Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Al-Quran Dalam Kehidupan Imam Ali Ridho as

Al-Quran Dalam Kehidupan Imam Ali Ridho as

Written By Unknown on Kamis, 09 Agustus 2018 | Agustus 09, 2018


Bulan Dzulqa’dah termasuk salah satu dari empat bulan-bulan haram yang disebutkan oleh Alquran pada ayat 36 Surah Attaubah.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنا عَشَرَ شَهْراً في‏ كِتابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّماواتِ وَ الْأَرْضَ مِنْها أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.

Bulan haram memiliki keutamaan dibandingkan bulan-bulan yang lain, di antaranya; peperangan tidak boleh (haram) dilakukan di dalamnya dan juga amalan-amalan baik di bulan –bulan tersebut akan dilipat gandakan.

Jika kita membuka lembaran-lembaran sejarah terkait hal-hal yang terjadi di bulan Dzulqa’dah ini, tidak aneh jika kita mendengar sebagian ulama mazhab Ahlulbayt as menamai bulan Dzulqa’dah dengan bulannya Imam Ridha as. Sebagaimana ulama menamai / menyebut bulan haram yang lain; Muharam sebagai bulannya Imam Husain as. Karena peristiwa dahsyat yang menimpa Imam as di dalamnya.

Bulan Dzulqa’dah juga demikian; ada serentetan peristiwa dan momen penting Imam Ridha as terjadi di bulan ini. Di awal bulan ini merupakan hari lahir saudari beliau; Sayyidah Maksumah as yang dimakamkan di kota suci Qom. Imam Ridha as sendiri dilahirkan pada tanggal sebelasnya. Saudara beliau; Ahmad bin Musa Kadzim as dilahirkan pada pertengahan bulan ini serta di akhir bulan haram ini putra beliau Imam Muhammad Jawad as gugur syahid.

Dengan demikian begitu penting kajian sirah dan perjalanan hidup imam Ridha as yang menjadi “pemilik bulan Dzulqa’dah” dalam berbagai aspeknya untuk dijadikan suri tauladan. Tak terkecuali aspek perhatian dan kecintaan tanpa batas yang beliau berikan kepada kitab suci Alquran.

Kitab suci Alquran begitu agung dan bernilai sehingga untuk penafsiran dan penjelasannya dilakukan oleh Nabi akhir zaman. Dan setelah kepergian beliau tugas itu dilanjutkan oleh Ahlulbayt as yang merupakan padanan Alquran.

Imam Ridha as adalah salah satu mufasir sejati tersebut yang dalam kehidupan penuh berkah beliau mencurahkan perhatian yang luar biasa kepada kitab suci ini. Selain pemanfaatan pribadi, beliau juga memanfaatkannya pada sisi yang lain yang selanjutnya beliau tularkan kepada orang lain.

Kecintaan imam Ridha as kepada Alquran amatlah besar dalam rangka mengambil manfaat darinya sehingga waktu dan tempat, siang maupun malam bukanlah hambatan untuk bersama-sama dan mengkajinya. Beliau senantiasa mengakrabkan diri dengan kitab suci ini yang memang merupakan kitab pedoman hingga akhir zaman. Berikut ini bukti-bukti jelas tentang kecintaan maha dahsyat tersebut:


1. Setiap 3 hari mengkhatamkan Alquran

Abu Dzakwan dalam mensifati kecintaan luar biasa Imam Ridha as terhadap Alquran menuturkan: Beliau setiap 3 hari sekali mengkhatamkan Alquran, dan satu ketika beliau bersabda: Jika aku mau, aku bisa mengkhatamkan lebih cepat dari itu, tapi aku tidak menginginkannya. Karena aku tidak membaca satu ayat kecuali aku merenungkannya; berbicara tentang apa dan kapan turunnya ayat tersebut , karena sebab itulah aku mengkhatamkannya setiap 3 hari sekali.


2. Membaca Alquran di Tempat Tidur

Kecintaan imam Ridha as yang sangat besar terhadap Alquran, tidak hanya membuat beliau membacanya di siang hari saja, tapi juga di malam hari, bahkan menjelang tidur di tempat tidur sekalipun.

Raja’ bin Abi Dhahhak saat mengisahkan perjalanan imam Ridha as menyampaikan: Imam Ridha as ketika akan tidur di tempat tidurnya, beliau selalu membaca Alquran, ketika sampai di ayat yang berkaitan dengan neraka dan surga beliau menangis dan memohon kepada Allah agar dimasukkan ke surganya dan di lindungi dari api neraka.


3. Seribu khataman Qur’an

Syekh Thusi dalam kitab Amali meriwayatkan dari Ali bin Ali, putra saudara Di’bil Khuzai: Pada tahun 198 Hijriah saya bersama saudaraku Di’bil berada di sisi Imam Ridha as hingga awal-awal tahun 200 Hijriah. Kita bersama beliau dalam kurun waktu tersebut. Kemudian kami pamit untuk pergi ke kota suci Qom. Saat itu imam menghadiahkan saudaraku Di’bil sebuah baju berwarna hijau dan cincin akik serta tak lupa beberapa uang dirhampun yang bertuliskan nama beliau. Beliau bersabda: Wahai Di’bil pergilah ke Qom dan di sana kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Beliau juga berpesan, jagalah baik-baik baju itu karena dengan baju itu aku telah melakukan salat malam sebanyak seribu malam dan akupun telah mengkhatamkan Alquran dengan baju tersebut sebanyak seribu kali juga.


4. Membaca Surah-surah Berbeda-beda dalam Shalat

Imam Ridha as dalam shalat-shalat wajib maupun sunah, siang dan malamnya senantiasa membaca surah-surah beragam. Raja’ bin Dhahhak yang menemani Imam dari perjalanan beliau dari kota Madinah ke Marw dalam laporannya yang cukup terperinci mengatakan: Imam Ridha as saat waktu Dhuhur tiba beliau shalat sunah 6 rakaat; setelah membaca Alfatihah beliau membaca surah Alkafirun dan surah AlIkhlas. Di dua rakaat sebelum shalat Ja’far Thayyar beliau membaca surah Almulk dan Addahr. Sedangkan di shalat Witirnya beliau membaca surah Alfalaq dan Annas.

Di dalam shalat-shalat wajib setelah Alfatihah beliau membaca surah Alqadar. Di Dhuhur hari Jumat beliau membaca surah Jumu’ah dan Almunafiqun. Dan di shalat Isya’ di malam Jumat beliau membaca surah Al’ala dan shalat Subuh hari Senin dan Kamis di rakaat kedua beliau membaca Alghasyiah setelah surah Alfatihah.

Para Ahli hadis juga menukilkan kepada kita bahwa Imam dengan suara lirih atau keras membaca ungkapan-ungkapan tertentu setelah selesai dari bacaan surah-surah. Inilah beberapa di antara ungkapan imam yang disampaikan oleh Raja’; imam as dalam shalatnya di siang dan malam hari selalu mengeraskan bacaan Basmalah. Setelah surah Ikhlas beliau membaca ungkapan ini sebanyak 3 kali

کذلک الله ربّنا. 

Setelah selesai membaca surah Alkafirun beliau membaca ungkapan

ربی الله و دینی الاسلام 

dan ketika selesai membaca surah Attin beliau membaca

بلی و أنا علی ذلک من الشاهدین 

dan ketika selesai membaca surah Alqiyamah membaca

سبحانک اللهم بلی.


5. Alquran Sandaran Sabda-sabda Beliau

Imam Ridha as dalam semua aspek; keagamaan, keilmuan, teologi maupun fikih bersandar kepada kitab suci Alquran. segala ucapan beliau selalu berpatokan kepadanya. Abu Dzakwan menuturkan: Aku tidak pernah melihat dan mengalami Imam ditanya dan tak sanggup menjawabnya. Bahkan beliau tahu segala jawaban yang diberikan dan sungguh tidak ada orang yang lebih pintar dari beliau di masa itu. Makmun Abbasi dengan berbagai cara dan sarana menguji dan mengetes beliau, tapi beliau menjawabnya. Yang lebih dahsyatnya lagi semua jawaban itu berasal dari Alquran.

(Ikmal-Online/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: