Pesan Rahbar

Sekilas Doa Arafah Imam Husain as dan Doa Arafah Imam Husain as

Doa Arafah (Bahasa Arab: دعاء العرفة ) adalah diantara doa-doa Syiah yang menurut riwayat dibaca oleh Imam Husain as pada hari ke-9 Dzul...

Home » » Irak Buka Tender Bagi Perusahaan Asing Atas Sembilan Blok Minyak dan Gas

Irak Buka Tender Bagi Perusahaan Asing Atas Sembilan Blok Minyak dan Gas

Written By Unknown on Senin, 27 November 2017 | November 27, 2017

Irak ingin menjadi produsen minyak OPEC terbesar kedua setelah Arab Saudi.

Ladang minyak West Qurna 2 di Basrah, selatan Irak. (Foto: Ali Abi Iraq/Iraq Oil Report)

Kementerian Perminyakan Irak kemarin bilang akan mengundang perusahaan-perusahaan asing untuk ikut tender dalam proyek eksplorasi dan pengembangan sembilan ladang minyak dan gas, berlokasi di daerah perbatasan dengan Iran dan Kuwait.

"Kementerian menargetkan untuk menaikkan produksi dan cadangan minyak serta gas, bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan internasional," kata Kemneterian Perminyakan Irak melalui keterangan tertulis.

Irak meningkatkan jumlah produksinya dalam beberapa tahun belakangan dengan bantuan perusahaan-perusahaan minyak luar negeri, untuk menjadi produsen minyak OPEC terbesar kedua setelah Arab Saudi.

Kesembilan blok bakal ditawarkan kepada asing itu terletak di provinsi Basrah, Misan, Muthanna, Wasit, dan Diyala Tengah.

Kementerian Perminyakan menjelaskan kontrak baru akan ditawarkan berbeda dari kontrak-kontrak sebelumnya digunakan untuk pengembangan blok di selatan Irak, seperti Rumaila, Qurna Barat, dan Majnun.

Berdasarkan kontrak dipakai sejak berakhirnya era Saddam Husain, kementerian membayar dengan harga tetap dolar Amerika Serikat untuk tiap barel minyak dihasilkan.

Hal ini membuat rugi Baghdad. Mereka tetap membayar dengan harga sama kepada perusahaan-perusahaan seperti BP, Exxon, Lukoil, dan Shell meski harga minyak mentah global anjlok.

(Al-Arabiya/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Posting Komentar

ABNS Video You Tube

Terkait Berita: