Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Keimanan dan Amal Saleh Berikan Manusia Ketenangan

Keimanan dan Amal Saleh Berikan Manusia Ketenangan

Written By Unknown on Rabu, 10 Januari 2018 | Januari 10, 2018


Auliya Ilahi tidak ada rasa ketakutan sedikitpun atas perkara-perkara yang akan datang dan yang telah lalu sekalipun, surga mereka sudah dimulai dari dunia ini oleh sebab itu mereka juga tidak pernah takut akan kematian.

Hal ini disampaikan Ayatullah Javidan dalam kajian akhlaqnya saat menjelaskan bahwa jika manusia dengan jalan keimanan dan amal saleh mendapatkan ketenangan maka angina topan dan goncangan sekalipun tidak akan mampu menggoyahkan ketenangannya.

Allah swt dalam suraf Yunus ayat 62 berfirman “Ingatlah, sesungguhnya wali- wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak ( pula )mereka bersedih hati.”

Auliya Ilahi tidak ada rasa ketakutan sedikitpun atas perkara-perkara yang akan datang dan yang telah lalu sekalipun, surga mereka sudah dimulai dari dunia ini oleh sebab itu mereka juga tidak pernah takut akan kematian.

Lebih lanjut Ayatullah Javidan menuturkan, manusia harus mengkhususkan hidupnya untu beristighfar, karena saat manusia beristighfar manfaatnya tidak hanya untuk dirinya sendiri akan tetapi juga untuk orang lain.

Dengan membawakan riwayat dari Imam Hasan Askari as yang mengatakan “di antara dosa-dosa yang tidak diampuni ialah saat manusia mengatakan dengan dirinya sendiri “seandainya aku hanya melakukan dosa ini”, Ayatullah Javidan menekankan bahwa menganggap ringan sebuah dosa akan mengakibatkan dosa yang tidak terampuni.

Terkadang setan mengingatkan kita tentang nikmat-nikmat Allah swt kemudian dalam sekejap kita melupakannya, kelalaian ini menyebabkan kita menjadi tidak bersyukur, dengan demikian kita harus selalu ingat saat kita mengingat nikmat Ilahi maka dengan segera kita harus bersyukur, demikian jelasnya.

آیت‌الله علی جاودان استاد حوزه علمیه، چهارشنبه 6دی‌ماه در جلسه درس اخلاق که در حسینیه مرحوم شیخ زاهد برگزار شد، گفت: انسان اگر از طریق ایمان و عمل صالح به آرامش دست یابد دیگر هیچ طوفان و زلزله‌ای آرامش او را متزلزل نخواهد کرد.

وی افزود: خداوند در سوره یونس می‌فرماید: «أَلا إِنَّ أَوْلِياءَ اللَّهِ لا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَ لا هُمْ يَحْزَنُون‏»؛ آرامش اینجا گیر می‌آید. ولیّ خدا نه از گرانی و نه از زلزله نمی‌ترسد. اولیای خدا نسبت به حوادث آینده و امور گذشته هیچ ترسی ندارند و از گذشته خود به طور دقیق مواظبت می‌کنند، بهشت این افراد از همین دنیا شروع می‌شود برای همین از مرگ هم نمی‌ترسند.

آیت الله جاودان با تاکید براینکه انسان بخشی از برنامه زندگی‌اش را باید به استغفار اختصاص دهد، ابراز کرد: هنگام استغفار انسان نه تنها برای خود بلکه برای دیگران نیز باید استغفار کند، مسخره کردن دیگران غضب الهی را به دنبال خواهد داشت ما باید برای کسانی که انسان را مورد مسخره قرار می‌دهند نیز دعا کنیم.

استاد حوزه علمیه با اشاره به اینکه آیه 41 سوره فاطر را قبل از خواب برای ایمن ماندن از زلزله تلاوت کنید، گفت: اگر کسی این آیه را درست بخواند هیچ سقفی بر سرش فرود نخواهد آمد. آیت الکرسی ( آیات ۲۵۵ تا ۲۵۷ سورۀ بقره) را هم بخوانید. آقای حق‌شناس آیت الکرسی و سه آیۀ ابتدای سورۀ غافر را می‌خواندند و می‌فرمودند بلایی نمی‌رسد.

وی با استناد به کلام امام حسن عسگری(ع) که فرمودند: از گناهانی که آمرزش ندارد، آن گناهی است که انسان با خودش می‌گوید کاش من فقط همین گناه را داشتم، گفت: حقیر شمردن گناه، باعث می‌شود که گناه اصلاً آمرزیده نشود.

آیت الله جاودان ادامه داد: بسیاری از جاهایی که ما پایمان در چاله می‌رود، به خاطر خیالاتمان است شاید گناهی هم نکردیم اما خیال بد کردیم. شیطان گاهی یکی از نعمت‌های خدا را به یاد ما می‌آورد و ما به‌سادگی از کنار آن عبور می‌کنیم، این غفلت که من نعمتی را به یاد آوردم و شکرش را بجا نیاوردم، مشکل‌ساز می‌شود بنابراین یادتان باشد هر وقت نعمت خدا را به یاد آوردید، شکر کنید.

پایان پیام/487

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: