Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Monopoli Dolar AS Tergelincir Akibat China dan Jepang Membuang Treasury AS

Monopoli Dolar AS Tergelincir Akibat China dan Jepang Membuang Treasury AS

Written By Unknown on Kamis, 18 Oktober 2018 | Oktober 18, 2018

Ilustrasi – Kehancuran monopoli Dolar AS

China dan Jepang – dua pemegang utama sekuritas Treasury AS – telah memangkas kepemilikan mereka atas obligasi dan obligasi pada bulan Agustus, menurut angka terbaru dari Departemen Keuangan AS, yang dirilis pada Selasa.

Kepemilikan Tiongkok atas utang negara AS turun menjadi 1,165 triliun dolar pada bulan Agustus, dari 1,171 triliun dolar pada bulan Juli, menandai penurunan bulan ketiga berturut-turut karena ekonomi terbesar kedua di dunia itu mendorong mata uang nasionalnya di tengah ketegangan perdagangan dengan AS. Cina tetap merupakan pemegang asing terbesar dari US Treasuries, diikuti oleh sekutu AS lama Jepang.

Tokyo memangkas kepemilikan sekuritas AS menjadi $ 1,029 triliun pada bulan Agustus, terendah sejak Oktober 2011. Pada bulan Juli, kepemilikan Jepang berada di $ 1,035 triliun. Menurut angka terbaru dari Kementerian Keuangan negara itu, investor Jepang memilih untuk membeli utang Inggris pada bulan Agustus, menjual obligasi AS dan Jerman. Jepang dilaporkan melikuidasi utang bersih senilai $ 5,6 miliar.

Melikuidasi Treasury AS, salah satu aset keuangan paling aktif di dunia, baru-baru ini menjadi tren di kalangan pemegang saham utama. Rusia membuang 84 persen dari kepemilikannya tahun ini, dengan kepemilikan yang tersisa pada Juni sebesar hanya $ 14,9 miliar. Dengan hubungan antara Moskow dan Washington pada titik terendah dalam beberapa dekade, Bank Sentral Rusia menjelaskan keputusan itu didasarkan pada risiko keuangan, ekonomi dan geopolitik.

Turki dan India telah mengikutinya. Seperti Rusia, Turki telah keluar dari daftar 30 pemegang utang Amerika setelah konflik dengan Washington atas upaya kudeta militer di negara itu dua tahun lalu. Sementara India tetap berada di antara 30 teratas, negara itu telah memangkas kepemilikan Treasury AS untuk bulan kelima berturut-turut, dari $ 157 miliar pada Maret menjadi $ 140 miliar pada bulan Agustus.

Awal pekan ini, Goldman Sachs mengatakan bahwa kebijakan AS tentang sanksi dan tarif terhadap ekonomi utama, termasuk Rusia, China dan Iran, menyeret turun bagian dolar dari cadangan bank sentral global. Sementara itu, data dari Dana Moneter Internasional menegaskan bahwa bagian dolar AS dalam cadangan bank sentral global turun menjadi 62,3 persen dari April hingga Juni, sementara kepemilikan dalam euro, yen dan yuan naik sebagai bagian dari cadangan yang dialokasikan.

(Fokus-Today/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: