Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Manfaat Dandelion Bagi Kesehatan

Manfaat Dandelion Bagi Kesehatan

Written By Unknown on Rabu, 25 Juli 2018 | Juli 25, 2018


Banyak orang berpikir Dandelion atau Randa Tapak hanyalah tumbuhan semak sederhana yang tak ada nilainya, itu karena mereka tidak tahu tentang manfaat kesehatan yang dihasilkan Dandelion. Daun dan bunganya ternyata banyak mengandung gizi dan bagus untuk penyembuhan.

Daun Dandelion kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, mangan dan vitamin A, C, E, K, B1, B2, dan B6. Akarnya mengandung kalsium, zat besi, kalium, sulfur, silikon, magnesium, klorofil dan fosfor. Tidak hanya itu saja, Dandelion memiliki lebih banyak protein dibanding dengan bayam dan ia sering digunakan dalam salad.


Berikut beberapa manfaat kesehatan dari Dandelion seperti yang dikutip dari metrotvnews.com.

1. Membantu mengobati masalah kulit

Penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur atau mikroba dapat diobati dengan getah Dandelion. Getahnya memiliki zat pembunuh kuman, insektisida, fungisida dan bersifat alkali. Karena itulah Dandelion bisa digunakan untuk mengobati penyakit kurap, eksim dan keluhan gatal lainnya.


2. Baik untuk diabetes

Manfaat kesehatan lain dari Dandelion adalah bahwa ia bisa merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Dandelion merupakan diuretik alami yang menyebabkan lebih sering buang air kecil, membantu menghilangkan kelebihan gula dari tubuh. Kelebihan gula bisa menyebabkan penyakit ginjal, dan diabetes.


3. Membantu melawan kanker

Sistem pengobatan tradisional di dunia, termasuk penduduk asli Amerika, Arab dan Cina, telah lama mengetahui tentang manfaat kesehatan dari Dandelion. Salah satu manfaat yang paling penting adalah bahwa Dandelion memiliki efek anti-kanker yang dapat membantu melawan kanker payudara dan prostat. Studi menunjukkan bahwa akar Dandelion memiliki dampak yang besar pada sel-sel kanker (melanoma) yang tahan terhadap kemoterapi, tanpa merugikan sel-sel sehat.


4. Baik untuk kesehatan tulang Anda

Dandelion kaya akan kalsium, yang penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Ia juga memiliki konsentrasi tinggi antioksidan seperti vitamin C dan Luteolin, yang melindungi tulang dari radikal bebas beracun yang dapat menyebabkan melemahnya tulang, hilangnya kepadatan dan penuaan dini.


5. Meningkatkan fungsi hati

Dandelion meningkatkan fungsi hati dengan merangsang hati secara alami dan meningkatkan pencernaan. Bahan kimia dalam Dandelion menghilangkan racun dalam tubuh dan membantu untuk menyeimbangkan elektrolit dan membangun kembali hidrasi. Anda tidak perlu makan bunga Dandelion atau daunnya karena rasanya kurang enak. Makanya Anda disarankan untuk menambahkan beberapa daun Dandelion pada salad Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan melihat rasanya, tapi akan menuai semua manfaat yang akan Anda dapatkan.


6. Meningkatkan kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan

Dandelion adalah stimulan nafsu makan ringan, jadi jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, mungkin, lebih baik untuk menghindarinya. Tetapi jika Anda ingin meningkatkan kesehatan pencernaan Anda, Dandelion adalah sesuatu yang Anda butuhkan! Inulin dan lendir dari dandelion memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan dan memiliki antioksidan yang kuat untuk membantu penyerapan racun dari makanan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik, dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat.


7. Meningkatkan kesehatan saluran kemih

Karena sifat diuretiknya, Dandelion dapat meningkatkan kesehatan saluran kemih Anda. Dandelion juga bisa dipakai dalam proses detoksifikasi untuk membersihkan ginjal serta saluran kemih, sedangkan pertumbuhan mikrobiologi di seluruh sistem kemih terhambat oleh sifat desinfektan dari Dandelion.

(Metro-Tv-News/Terselubung/Berbagai-Sumber-Laun/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: