Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Seberapa Besar Peran Allah Swt Atas Kehidupan Manusia

Seberapa Besar Peran Allah Swt Atas Kehidupan Manusia

Written By Unknown on Sabtu, 27 Januari 2018 | Januari 27, 2018


Bumi mengitari matahari sehingga sebagian darinya ada yang terang dan ada yang gelap, tempat-tempat yang terang maka hal itu karena dari matahari, dan tempat-tempat yang gelap maka hal itu dari bumi sendiri.

Shabestan News Agency, dalam surat An-nisaa ayat 79 disebutkan “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari ( kesalahan ) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.”

Bumi mengitari matahari sehingga sebagian darinya ada yang terang dan ada yang gelap, tempat-tempat yang terang maka hal itu karena dari matahari, dan tempat-tempat yang gelap maka hal itu dari bumi sendiri.

Allah swt menciptakan anggur, akan tetapi manusia membuat minuman keras darinya, dimana karenanya menimbulkan banyak mudharat, peristiwa dan penyakit.
Allah swt memberikan manusia kekuatan, namun sebagian orang menyalahgunakannya untuk menindas orang-orang yang lemah.

Allah swt memberikam akal kepada manusia, namun sebagian orang menyalahgunakan akalnya, sehingga mereka gunakan untuk menipu dan berbuat licik kepada orang lain.

Dengan demikian apa-apa yang dari Allah swt adalah baik, dan segala keburukan berasal dan bersumber dari kita manusia.

Sebagai tambahan, Dalam sebuah pesannya Imam Ali as berkata “pelaku kebaikan lebih baik dari kebaikan tersebut dan pelaku keburukan lebih buruk dari pada keburukan tersebut.”

Dari perkataan Imam Ali as tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa setiap kali manusia ingin melakukan kebaikan maka ia harus mempersiapkan dirinya dulu, karena sebab lebih kuat dari pada akibat. Kebaikan atau keburukan merupakan pengaruh dari pada perbuatan baik atau perbuatan buruk dimana keduanya menjadi sebab.

سوالاتی درباره دین و آموزه های آن وجود دارد که دانستن پاسخ آنها می توانذد بسیاری از گره ها را از ذهن باز کرده و به اصلاح سبک زندگی ما کمک کند.

از این رو، در ذیل یکی از این سوالات و پاسخ آن به حضورتان تقدیم می شود:

خداوند در حوادث تلخ و شیرین زندگى انسان، چه مقدار نقش دارد؟
در قرآن مى‏ خوانیم: «ما أصابك مِن حَسنةٍ فَمِن اللّه و ما أصابك مِن سَیِّئة فَمِن نَفسك» (سوره نساء، آیه 79) هر خوبى به تو رسد از خداوند است ولى هر بدى كه به تو رسد از نفس خودت مى ‏باشد.
كره زمین كه به دور خود و خورشید مى‏ گردد و همواره بخشى از آن روشن و بخشى دیگر تاریك است، هر كجاى آن روشن باشد از خورشید است و هر كجاى آن تاریك باشد، از خود زمین است.
خداوند انگور را آفرید، ولى بشر از آن شراب مى‏ سازد كه مایه بروز هزاران حادثه و بیمارى است.
خداوند به انسان قدرت داد، ولى عدّه ‏اى با سوءاستفاده از این قدرت، به محرومان ضربه مى ‏زنند.
خداوند به انسان عقل داد، ولى عدّه ‏اى از این عقل سوءاستفاده كرده و به دنبال مكر و حیله براى مردم هستند.
پس آنچه از سوى خداوند است، نیكوست و بدى‏ ها از خود ما سرچشمه مى ‏گیرد.

*برگرفته از سایت درس هایی از قرآن

پایان پیام/9

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: