Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Mendapat Akhir Yang Baik Dengan Keimanan Yang Kokoh dan Konsisten

Mendapat Akhir Yang Baik Dengan Keimanan Yang Kokoh dan Konsisten

Written By Unknown on Kamis, 16 Agustus 2018 | Agustus 16, 2018


Agar manusia mendapat akhir yang baik maka ia harus memiliki keimanan yang kokoh dan konsiten, karena keimanan yang terputus atau lemah tidak akan membuat seseorang mencapai derajat yang tinggi.

Hal ini disampaikan Hujjatul Islam Mahdi Mandegari dalam kajian Ramadhannya saat menjelaskan tentang ayat 102 dari surat Ali Imran.

Dijelaskannya, dalam surat tersebut disebutkan “Hai orang- orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar- benar takwa kepada- Nya; dan janganlah sekali- kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”

Agar manusia mendapat akhir yang baik maka ia harus memiliki keimanan yang kokoh dan konsiten, karena keimanan yang terputus atau lemah tidak akan membuat seseorang mencapai derajat yang tinggi.

Jika sekejap saja keimanan seseorang terhenti maka tidak akan mati dengan keadaan muslim, sebagaimana Al-barshisha seorang hamba Ilahi yang doanya mustajab, kemudian sesaat setelah imannya goncang ia mulai berkhianat atas amanah yang telah diberikan kepadanya dan pada akhirnya ia mati dalam keadaan tidak memiliki keimanan. Oleh sebab itu mintalah kepada Allah swt agar keimanan tetap berada dalam hati kita, jelasnya.

Lebih lanjut Hujjatul Islam Mandegari menuturkan, keimanan yang selamat akan mengantarkan manusia pada akhirat, dan jika keimanan tidak terus ada dalam diri manusia, maka mungkin saja saat kematian telah datang ia akan mati dalam keadaan tidak beriman.

Jika kita menjalankan perintah-perintah Ilahi dengan segenap hati dan menjalankan hak-Nya, yakni memiliki ketakwaan dan tawakal kepada-Nya, maka Allah swt akan menyelesaikan semua permasalahannya, demikian jelasnya.

ایمان مستقر و مستمر انسان را عاقبت به خیر می‌کند
 
خبرگزاری شبستان: استاد حوزه علمیه گفت: انسان برای عاقبت به خیری باید ایمان مستقر و مستمر داشته باشد چراکه با ایمان منقطع به جایی نمی‌رسد.

به گزارش خبرنگار خبرگزاری شبستان، حجت‌الاسلام مهدی ماندگاری استاد حوزه علمیه به مناسبت ماه مبارک رمضان که در مهدیه تهران برگزار شد، با اشاره به آیه 102 آل عمران، گفت: انسان برای عاقبت به خیری باید ایمان مستقر و مستمر داشته باشد چراکه با ایمان منقطع به جایی نمی‌رسد.

وی افزود: اکر ایمان انسان یک لحظه قطع شود مسلمان نمی‌میرد برصیصای عابد مستجاب الدعوه بود یک لحظه ایمان او تکان خورد بعد از خیانت به امانت اعدام و روی چوبه دار بی‌ایمان از دنیا رفت، به همین دلیل همواره از خداوند بخواهید که قلب شما را در ایمان ثابت نگه دارد.

استاد حوزه علمیه درباره ایمان ثابت، بیان داشت: ایمان ثابت مستمر آن است که انسان در خلوت و جلوت، پولداری و فقر و هر حالتی که هست به یاد خدا باشد.

حجت‌الاسلام ماندگاری با بیان اینکه ایمانی انسان را سالم به آخرت می‌رساند که مستمر باشد، اظهار داشت: اگر ایمان شما مستمر نباشد و مرگ شما فرارسد ممکن است بی‌ایمان از دنیا بروید، شیطان انسان را گام به گام به سوی بی‌دینی می‌برد.

وی با بیان اینکه خداوند همواره دستور به تقوا داده است، گفت: اگر ما دستورات الهی را به تمام معنا عمل کنیم حق او را رعایت کنیم یعنی تقوا و توکل بر او داشته باشیم او همه نقص و مشکلات ما را جبران خواهد کرد.

استاد حوزه علمیه با بیان اینکه خداوند در قیامت حتی کوچک‌ترین عمل به میزان ذرة المثقال را حساب خواهد کرد؛ ابراز کرد: امام راحل می فرمایند عالم محضر خداست؛ هر کس باور کند که عالم محضر خدا است حلال و حرام را رعایت کند هنگام مشکلات و مصائب کم نمی‌آورد چراکه ایمان دارد خدا ناظر او است.

پایان پیام/487

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: