Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Mengapa Nilai Dari Sebuah Amal Tergantung Niat?

Mengapa Nilai Dari Sebuah Amal Tergantung Niat?

Written By Unknown on Kamis, 18 Januari 2018 | Januari 18, 2018


Dalam setiap amalan yang kita lakukan kita harus berusaha menyertainya dengan niat karena Allah swt, karena niat merupakan tingkatan pertama dalam kejujuran, yakni niat yang ikhlas dalam setiap amalan karena Allah swt.

Shabestan News Agency, berkenaan dengan persoalan yang mengatakan mengapa dalam Islam, nilai dari sebuah amal ialah niat dan diterimanya amal yang dilakukan dengan ikhlas dan untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Disebutkan bahwa dalam perkara duniawi nilai suatu perbuatan tergantung pada niatnya.

Sebagai contoh, membedah dan tertusuk dengan pisau atau gunting sama membuat sobek perut, namun membedah ialah untuk menyelamatkan seseorang dan menusuk dengan gunting atau pisau adalah sebuah kejahatan, dengan demikian meskipun perbuatannya sama akan tetapi memiliki niat dan tujuan yang berbeda.

bukan suatu yang kecil jika Allah swt sudah menerima sebuah amalan yang kita lakukan, terkadang kita tidak menghitung atau tidak menganggap di antara amalan yang telah kita lakukan, mungkin kita menganggapnya itu adalah sebuah hal kecil dan tidak berarti, padahal di sisi Allah swt memiliki nilai, oleh karena itu kita tidak boleh meremehkan atau menganggap kecil suatu amal baik.

selain itu manusia juga tidak boleh sombong terhadap amal baik yang telah ia lakukan, dimana terkadang manusia melakukan amal baik kemudian ia menganggap bahwa amalan yang ia lakukan sangatlah besar, jika amalan tersebut tidak diniatkan untuk Allah swt maka di sisi Allah swt amalan tersebut tidak ada artinya sama sekali.

Dalam setiap amalan yang kita lakukan kita harus berusaha menyertainya dengan niat karena Allah swt, karena niat merupakan tingkatan pertama dalam kejujuran, yakni niat yang ikhlas dalam setiap amalan karena Allah swt.

سوالاتی درباره دین و آموزه های آن وجود دارد که دانستن پاسخ آنها می توانذد بسیاری از گره ها را از ذهن باز کرده و به اصلاح سبک زندگی ما کمک کند.

از این رو، در ذیل یکی از این سوالات و پاسخ آن به حضورتان تقدیم می شود:


چرا در اسلام، ارزش عمل به نیّت آن است و قبولى عمل به قصد قربت و اخلاص وابسته است؟

در كارهاى دنیوى نیز ارزش كارها، به نیّت آنها بستگى دارد. به این مثال‏ها توجّه كنید:

جرّاح و چاقوكش هر دو شكم پاره مى ‏كنند، امّا كار جراح، خدمت است و كار چاقوكش جنایت. همین جرّاح مى‏ تواند براى پول كار كند و مى‏ تواند براى نجات یك انسان كار كند، هر كدام از این هدف‏ ها نیز ارزش مخصوص به خود دارد.


مثالى دیگر:

یك لیوان آب را به سه نفر عرضه مى‏ كنیم؛ یكى نمى‏ خورد، چون میل ندارد، دیگرى نمى‏ خورد چون قهر كرده است، سومى نمى‏ خورد و مى‏ گوید: نفر چهارم از من تشنه ‏تر است، آب را به او بدهید! این سه نفر، در ننوشیدن آب یكسانند ولى به خاطر آن كه هدف‏ هاى آنها متفاوت است، ارزش كارشان نیز تفاوت دارد.

در اسكناس ‏ها نخى است كه نشانه اصالت اسكناس و وسیله جدایى اسكناس اصلى از قلابى است، در عبادات نیز باید ریسمانى محكم میان بنده و خدا باشد كه همان قصد قربت و اخلاص است. اگر آن نخ نباشد یا پاره شود، رابطه انسان با خدا قطع و عمل مقبول نیست.


*برگرفته از کتابخانه الکترونیکی «درس هایی از قرآن»

پایان پیام/9

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: