Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Al-Quran Abad Ke-15 Akhirnya Kembali ke Museum Istana Topkapi

Al-Quran Abad Ke-15 Akhirnya Kembali ke Museum Istana Topkapi

Written By Unknown on Kamis, 16 Agustus 2018 | Agustus 16, 2018


Sebuah Alquran abad ke-15 yang ditulis oleh ahli kaligrafi bernama Sukrullah Khalifah akhirnya dikembalikan ke Museum Istana Topkapi di Istanbul, Turki. Alquran tersebut dikembalikan oleh seorang kolektor pada pekan lalu.

Alquran itu ditulis pada 1494 di Istanbul. Alquran tersebut lalu disimpan di Museum Istana Topkapi hingga 1964. Namun, ketika Alquran dipindahkan ke Museum Arkeologi Bursa, Alquran tersebut menghilang.

Beberapa tahun yang lalu, Alquran kuno itu kembali ditemukan saat kaligrafis bernama Ziya Aydin membelinya dari seorang bibliofil (pecinta buku). Pemilik Alquran yang baru, Ali Sami dan Ahmet Aydin, lantas memutuskan untuk mengembalikan Alquran tersebut ke Museum Topkapi.

Ketua Museum Topkapi Palace, Mustafa Sabri Kucukasci, mengatakan mereka mengembalikannya setelah dihubungi oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Numan Kurtulmus. Jika Alquran itu tidak dilestarikan sedemikian rupa oleh ahli kaligrafi bernama Ziya Aydin, ia mengatakan mungkin Alquran akan dipajang di perpustakaan manapun di Eropa. "Kami sangat berterima kasih kepada keluarga Aydin," ujar Kucukasci, dilansir di World Bulletin, Selasa (29/5).

(World Bulletin/Republika/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: