤمنين من أنفسهم؟” قالوا: بلى. قال “ألست أولى بكل مؤمن من نفسه؟” قالوا: بلى. قال “فهذا ولى من أنا مولاه، اللهم وال من والاه. اللهم عاد من عاداه.”

[4] Ibid, hadis ke-121.

(Ikmal-Online/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: